8 Cara Cek Nomor Kontrak Motor 2022 : Online & Offline

Cara Cek Nomor Kontrak Motor – Perusahaan pembiayaan kredit motor memang semakin banyak di Indonesia karena kebutuhan konsumen meningkat. Motor sudah menjadi alat transportasi pilihan karena murah dan mudah digunakan kapanpun.

Beberapa perusahaan kredit motor ternama mencakup Adira Finance, FIF, WOM, BAF, Mandiri Utama Finance, BCA Finance serta Pegadaian. Cara cek nomor kontrak BAF maupun perusahaan penyedia kredit lainnya dapat dilakukan ketika kalian kehilangan surat perjanjiannya.

Citayam

Ketika nomor kontrak angsuran motor hilang maka kita tidak bisa cek tagihan, mengetahui tanggal jatuh tempo dan membayarnya. Dengan fasilitas dari tiap perusahaan kalian bisa melakukan cek tagihan motor online ataupun offline secara mudah.

Perlu diketahui tiap perusahaan memiliki cara cek nomor kontrak motor yang hampir sama meskipun untuk fasilitasnya berbeda. Jadi ketika kalian kehilangan nomor kontrak masih bisa mendapatkannya kembali menggunakan semua fasilitas yang tersedia.

Apa itu Nomor Kontrak?

Nomor kontrak adalah nomor yang digunakan sebagai alat bayar cicilan dan cek tagihan Disebut juga sebagai nomor pelanggan karena dipakai untuk identitas dari debitur sehingga memudahkan dalam aktivitas transaksi dan juga administrasinya.

Nomor kontrak motor dipakai pada aktivitas kredit ataupun pembiayaan kendaraan roda dua. Nomor kontraknya dapat dengan mudah dipakai untuk pembayaran lewat ATM, internet, mobile, SMS banking, minimarket, pegadaian, kantor Pos, kasir dan lain sebagainya.

Contoh Nomor Kontrak

Contoh Nomor Kontrak

Nomor kontrak motor secara langsung diberikan oleh perusahaan pembiayaan sebelum pencairan dan proses tanda tangan pengesahan perjanjian. Nomor kontrak motor sudah tercantum pada surat perjanjian seperti pada contoh gambar diatas.

Kemudian nomor kontrak juga akan dikirimkan lewat SMS ataupun telepon untuk memudahkan pelanggan menyimpannya. Biasanya nomor kontrak motor diberikan dalam waktu 3 minggu setelah serah terima, ketika belum memperolehnya kamu bisa menghubungi perusahaannya.

Beberapa perusahaan juga memakai nomor kontrak di STNK untuk memudahkan dalam pelacakan dan juga pendataan secara akurat. Jadi setelah mengetahui apa itu nomor kontrak dan juga contohnya kalian dapat menemukannya secara mudah dalam surat perjanjian pembiayaan.

Cara Cek Nomor Kontrak Motor

Baik cek nomor kontrak Adira ataupun cek nomor kontrak motor FIF memiliki persamaan dari segi fasilitas yang dapat diakses oleh pelanggannya. Jadi ketika kehilangan surat perjanjian maka kalian bisa dengan mudah mendapatkannya kembali.

Seperti halnya cara cek nomor kontrak MUF kamu bisa menghubungi pihak call center untuk menanyakannya langsung. Kemudian untuk perusahaan lain kurang lebih sama, sebagai gambaran simak cara cek nomornya seperti berikut.

1. Cara Cek Nomor Kontrak di Surat Perjanjian

Cara pertama silahkan kalian lihat pada surat perjanjian pembiayaan motor yang didapatkan dari awal mula. Dalam tiap surat perjanjian akan tertera nomor kontrak yang mengikat debitur untuk membayar cicilan tepat waktu sesuai tanggal yang ditentukan.

Pastinya tiap perusahaan akan menyediakan surat kontrak kredit motor secara jelas dimana nantinya akan ada tanda tangan dari debitur. Surat perjanjian memiliki kekuatan hukum, ketika tidak bayar tagihan maka debitur bisa terkena ancaman hukum pidana.

2. Cek Nomor Kontrak dari Bukti Pembayaran Cicilan Motor

Ketika kalian sudah pernah membayar cicilan motor sebelumnya maka secara otomatis akan mendapatkan bukti pembayaran. Bisa berupa struk, bukti setoran, struk digital, bukti transfer ataupun bentuk lainnya dimana akan tertera nomor kontrak motor.

Misalnya kalian bayar melalui Alfamart atau Indomaret maka periksa struknya karena didalamnya akan tercetak nomor kontrak motor. Demikian pula ketika melakukan setoran tunai di bank ataupun outlet pastinya mendapatkan bukti transaksinya.

3. Cek Nomor Lewat Kartu Angsuran

Kartu angsuran motor tidak semuanya diberikan oleh pihak perusahaan, hanya beberapa saja. Yang menggunakan kartu angsuran misalnya Adira Finance ataupun WOM Finance, dari situlah akan tercantum nomor kontrak motor dan identitas pelanggan.

Kartu angsuran juga biasanya wajib dibawa ketika kalian akan melakukan pembayaran untuk mendapatkan cap ataupun tanda lunas. Memang dengan adanya sistem digital kartu angsuran sudah mulai jarang dijumpai karena dianggap kurang ringkas.

4. Cara Cek Nomor Kontrak Motor Lewat Aplikasi

Cara cek nomor kontrak motor juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi resmi dari pihak perusahaan bersangkutan. Beberapa aplikasi misalnya Adiraku, BAF Mobile, BCA Finance maupun lainnya dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan nomor kontrak motor.

Sayangnya kalian harus mendaftar akun terlebih dahulu dan melakukan aktivasi supaya bisa dengan mudah mengaksesnya, Meski begitu aplikasinya sangat membantu dalam mengajukan kredit baru, cek simulasi cicilan, tagihan ataupun pembayarannya.

5. Cek Nomor Kontrak Melalui Website

Kemudian cara berikutnya adalah menggunakan website resmi dari penyedia kreditnya. Kamu bisa mengakses websitenya secara gratis kemudian mendaftar memakai nomor telepon dan email kemudian dengan mudah mengetahui nomor kontak motor.

Kelebihannya website dapat diakses selama 24 jam penuh sehingga tidak perlu kawatir ketika kehilangan nomor kontrak. Kemudian melalui website kamu juga bisa mengetahui informasi pelanggan dan juga cek tagihan perbulannya.

6. Kontak Call Center

Tiap perusahaan kredit motor pastinya memiliki nomor call center yang dapat diakses selama 24 jam penuh untuk membantu pengguna. Kalian tinggal siapkan pulsa kemudian hubungi nomornya untuk mendapatkan informasi kontrak motor.

  • Adira : 1500511
  • FIF : 1500343
  • WOM : 02121882400
  • BAF : 1500750
  • Mandiri Utama Finance :1500824
  • BCA Finance :02129973100

Kalian bisa langsung menghubungi nomor call center diatas untuk menanyakan kontrak perjanjian motor. Dengan layanan call center juga akan membantu kamu jika ada komplain terhadap tagihan yang tidak sesuai ataupun tagihan belum muncul

7. Hubungi Sosial Media

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan sosial media dari perusahaan kredit mencakup Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter ataupun lainnya. Kalian cukup cari kemudian kirimkan chat langsung meminta nomor kontrak motor.

Biasanya admin sosmed akan menanyakan informasi pribadi seperti kartu identitas, nomor handphone ataupun email terdaftar. Berikutnya kamu akan mendapatkan nomor kontrak motor setelah dilakukan proses verifikasi oleh adminnnya.

8. Datang ke Kantor Operasional

Cara cek nomor kontrak motor terakhir adalah dengan mendatangi kantor operasional atau cabang terdekat yang ada dilokasi kalian. Silahkan persiapkan KTP/SIM/Paspor sebagai syarat untuk verifikasi identitas nasabah sehingga prosesnya berjalan mudah.

Petugas ditempat akan siap membantu kalian memenuhi berbagai keperluan termasuk mendapatkan nomor kontrak motor. Selain itu pada kantor operasional kamu juga bisa cek tagihan sekaligus melakukan pembayaran secara langsung.

Kesimpulan

Dengan mengetahui cara cek nomor kontrak motor maka kamu akan lebih mudah mendapatkannya ketika hilang ataupun surat perjanjiannya mengalami kerusakan. Pada dasarnya kredit motor bisa berjalan mengandalkan nomor kontrak untuk pengecekan tagihan dan pembayarannya.

Pada dasarnya tiap perusahaan pastinya akan memberikan layanan terbaik dan juga kemudahan untuk tiap pelanggannya. Sekian ulasan dari rkonline.id, semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari nomor kontrak motor.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles