Reversal Tarik Tunai BRI Gagal? Penyebab & Cara Mengatasi

Reversal Tarik Tunai BRI Gagal – Menjadi nasabah bank BRI sepertinya merupakan salah satu pilihan banyak masyarakat di era modern seperti sekarang. Mengingat Bank BRI sudah bisa dibilang menjadi lembaga kepercayaan masyarakat untuk kebutuhan finansial.

Tidak saja hanya sampai disitu, keberadaan BRI juga memberi kemudahan bagi kita sebagai nasabah. Salah satu contohnya ketika kita ingin melakukan transaksi penarikan tunai, BRI menyediakan mesin ATM khusus yang dapat kita pakai untuk hal tersebut.

Untuk melakukan tarik tunai di mesin ATM BRI pun dibuat dalam dua metode yakni dengan menggunakan kartu ATM dan bisa juga dilakukan tanpa menggunakan kartu ATM melainkan dengan memanfaatkan layanan BRImo.

Pun begitu, tidak sedikit dari nasabah yang mendapati masalah saat melakukan tarik tunai. Salah satu contohnya Reversal tarik tunai BRI Gagal / transaksi berhasil dilakukan dengan saldo terpotong namun uang tidak keluar. Lalu bagaimana penyebab dan cara mengatasinya?.

Arti Transaksi Reversal BRI

Arti Transaksi Reversal BRI

Masalah Reversal tarik tunai gagal memang bukanlah merupakan hal baru dalam dunia perbankan. Bahkan bukan hanya bank BRI saja yang mengalami kendala / masalah tersebut. Kami rasa hampir semua perbankan pun bisa saja mengalami hal serupa.

Namun bagi nasabah bank BRI yang mengalami masalah reversal tarik tunai gagal tentu hal ini akan menjadi hal yang mencemaskan. Namun apakah kalian sudah paham dan tahu apa yang dimaksud dengan transaksi reversal?.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengatasi reversal transaksi tarik tunai BRI gagal. Mungkin tidak ada salahnya apabila disini kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang dimaksud / arti transaksi Reversal lebih dulu.

Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “Reversal memiliki arti Pembalikan”. Jadi bisa dibilang arti transaksi reversal adalah sebuah transaksi pembalikan / pengembalian saldo yang terjadi karena terdapat kegagalan transaksi.

Dengan begitu ketika kalian mengalami reversal tarik tunai BRI gagal, itu berarti tarik tunai berhasil dilakukan dengan saldo terpotong namun uang tidak keluar. Maka kalian tidak perlu cemas dan khawatir, karena dalam beberapa saat, saldo akan dikembalikan lagi oleh pihak BRI ke rekening kalian.

Penyebab Reversal Tarik Tunai BRI Gagal

Nah setelah sebelumnya kita membahas tentang contoh user id BRI di struk dan setelah memahami apa itu arti reversal transaksi seperti di atas rkonline.id sampaikan. Lantas apa sih sebenarnya hal yang menjadi penyebab reversal tarik tunai gagal?.

Terkait masalah ini sebenarnya ada banyak penyebab yang bisa memungkinkan terjadi. Dan beberapa penyebab gagalnya tarik tunai BRI di mesin ATM antara lain seperti:

1. Time Out / Tenggang Waktu Habis

Salah satu penyebab utama yang membuat transaksi tarik tunai gagal dengan keterangan reversal yakni karena masalah waktu. Dimana saat proses penarikan tunai ada waktu yang telah ditentukan oleh mesin, apabila dalam tenggang waktu tersebut transaksi tidak berhasil.

Maka tarik tunai pun bisa dikatakan gagal. Adapun pemberian batas waktu penarikan tunai pada mesin ATM BRI yang disematkan oleh pihak Bank sendiri bertujuan sebagai salah satu bentuk keamanan / security.

2. Gangguan Jaringan / Server

Masalah lain yang dapat menyebabkan reversal tarik tunai BRI gagal yakni karena adanya gangguan pada jaringan internet atau bahkan bisa saja terjadi pada bagian server mesin ATM BRI.

Dan hal ini jelas membutuhkan waktu agar transaksi bisa berjalan lancar, jika tidak maka transaksi akan dianggap gagal.

3. Kartu ATM Rusak

Masalah lain yang juga seringkali menjadi penyebab terjadinya kegagalan saat melakukan tarik tunai di mesin ATM BRI yakni karena masalah sepele yakni kartu ATM yang digunakan sudah rusak.

4. Uang Mesin ATM BRI Habis

Kemudian bukan hanya dari kita yang bisa saja salah, ternyata mesin ATM yang kondisinya sudah habis / kosong juga dapat menyebabkan masalah reserval tarik tunai BRI gagal. Jika ini menjadi masalah yang sedang kalian hadapi.

Maka solusi paling tepat kalian pindah ke mesin lain dan atau menunggu sampai hari esok agar kondisi uang di dalam mesin ATM tersebut sudah diisi ulang oleh petugas.

Cara Mengatasi Reversal Tarik Tunai BRI Gagal

Nah itulah kiranya beberapa penyebab yang bisa saja menjadi pokok permasalahan ketika kalian mendapatkan SMS dengan keterangan reversal tarik tunai BRI gagal dilakukan (hanya bagi mereka yang menggunakan layanan SMS banking).

Lalu seperti apa kiranya cara mengatasi hal tersebut? apakah kita perlu mendatangi kantor bank BRI terdekat untuk meminta bantuan?. Berikut beberapa solusi mudah yang bisa kalian lakukan.

  1. Bila terjadi karena masalah uang habis, silahkan pindah ke mesin ATM lain dan atau tunggu sampai petugas mengisi kembali uang di dalam mesin ATM tersebut.
  2. Periksa kondisi kartu ATM yang digunakan apakah masih dalam keadaan bagus / tidak. Karena terkadang kartu ATM rusak juga menjadi penyebab reversal tarik tunai BRI gagal.
  3. Jika kegagalan tarik tunai tersebut karena masalah jaringan sistem yang sedang bermasalah. Maka sebaiknya kalian tunda tarik tunai dan kembali di hari esok atau coba tarik tunai di mesin ATM bersama lainnya.

Seperti itulah kiranya proses cara mengatasi reversal tarik tunai BRI gagal dilakukan. Yang jelas hal ini bisa terjadi karena masalah dari kita sebagai pengguna atau bisa juga terjadi karena masalah pada sistem mesin ATM tersebut.

Lantas apakah kita perlu menghubungi call center / mendatangi kantor bank BRI terdekat?

Untuk langkah baiknya memang hal tersebut harus dilakukan. Namun dari pengalaman pribadi dan juga cerita dari beberapa teman pengguna BRI lainnya. Masalah transaksi tarik tunai gagal dilakukan dengan status saldo terpotong namun uang tidak keluar.

Kita tidak perlu cemas / bahkan sampai menghubungi dan mendatangi kantor bank BRI terdekat. Karena seperti arti kata Reversal / Pengembalian. Nantinya secara otomatis sistem akan mengembalikan saldo kita ke dalam rekening asal.

Namun jika perlu menghubungi layanan call center, berikut ini adalah nomor call center yang bisa kalian hubungi untuk membantu masalah ini.

  • Telepon: 14017 / 1500017
  • Email: callbri@bri.co.id

Kesimpulan

Demikian kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat kami sampaikan terkait masalah reversal tarik tunai BRI gagal baik itu penyebab dan juga cara mengatasinya. Yang jelas dari penjelasan singkat yang sudah rkonline.id sampaikan di atas.

Sebenarnya jika kalian mengalami masalah ini tidak perlu khawatir / cemas. Karena memang pada dasarnya sistem akan secara otomatis mengembalikan saldo yang sudah terpotong namun uang tidak keluar dalam waktu yang cukup cepat.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles