8 Cara Konversi Cicilan OVO U Card 2022 : Biaya & Syarat

Cara Konversi Cicilan OVO U Card – Banyak orang mulai mengenai OVO U Card yang telah diterbitkan Bank BRI bekerjasama dengan OVO. Fasilitas yang didapatkan dari OVO U Card memang sangat banyak, salah satunya adalah cicilan 0% menggunakan aplikasi OVO. Kalian bisa mengubah atau konversi cicilan dari transaksi dengan mengikuti syarat serta ketentuan berlaku.

Pada dasarnya cara konversi cicilan OVO U Card sangat membantu kalian dalam bertransaksi terlebih ketika berbelanja di marketplace online. Kartu kredit OVO U Card dapat diatur melalui menu management dimana didalamnya kalian bisa mengajukan cicilan dengan bunga 0% menyesuaikan nominal transaksinya.

Kamu bisa konversi cicilan OVO U Card dengan tenor 3, 6, 12, 18 dan juga 24 bulan sehingga cukup menguntungkan. Namun tidak semua transaksi bisa dikonversi, hanya untuk transaksi yang aktif dalam jangka waktu 7 hari terakhir. Jadi ketika kamu sudah menggunakan limit OVO U Card maka diharapkan secepatnya konversi ke cicilan.

Cara konversi cicilan OVO U Card dapat dilakukan untuk jenis transaksi online, offline maupun yang menggunakan mesin EDC dari merchant. Dengan konversi cicilan maka semua pembayaran dapat diangsur sesuai tenor yang dipilih oleh penggunanya.

Syarat & Ketentuan

Dengan melakukan cara konversi cicilan OVO U Card pastinya beban pengeluaran jadi lebih ringan karena dapat diangsur dalam beberapa kali. Semua pengguna dapat menikmati benefit dengan bunga cicilan 0% dimana memudahkan dalam bertransaksi.

Memang dalam prosesnya kalian harus mengajukan cicilan melalui aplikasi OVO dengan memenuhi ketentuan berlaku. Lantas apa saja syarat ketentuan menggunakan fasilitas konversi cicilan OVO U Card? Supaya lebih jelasnya silahkan kalian simak dibawah ini.

  • Pengajuan konversi cicilan OVO U Card hanya bisa dilakukan pemegang kartu utama.
  • Pengajuan konversi cicilan OVO U Card dapat dilakukan dengan batas waktu maksimal 7 hari sesudah tanggal transaksi.
  • Pengguna belum pernah mengajukan konversi cicilan lewat chanl BRI seperti email, SMS ataupun merchant online.
  • Minimum transaksi yang bisa di konversi senilai Rp.500.000.
  • Konversi cicilan dapat dilakukan semua pemegang kartu kredit BRI kecuali jenis Corporate Card.
  • Transaksinya termasuk ritel online, offline ataupun menggunakan mesin EDC dari merchant.
  • BRI memiliki hak melakukan pembatalan atupun menunda pengajuan cicilan ketika pemegang kartu tidak memenuhi syarat serta ketentuannya.

Dari semua syarat diatas memang semua pengguna berkesempatan mendapatkan cicilan dengan bunga rendah cukup dengan memenuhi ketentuannya. Paling penting pastikan transaksinya masih dalam batas waktu minimal sehingga proses pengajuannya bisa diterima.

Bunga & Biaya Cicilan

Hal lain yang wajib untuk kalian ketahui adalah besaran bunga serta biaya cicilan karena mempengaruhi pengeluaran penggunanya. Secara umum ketika kalian melakukan transaksi dikenakan biaya admin fee senilai 1% dari seluruh total transaksinya ataupun senilai minimal Rp.25.000.

Kemudian pada sistem penggunaan kartu kreditnya juga terdapat beberapa jenis biaya yang memang wajib untuk diperhatikan. Setiap nominal yang dikenakan sudah menyesuaikan aturan dari OVO maupun Bank BRI seperti dibawah ini.

JENISBiaya
Auto paymentRp.2.500/tagihan
Admin fee1% dari total transaksi ataupun minimum Rp.25.000
Bunga transaksi ritel2,25%
Bunga transaksi tunai2,25%
Denda 3% dari total tagihan maksimum Rp.150.000
Ganti kartu Rp.50.000
Iuran tahunangratis
Limit OVO U CardRp.5.000.000 – Rp.1.000.000.000
Biaya OverlimitRp.150.000
Tarik tunai4% dari total tarik tunai minimal Rp.60.000
Refund saldo ke rekening Bank lainRp.50.000
Refund saldo ke rekening BRIRp.100.000
Ringkasan transaksiRp.100.000/tahun

Selain biayanya cukup terjangkau, cara daftar OVO U Card juga termasuk mudah karena cukup melengkapi data diri dan unggah dokumen saja. Kalian berkesempatan mendapatkan limit yang besar sehingga memudahkan dalam bertransaksi.

Skema Bunga Konversi Cicilan

Ketika kalian menggunakan konversi cicilan maka akan dikenakan bunga berdasarkan tenor dan juga nominal transaksinya. Kamu bisa mendapatkan cicilan sampai 0% perbulan dimana cukup menguntungkan namun harus memenuhi jumlah transaksinya.

Kemudian untuk jumlah minimal transaksinya adalah sebesar Rp.500.000 sesuai tingkatkan suku bunga yang berbeda. Supaya kalian lebih jelas bisa melihat besaran suku bunga berbeda dengan ketentuan seperti dibawah ini.

Tenor (bulan)Besaran TransaksiSuku Bunga
18 & 24Rp.20.000.000 – Rp.999.999.9990%
12Rp.5.000.000 – Rp.999.999.9990%
6Rp.3.000.000 – Rp.999.999.9990,79%
3Rp.500.000 – Rp.999.999.9990,99%

Cara Konversi Cicilan OVO U Card

Karena hampir semua cara pembayaran bisa dicicil menggunakan kartu kredit OVO maka kalian wajib tahu fiturnya. Pada dasarnya kamu bisa melihat jenis transaksinya apakah masuk kedalam kriteria dan ketentuan berlaku kemudian melakukan pengajuan.

Pastikan juga belum melewati batas aktif sehingga kamu masih dapat melakukan pengajuan cicilan dari aplikasi OVO. Untuk kalian yang ingin mengetahui cara konversi cicilan OVO U Card silahkan simak tutorial lengkapnya berikut.

1. Cara pertama buka aplikasi OVO kemudian masukkan passcodenya, setelah sampai ke menu utama lanjutkan masuk ke banner OVO U Card

menu Cicilan OVO U Card

2. Akan muncul menu OVO U Card beserta limit yang tersedia. Untuk konversi cicilan kalian bisa langsung tekan Manajemen OVO U Card

manajemen kartu kredit

3. Cara selanjutnya pada menu manajemen OVO silahkan lanjutkan masuk ke menu Pengajuan Cicilan

4. Kemudian cara berikutnya kalian akan dibawa ke menu pengajuan cicilan, lanjutkan dengan menekan Ajukan Cicilan

Ajukan Cicilan

5. Akan tampil semua pembayaran yang sudah dilakukan, kalian tinggal memilih mana yang akan di konversi menjadi cicilan. Pilih dengan menekan salah satu transaksinya.

6. Pada menu ajukan cicilan akan muncul beberapa pilihan nominal angsuran sesuai tenor. Selain itu kamu juga dapat melihat informasi bunga sebagai bahan pertimbangannya. Pilih salah satu cicilannya kemudian tekan Ajukan

Cara Konversi Cicilan OVO

7. Kemudian cara konversi cicilan sudah berhasil dilakukan, cara untuk melihat apakah diterima atau ditolak masuk ke Lihat Status

Cara Konversi Cicilan OVO Card

8. Akan muncul status pengajuan konversi cicilan kalian, ketika diterima maka muncul status berhasil.

status transaksi

Pelunasan Awal

Pemilik kartu kredit bisa melakukan cara pelunasan di awal dari cicilan sebelum tenor berakhir. Cara pengajuan pelunasan awal bisa dilakukan dengan menghubungi Contact BRI pada nomor 14017 dan juga 1500017.

Kemudian ketikan kalian melakukan pelunasan diawal maka wajib membayar penuh sisa cicilan ditambah bunga dan juga penalti. Hal ini memang sudah menjadi ketentuan dimana memang pengguna dikenakan uang penalti karena melanggar perjanjian.

Besaran penalti sebesar 1% sehingga wajib diperhatikan supaya benar benar siap saat melunasi tagihan diawal. Saat pemilik kartunya menunggak dalam waktu 2 bulan berturut turut maka installment bisa dibatalkan Bank BRI kemudian sisa cicilan dibebankan penuh ditambah dengan bunga.

Kesimpulan

Dengan cara mengkonversi cicilan OVO U Card akan semakin memudahkan pengguna mendapatkan angsuran dengan bunga rendah. Selain itu siapa saja dapat mengajukan dengan mudah untuk semua jenis transaksinya baik online maupun offline.

Keuntungan lainnya juga mendukung transaksi belanja online sehingga jauh lebih fleksibel dimanfaatkan. Sekian penjelasan dari rkonline.id, semoga kamu bisa jadikan referensi dan gambaran dalam pemakaian OVO U Card.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.