OVO U Card Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab & Cara Mengatasi

OVO U Card Tidak Bisa Digunakan – Bagi para pengguna OVO mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu layanan OVO U Card satu ini. Ya, OVO U Card hadir berkat kerjasama dengan Bank BRI. Dimana adanya kartu kredit OVO U Card ini nantinya bisa memudahkan pengguna ketika melakukan transaksi secara offline di merchant rekanan OVO.

Pihak BRI sendiri juga menyatakan bahwa OVO U Card juga diberikan kepada para milenial khususnya pengguna OVO yang ingin pengalaman berbelanja menggunakan kartu kredit lebih menarik. Seperti kita ketahui juga bahwa pengajuan kartu kredit terkadang cukup sulit dan prosesnya lama. Namun tidak dengan OVO U Card, kalian bisa melakukan pendaftaran dengan syarat mudah dan proses cepat.

Citayam

Perlu kalian ketahui juga bahwa OVO U Card sendiri memang hanya diberikan kepada pengguna terpilih saja. Jadi tidak semua pengguna OVO bisa menikmati layanan kartu kredit satu ini. Membahas mengenai OVO U Card, jika kalian memiliki layanan ini, tentunya kalian bisa menggunakannya untuk berbelanja secara offline di merchant rekanan. Akan tetapi bagaimana ketika melakukan transaksi dan OVO U Card tidak bisa digunakan? Hal ini cukup menjengkelkan pastinya.

Maka dari itu, terkait masalah ini kalian juga harus mengetahui bahwa ada beberapa faktor penyebab yang menjadikan transaksi menggunakan OVO U Card bisa gagal. Nah selain memberikan informasi terkait apa penyebabnya, kami juga akan memberikan informasi terkait solusi permasalahan ini. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak penjelasan lengkap terkait penyebab dan cara mengatasi OVO U Card tidak bisa digunakan yang telah rkonline.id siapkan berikut ini.

OVO U Card Tidak Bisa Digunakan

Penyebab OVO U Card Tidak Bisa Digunakan

Di awal pembahasan, kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai penyebab mengapa OVO U Card tidak bisa digunakan. Kebanyakan para pengguna OVO U Card ini akan menggunakannya ketika bertransaksi di merchant offline rekanan OVO dan juga Bank BRI. Nah ketika ingin membayar menggunakan kartu kredit tersebut dan tidak bisa, tentu ini akan sangat mengesalkan bukan?

Maka dari itu, sebelum menggunakan kartu ini, kalian bisa cek kembali apakah limit tersedia, lalu kondisi kartu tersebut rusak atau tidak dan juga pastikan kembali bahwa skor kredit kalian baik. Dari beberapa poin tersebut bisa menjadi pemicu kenapa OVO U Card tidak bisa digunakan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak beberapa penyebab mengapa OVO U Card tidak bisa digunakan di bawah ini.

1. Kartu OVO U Card Rusak

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah karena pengguna tidak sadar bahwa kartu kredit OVO U Card tersebut dalam keadaan rusak. Kerusakan bisa terjadi pada bagian chip kartu tersebut, baik tergores ataupun terkelupas. Jika sudah begini, maka kalian tidak akan bisa menggunakan kartu tersebut untuk bertransaksi secara offline.

2. Limit Tidak Tersedia

Berikutnya untuk penyebab kedua adalah karena limit OVO U Card tidak tersedia atau kurang. Setiap hendak melakukan transaksi, kita tentu harus mengetahui apakah limit tersedia atau tidak. Jika total nilai transaksi melebihi sisa limit paylater kalian, maka sudah pasti transaksi tidak bisa dilakukan. Jadi kalian juga tidak bisa menggunakan OVO U Card untuk bertransaksi secara offline.

3. Skor Kredit Buruk

Penyebab mengapa OVO U Card tidak bisa di gunakan lainnya adalah karena pengguna memiliki skor kredit yang buruk. Skor kredit buruk bisa terjadi karena pengguna belum membayar tagihan di bulan sebelumnya. Jika kedapatan memiliki tagihan yang belum dibayar, maka pihak BRI dan juga OVO juga akan menutup sementara akses penggunaan limit tersebut.

4. Salah Memasukkan PIN

Ketika melakukan transaksi secara offline di merchant rekanan OVO, kalian tentu harus memasukkan PIN Kartu OVO U Card tersebut. Nah jika kalian lupa atau salah memasukkan PIN, maka pembayaran tidak akan berhasil.

Cara Mengatasi OVO U Card Tidak Bisa Digunakan

Jika kalian sudah mengetahui mengenai penyebab mengapa OVO U Card tidak bisa digunakan diatas, selanjutnya kita masuk ke pembahasan terkait cara mengatasi ketika OVO U Card tidak dapat digunakan untuk bertransaksi, baik online maupun offline. Ketika terjadi masalah kegagalan pembayaran menggunakan kartu ini, pengguna tentu harus segera menghubungi pihak terkait, baik OVO maupun Bank BRI.

Akan tetapi disini kami sarankan kepada kalian yang mengalami masalah tersebut untuk langsung menuju ke kantor Bank BRI setempat dan kemudian sampaikan kepada CS terkait permasalahan yang kalian hadapi. Nantinya pihak BRI akan langsung membantu menyelesaikan masalah tersebut. Namun jangan lupa juga untuk membawa beberapa syarat seperti KTP, dan beberapa yang diperlukan dalam hal ini.

Jika gagalnya transaksi dikarenakan kondisi kartu yang sudah rusak, maka kalian bisa menggantinya dengan kartu yang baru. Dan jika gagal transaksi karena salah memasukkan PIN, CS akan membantu untuk melakukan reset PIN tersebut dan menggantinya dengan PIN yang baru. Untuk penggantian kartu biasanya kalian akan dibebani dengan biaya sebesar Rp 75.000.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini dapat kami simpulkan bahwasanya OVO U Card tidak bisa digunakan ini memiliki beberapa penyebab. Nah penyebab ini wajib untuk kalian ketahui agar solusi masalah ini bisa terpecahkan dengan mudah. Seperti sudah dijelaskan diatas juga bahwa solusi paling jitu adalah dengan langsung meminta bantuan kepada pihak OVO maupun Bank BRI. Atau kalian bisa langsung menuju ke kantor BRI setempat untuk bertemu dengan CS BRI.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi OVO U Card tidak bisa digunakan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa rkonline.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles