10 Cara Cek Angsuran Pinjaman BRI (Online, ATM, HP)

Cara Cek Angsuran Pinjaman BRI – Sebagai nasabah sekaligus debitur salah satu produk pinjaman di Bank BRI, tentunya kalian perlu membayar tagihan angsuran setiap bulannya. Sebab, jika nasabah terlambat membayar cicilan maka mereka akan dikenai sanksi berupa denda sejumlah biaya keterlambatan.

Biasanya, denda keterlambatan pembayaran tagihan tersebut diberlakukan hampir untuk semua produk kredit, mulai dari KTA BRI, KUR, KPR dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, nasabah perlu melakukan pengecekan sisa angsuran pinjaman di BRI secara rutin supaya terhindar dari permasalahan tersebut.

Untungnya, saat ini pihak Bank BRI sendiri sudah memfasilitasi nasabahnya dengan berbagai macam layanan yang dapat digunakan untuk mengecek sisa angsuran. Dimana pengecekan angsuran sisa pokok pinjaman BRI tersebut bisa dilakukan baik itu secara offline ataupun online.

Meskipun tata cara mengecek angsuran pinjaman BRI terbilang mudah dilakukan, namun masih ada sebagian penggunanya kebingungan dalam melakukannya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara rinci terkait tata cara cek angsuran pinjaman BRI secara online maupun offline.

Syarat Cek Angsuran Pinjaman BRI

Syarat Cek Angsuran Pinjaman BRI

Sebelum membahas cara cek angsuran pinjaman BRI lebih dalam, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa syarat beserta ketentuannya. Secara garis besar, syarat melihat sisa angsuran pinjaman di Bank BRI tidak jauh berbeda seperti saat MENGECEK ANGSURAN PINJAMAN MANDIRI.

Hal itu dikarenakan nasabah perlu mempersiapkan nomor kontrak pinjaman di Bank BRI ketika hendak melakukan pengecekan sisa angsuran atau cicilannya. Di sisi lain, pastikan bahwa kalian juga menyiapkan nomor rekening tabungan BRI sebagai salah satu syarat supaya rincian tagihan angsuran pinjaman bisa keluar.

Cara Cek Angsuran Pinjaman BRI

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini nasabah BRI sudah dapat mengecek sisa tagihan angsuran pinjaman mereka dengan mudah melalui berbagai macam cara. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara cek angsuran pinjaman BRI melalui ATM, digital banking (online) maupun secara offline.

1. Cek Angsuran Lewat Lembar Tagihan

Cek Angsuran Lewat Lembar Tagihan

Cara cek sisa angsuran pinjaman di Bank BRI pertama bisa dilakukan melalui lembar tagihan. Akan tetapi, pastikan bahwa kalian pernah membuat kesepakatan dengan BRI bahwa lembar tagihan akan keluar dan dikirimkan setiap bulannya ke rumah. Nah, di dalam lembar tagihan tersebut pastinya akan tertera informasi angsuran ataupun sisa pokok pinjamannya.

2. Cek Angsuran Pinjaman Lewat ATM

Cek Angsuran Pinjaman Lewat ATM

Cara selanjutnya yaitu melalui fasilitas mesin ATM BRI. Sebagaimana diketahui, saat ini mesin ATM BRI sudah tersebar luas hampir di seluruh Indonesia. Biasanya cara ini dilakukan oleh nasabah untuk mengecek tagihan kartu kredit mengenai besaran angsuran per bulannya.

  1. Datangi mesin ATM terdekat.
  2. Kemudian masukkan PIN ATM BRI.
  3. Silahkan pilih menu Pembayaran.
  4. Selanjutnya, pilihlah Bank BRI.
  5. Setelah itu, masukkan nomor kontrak pinjaman.
  6. Nantinya secara otomatis akan muncul informasi angsuran pinjaman BRI.

3. Cek Angsuran Lewat Internet Banking BRI

Cek Angsuran Lewat Internet Banking BRI

Cara cek sisa angsuran pinjaman di Bank BRI selanjutnya yaitu melalui fasilitas Internet Banking. Dimana fasilitas tersebut sebenarnya dapat diakses oleh nasabahnya baik itu melalui smartphone, laptop maupun komputer asalkan terhubung ke koneksi jaringan internet. Di bawah ini adalah tata cara mengecek angsuran pinjaman via Internet Banking BRI.

  1. Kunjungi situs Internet Banking BRI di ib.bri.co.id.
  2. Selanjutnya masukkan User ID, Password serta kode validasi.
  3. Setelah itu, silahkan ketuk Masuk.
  4. Cara berikutnya, pergi ke menu Rekening.
  5. Lalu masuk ke opsi Rincian Pinjaman.
  6. Kemudian ketuk nomor rekening pinjaman maka secara otomatis detail angsuran akan muncul.

4. Cek Angsuran Lewat SMS Banking

Cek Angsuran Lewat SMS Banking

Selain melalui fasilitas Internet Banking, nasabah juga dapat mengecek sisa angsuran pinjaman mereka melalui layanan SMS Banking BRI. Dimana cara ini bisa dilakukan dengan cara mengirim format pesan khusus ke nomor 99333. Akan tetapi, pastikan bahwa kalian sudah pernah melakukan registrasi sebelumnya.

Cek Angsuran Pinjaman : BRI<spasi>NAMA#NOMORKONTRAKPINJAMAN#TANGGALLAHIR#EMAIL kirim ke 99333

5. Cek Angsuran Lewat Panggilan Telepon

Cek Angsuran Lewat Panggilan Telepon

Cara cek angsuran pinjaman BRI berikutnya yaitu melalui panggilan telepon ke customer service. Adapun nomor telepon yang dapat dihubungi nasabah untuk menanyakan sisa angsuran pinjaman di Bank BRI yaitu di 14017 atau 1500017. Sebelum menghubunginya, pastikan bahwa kalian memiliki pulsa mencukupi karena panggilan tersebut tidaklah gratis alias berbayar.

6. Cek Angsuran via Email

Cek via Email

Jika merasa keberatan dengan fasilitas berbayar di atas, kalian sebenarnya juga bisa mengecek sisa cicilan kredit di Bank BRI secara gratis melalui email, sebab hanya membutuhkan kuota internet saja. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik format pengecekan angsuran BRI via email di berikut ini.

Kepada : callbri@bri.co.id

Subjek : Saya ingin mengecek sisa angsuran pinjaman di Bank BRI

Isi Pesan :

Nama Lengkap :

Nomor Kontrak Pinjaman :

7. Cek Sisa Angsuran via Sosial Media

Cek via Sosial Media

Selain melalui email, fasilitas gratis lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah BRI ketika hendak melihat besaran angsuran pinjaman yaitu sosial media. Seperti diketahui, saat ini Bank BRI memiliki akun sosial media yang dapat diakses oleh seluruh nasabahnya setiap saat.

Namun sayangnya, pengecekan angsuran pinjaman BRI melalui sosial media bisanya akan mendapatkan respon yang sedikit lambat. Di bawah ini adalah beberapa daftar akun media sosial Bank BRI yang dapat diakses oleh nasabahnya.

  • Facebook : @BRIofficialpage
  • Twitter : @kontakBRI
  • Instagram : @bankbri_id

8. Cek Angsuran Melalui Kantor Cabang

Cek Melalui Kantor Cabang

Cara cek angsuran pinjaman BRI terakhir yaitu melalui kantor cabangnya. Cara ini dapat menjadi alternatif apabila nasabah tidak memiliki beberapa fasilitas di atas. Tata caranya juga sangat gampang, pasalnya nasabah hanya perlu mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dan menanyakannya secara langsung kepada pihak customer service.

  1. Datangi kantor cabang BRI terdekat.
  2. Jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan seperti KTP serta buku rekening tabungan BRI.
  3. Setelah sampai, silahkan ambil nomor antrean pada bagian customer service.
  4. Setelah giliran tiba, temui petugas dan utarakan maksud untuk mengecek angsuran produk pinjaman BRI.
  5. Selanjutnya kalian diminta untuk menyerahkan dokumen persyaratannya.
  6. Terakhir, petugas akan menyampaikan informasi mengenai angsuran pinjaman BRI secara detail mulai dari besaran cicilan sampai sisa pokok pinjamannya.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa Bank BRI sudah memudahkan nasabah ketika mereka hendak mengecek informasi angsuran atau tagihan salah satu produk pinjaman. Hal ini dibuktikan oleh Bank BRI dengan cara menyediakan berbagai macam fasilitas terkait pengecekan informasi angsuran pinjaman nasabah.

Itulah sekiranya pembahasan versi Rkonline.id seputar cara cek angsuran pinjaman BRI untuk semua produknya baik itu secara online maupun offline. Semoga penjelasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai gambaran ketika hendak mengecek informasi besaran angsuran pinjaman di Bank BRI.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *