12 Cara Cek Angsuran Pinjaman Mandiri (Online, ATM, HP)

Cara Cek Angsuran Pinjaman Mandiri – Sebagaimana diketahui, saat ini Bank Mandiri menawarkan berbagai macam jenis pinjaman atau kredit kepada para nasabahnya. Pastinya semua jenis pinjaman tersebut dapat diajukan oleh seluruh nasabah asalkan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

Setelah pengajuan pinjaman disetujui dan dicairkan, tentunya nasabah diwajibkan untuk membayar tagihan angsuran setiap bulannya. Dimana tagihan tersebut nantinya bisa nasabah bayarkan secara autodebet, melalui ATM, teller Mandiri Mobile Banking, SMS Banking dan lain sebagainya.

Selain itu, nasabah yang mengambil produk pinjaman atau kredit di Mandiri juga sudah bisa melakukan pengecekan sisa angsurannya. Menariknya lagi, cara melihat sisa angsuran pinjaman di Bank Mandiri sudah dapat dilakukan melalui berbagai macam metode, mulai dari ATM, Mandiri Online hingga melalui SMS.

Meskipun tata cara mengecek sisa angsuran pinjaman di Mandiri terbilang mudah dilakukan, namun masih ada sebagian nasabah mengeluhkan bahwa mereka kebingungan dalam melakukannya. Oleh sebab itu, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai cara cek angsuran pinjaman Mandiri baik itu melalui ATM, online ataupun via HP.

Syarat Cek Angsuran Pinjaman Mandiri

Syarat Cek Angsuran Pinjaman Mandiri

Seperti dijelaskan di atas, nasabah saat ini sudah bisa melihat sisa angsuran pinjaman di Mandiri, mulai dari produk KSM atau KTA MANDIRI, KPR, KUR serta produk-produk kredit lainnya. Namun sebelum melakukan pengecekan, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa syarat dan ketentuannya.

Syarat utama ketika hendak mengecek sisa angsuran pinjaman Mandiri yaitu nasabah harus mengetahui nomor kontrak pinjaman beserta nomor rekening tabungannya. Sebab, nantinya besaran angsuran hanya akan muncul ketika nasabah memasukkan nomor kontrak pinjamannya di Bank Mandiri.

Cara Cek Angsuran Pinjaman Mandiri

Untuk saat ini, cara cek sisa angsuran pinjaman di Bank Mandiri sudah bisa dilakukan melalui beberapa metode, baik itu secara online ataupun offline. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara mengecek sisa angsuran pinjaman di Bank Mandiri di bawah ini.

1. Cek Angsuran via ATM

Cek Angsuran via ATM

Bagi nasabah yang memiliki fasilitas kartu ATM, tentunya mereka bisa melakukan pengecekan angsuran kredit Mandiri melalui mesin ATM. Dimana tata cara melakukannya sebenarnya cukup sederhana, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  1. Pertama-tama, silahkan masukkan kartu ATM Mandiri pada mesin.
  2. Setelah itu, pilihlah Bahasa Indonesia dan masukkan PIN ATM.
  3. Kemudian silahkan ketuk tombol Lainnya.
  4. Lalu, pilihlah menu Angsuran dilanjutkan dengan memasukkan kode perusahaan Mandiri Utama Finance 20013.
  5. Selanjutnya, masukkan pula nomor kontrak pinjaman Mandiri milik kalian.
  6. Cara berikutnya ketik angka 1 untuk mengecek detail rincian tagihan atau sisa angsuran yang harus dibayarkan.

2. Cek Angsuran via Mandiri Online

Cek Angsuran via Mandiri Online

Cara cek angsuran pinjaman Mandiri selanjutnya yaitu dilakukan melalui Mandiri Online atau Livin’ by Mandiri. Namun, perlu diingat bahwa pastikan kalian memiliki koneksi jaringan internet lancar dan stabil serta sudah memperbarui aplikasinya ke versi terbaru.

  1. Login ke Livin’ by Mandiri di smartphone kalian.
  2. Silahkan masuk ke menu Pinjaman.
  3. Kemudian pilihlah opsi Mandiri Tunas Finance.
  4. Setelah itu, ketik Cek Angsuran MTF.
  5. Nantinya secara otomatis sisa angsuran pinjaman Mandiri akan keluar.

3. Cek Angsuran via SMS

Cek Angsuran via SMS

Selain melalui fasilitas Mobile Banking Mandiri, nasabah juga bisa mengecek sisa angsuran pinjaman Mandiri melalui layanan SMS Banking. Nasabah hanya perlu mengirimkan SMS dengan format khusus ke nomor 99333. Nantinya nasabah akan dikenai tarif atau biaya sebesar Rp 500 per pesannya.

Registrasi : MTF<spasi>REG<spasi>nomor_HP kirim ke 99333

Cek Angsuran : MTF<spasi>ANG<spasi>nomor_kontrak kirim ke 99333

Cek Total Angsuran : MTF<spasi>TOTAL<spasi>nomor_kontrak kirim ke 99333

Cek Angsuran Terakhir : MTF<spasi>LASTPAY<spasi>nomor_kontrak kirim ke 99333

4. Cek Angsuran via Telepon

Cek Angsuran via Telepon

Kemudian cara cek sisa angsuran pinjaman juga bisa nasabah lakukan melalui panggilan telepon ke customer service Bank Mandiri. Adapun nomor yang dapat dihubungi untuk menanyakan sisa angsuran pinjaman Mandiri yaitu 14000 atau 021-150059, untuk yang berbayar.

Namun jika menginginkan layanan gratis, kalian dapat mengajukan pertanyaan melalui fasilitas WhatsApp di nomor +628111766935. Akan tetapi, biasanya respon pihak Bank Mandiri terhadap permintaan nasabah di WhatsApp tidak secepat layanan via telepon.

5. Cek Angsuran via Email

Cek Angsuran via Email

Layanan gratis selanjutnya yang bisa nasabah manfaatkan untuk melihat angsuran pinjaman Mandiri yaitu melalui email. Silahkan kirim email ke mandiricare@bankmandiri.co.id dengan subjek menanyakan sisa angsuran kredit, nomor kontrak dan rekening hingga nama lengkap nasabah.

6. Cek Angsuran via Sosial Media

Cek Angsuran via Sosial Media

Cara cek angsuran pinjaman Bank Mandiri selanjutnya yaitu melalui sosial media. Layanan ini juga tidak membebankan biaya kepada para nasabah, namun hanya memerlukan kuota internet. Dimana nasabah bisa menanyakan sisa angsuran pinjamannya melalui beberapa sosial media di bawah ini.

  • Facebook : MTF AutoLoan
  • Twitter : @MTF_AutoLoan
  • Instagram : @tf_autoloan

7. Cek Angsuran via MTF Go

Cek via MTF Go

Lewat aplikasi MTF Go, nasabah Bank Mandiri juga dapat mengecek sisa angsuran pinjaman mereka. Tata cara melakukannya sendiri nasabah hanya perlu masuk dan login ke menu angsuran. Nantinya informasi angsuran secara otomatis akan keluar, mulai dari besaran angsuran, sisa pinjaman hingga informasi pembayarannya.

8. Cek Angsuran Lewat Tokopedia

Cek Lewat Tokopedia

Bagi nasabah Mandiri sekaligus memiliki akun di Tokopedia, kalian bisa mengecek angsuran pinjaman melalui aplikasi tersebut. Tidak hanya melalui Tokopedia saja, sebenarnya nasabah dapat melihat besaran angsuran pinjaman Mandiri lewat aplikasi Bukalapak, LinkAja hingga i.Saku. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tata cara cek angsuran pinjaman Mandiri lewat aplikasi Tokopedia.

  1. Jalankan aplikasi Tokopedia di smartphone kalian.
  2. Kemudian pilih menu Angsuran.
  3. Apabila sudah muncul menu Angsuran Kredit, silahkan pilih logo Rp dan Koin.
  4. Setelah itu, pilihlah perusahaan penyedia pinjaman, dalam hal ini yaitu MUF (Mandiri Utama Finance).
  5. Cara selanjutnya, silahkan masukkan nomor kontrak pinjaman Mandiri.
  6. Terakhir akan muncul besaran sisa angsuran pinjamannya.

9. Cek Angsuran Lewat Kantor Cabang

Cek Lewat Kantor Cabang

Cara cek angsuran pinjaman Mandiri terakhir ini bisa dilakukan bagi nasabah yang belum memiliki beberapa fasilitas atau layanan di atas, yaitu lewat kantor cabang Mandiri Utama Finance. Akan tetapi, cara cek angsuran melalui kantor cabang tersebut membutuhkan waktu cukup lama karena nasabah perlu menunggu antrean.

  1. Datangi kantor cabang Mandiri Utama Finance terdekat dengan membawa KTP serta nomor kontrak pinjaman.
  2. Kemudian ambillah nomor antrean pada bagian customer service.
  3. Apabila tiba giliran, temui petugas dan utarakan maksud untuk mengecek angsuran pinjaman.
  4. Silahkan serahkan semua dokumen atau berkas persyaratannya.
  5. Lalu, petugas nantinya akan memberikan informasi secara detail kepada kalian mengenai sisa angsuran pinjamannya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa saat ini Bank Mandiri sudah memudahkan nasabah ketika hendak mengecek sisa angsuran pinjamannya. Buktinya, saat ini cara melihat sisa angsuran kredit Mandiri sudah bisa dilakukan melalui berbagai macam metode, entah itu secara online ataupun offline.

Demikian sekiranya penjelasan dari Rkonline.id seputar cara cek angsuran pinjaman Mandiri melalui ATM, online ataupun lewat aplikasi pihak ketiga seperti Tokopedia. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengecek tagihan atau angsuran pinjaman Bank Mandiri.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *