Kode JPN Onus Mandiri ? Cara Membaca & Artinya

Kode JPN Onus Mandiri – Sebagaimana diketahui, setiap pihak perbankan memiliki sandi atau kode transaksinya masing-masing, termasuk Bank Mandiri. Dimana sandi transaksi sendiri merupakan sebuah kode keterangan dari setiap transaksi yang telah dilakukan oleh para nasabahnya.

Nantinya, kode tersebut akan terekam sebagai laporan transaksi dan tercetak di dalam buku tabungan Mandiri. Selain itu, kode pembayaran juga biasanya akan muncul apabila nasabah melakukan cek mutasi rekening Mandiri baik itu melalui mesin ATM ataupun digital banking.

Perlu diketahui, setiap kode pembayaran yang dilakukan oleh nasabah Bank Mandiri biasanya terdiri dari beberapa gabungan angka serta huruf tertentu. Salah satu sandi transaksi yang mungkin jarang diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri ketika melakukan mutasi rekening yaitu JPN Onus.

Tentunya kode tersebut memiliki sebuah arti kegiatan transaksi yang pernah dilakukan oleh para nasabahnya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa itu kode JPN Onus Mandiri dilengkapi dengan maksud atau artinya beserta cara membacanya.

Apa Itu Kode JPN Onus Mandiri?

Apa Itu Kode JPN Onus Mandiri

Seperti dijelaskan sebelumnya, kode JPN Onus Mandiri merupakan sebuah sandi transaksi yang pernah dilakukan oleh seorang nasabah. Dimana kode tersebut biasanya akan muncul saat nasabah melakukan pencetakan rekening koran ataupun melakukan pengecekan mutasi rekening.

Mutasi sendiri merupakan sebuah riwayat ataupun catatan pembayaran pada tabungan Mandiri yang menunjukkan aktivitas dana masuk dan keluar. Dengan kata lain, mutasi berfungsi sebagai bukti atau laporan keuangan keluar masuknya saldo di dalam tabungan Mandiri.

Arti Kode JPN Onus Mandiri

Arti Kode JPN Onus Mandiri

Setelah mengetahui pengertiannya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara membaca serta arti dari kode JPN Onus Mandiri. Kode tersebut biasanya dituliskan dengan keterangan VE OnUs POS SA lalu dilanjutkan dengan beberapa digit angka sebagai sandi transaksi.

Arti dari kode tersebut yaitu pemilik rekening pernah melakukan pembayaran menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit Mandiri di salah satu gerai atau merchant melalui MESIN EDC (Electronic Data Capture) seperti Alfamart, Indomaret, cafe-cafe, restoran dan lain sebagainya.

Di sisi lain, kode JPN Onus Mandiri juga bisa diartikan bahwa pemilik rekening Mandiri tersebut pernah melakukan berbelanja di salah satu situs online. Biasanya pembayaran belanja online ini dilakukan oleh nasabah Mandiri melalui fasilitas Mobile Banking maupun Internet Banking.

Jadi, dapat dikatakan bahwa munculnya kode Onus di Bank Mandiri tersebut merupakan laporan atau riwayat sebuah pembayaran oleh nasabah dengan cara menggesekkan kartu debit ataupun kartu kredit di mesin EDC di suatu merchant rekanan Mandiri.

Cara Cek Mutasi Rekening Mandiri

Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui apa arti kode JPN Onus Mandiri, namun belum mengerti bagaimana cara cek mutasi rekeningnya. Sebenarnya, pengecekan mutasi rekening Mandiri dapat dilakukan melalui beberapa metode, mulai dari teller, mesin ATM, mobile banking, SMS banking hingga internet banking.

Mungkin salah satu cara cek mutasi yang paling mudah dan simpel yaitu melalui fasilitas mobile banking atau Livin’ by Mandiri. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara cek mutasi rekeningnya melalui Livin’ by Mandiri di bawah ini.

1. Login Livin’ by Mandiri

 Login Livin' by Mandiri

Langkah pertama, buka dan jalankan aplikasi Livin’ by Mandiri di smartphone kalian. Silahkan login menggunakan User ID dan Password kalian atau bisa menggunakan sidik jari (fingerprint).

2. Pilih Rekening Mandiri

Pilih Rekening Mandiri

Setelah itu secara otomatis akan muncul beberapa pilihan rekening Mandiri. Silahkan pilihlah salah satu rekening Mandiri tersebut.

3. Tentukan Tanggal

Tentukan Tanggal

Kemudian, kalian akan dibawa ke halaman informasi rekening Mandiri, mulai dari saldo hingga riwayat transaksi terakhir. Silahkan tentukan tanggal transaksi yang akan kalian cek riwayatnya dan klik OK.

4. Daftar Transaksi Terakhir Mandiri

Daftar Transaksi Terakhir Mandiri

Terakhir, akan muncul daftar riwayat pembayaran terakhir mulai dari tanggal yang sudah kalian tentukan sebelumnya. Di dalam daftar tersebut juga akan keluar beberapa kode transaksi beserta nominal saldonya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa arti dari sandi JPN Onus merupakan sebuah laporan transaksi yang sudah pernah nasabah Bank Mandiri lakukan sebelumnya. Dimana kode tersebut berisikan sebuah pembayaran nasabah menggunakan kartu debet ataupun kartu kredit di mesin EDC Mandiri.

Itulah sekiranya penjelasan seputar kode JPN Onus Mandiri mulai dari pengertian, arti hingga cara membacanya versi Rkonline.id. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika menemui kode pembayaran serupa di Bank Mandiri.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *