Swift Code Bank Mandiri: Pengertian & Fungsi Utama

Swift Code Bank Mandiri – Pstinya banyak orang diluar sana pernah mendengar dengan code swift bank bukan? Cuma beberapa orang belum mengetahui akan hal tersebut sebetulnya apa, tapi tidak menutup kemungkinan juga orang mengetahui akan hal tersebut. Seperti diketahui bahwa setiap bank yang ada di Indonesia memang memiliki code swift bank, sebab itu merupakan kode untuk melakukan transaksi perbankan, terutama untuk jaringan internasional.

Buat kalian yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap disini kami akan menjelaskan secara detail, terutama buat seluruh nasabah dari bank Mandiri dikarenakan pada artikel ini kami akan informasikan Swift Code bank Mandiri dan di informasikan juga beberapa code bank lain di Indonesia. Selain itu juga di informasikan akan fungsi utamanya, sehingga kalian tidak hanya mengetahui codenya saja melainkan juga fungsinya.

Citayam

Sebagaimana sudah disebutkan tadi jika code swift memang sangat dibutuhkan sekali terutama ketika kalian hendak melakukan transaksi di luar negeri, dimana untuk langkah langkahnya memang tidak jauh berbeda akan tetapi harus disertai dengan Swift Code Bank Mandiri. Apabila kalian masih juga bingung bisa tanyakan saja ke teman yang sebelumnya pernah melakukan transaksi tersebut atau juga bisa minta bantuan ke call center mandiri, dimana memiliki jam operasional sampai 24 jam kok.

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada kesempatan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semua mulai dari apa itu code Swift beserta fungsi utamanya untuk apa. Karena terdapat cukup banyak informasi penting akan disampaikan maka sangat disarankan sekali agar simak artikel ini sampai selesai, baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak ulasan dari Rkonline.id seperti dibawah ini.

Apa Itu Code Swift

Sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu sampaikan kepada kalian semua mengenai pengertian dari apa itu code swift karena kami sangat yakin sekali jika diluar sana masih banyak orang belum mengetahui akan hal tersebut. Maka dari itu sebelum lanjut sedikit menyampaikan terkait pembahasan kali ini yakni code swift.

Jika mengutip dari Bank Identification Code (BIC) Swift Code merupakan singkatan dari Society for Worldwide Interbank Finacial Telecomunication. Dimana merupakan suatu jaringan berbasis internasional yang mana nantinya kode tersebut dapat melakukan transaksi perbankan atau komunikasi secara internasional, jadi pada intinya sebagai code ketika ingin kirim uang akan terkirim sampai tujuan.

Fungsi Swift Code

Kemudian lanjut ke pembahasan berikutnya yakni fungsi utama dari Swift Code, pasalnya banyak sekali orang diluar sana belum mengetahui secara pasti fungsinya untuk apa, karena hanya sekedar mengetahui saja. Maka dari itu untuk melengkapi pembahasan kali ini terlebih dahulu sampaikan kepada kalian semua akan fungsi utamanya untuk apa.

Jadi Fungsi utamanya ialah Sebagai kode untuk melakukan transaksi perbankan atau komunikasi atau lebih jelasnya pengguna A melakukan transfer ke bank diluar negeri maka proses tersebut diharuskan adanya swift code, pada umumnya terdiri dari 8 sampai 11 karaketer dimana 4 karakter pertama adalan kode bank, 2 karakter berikutnya merupakan kode ISO 366-1 alpha yang mana di identifikasi sebagai kode dari asal bank.

lalu 2 karakter selanjutnya merupakan kode lokasi bank dan bisanya terdiri dari huruf dan angka, lalu 3 karakter terakhir merupakan kode cabang dimana hanya terdiri dari angka saja. Ketika sudah melengkapi akan hal tersebut maka dapat dipastikan transaksi kirim uang akan terkirim ke bank tujuan.

Swift Code Bank Mandiri

Lalu berlanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni swift code bank mandiri, untuk kodenya sendiri adalah BMRIIDJA, nah itulah kode swift yang wajib kalian ketahui. Jika ingin mengetahui beberapa kode bank lain dapat simak sebagai berikut :

Swift Code Semua Bank

Swift Code BankSwift Code BankSwift Code Bank
Bank Mandiri: BMRIIDJABank Syariah Mandiri: BSMDIDJABank Tabungan Negara (BTN): BTANIDJA
Bank Mega: MEGAIDJABank Maybank Indocorp: MBBEIDJABank Negara Indonesia (BNI): BNINIDJA
Bank Central Asia (BCA): CENAIDJABank Danamon: BDINIDJABank Rakyat Indonesia (BRI): BRINIDJA
Bank Artha Graha: ARTGIDJABank Haga : HAGAIDJABank ABN AMRO : ABNAIDJA
Bank Bangkok: BKKBIDJABank Bumiputera Indonesia: BUMIIDJABank Bumi Arta Indonesia: BBAIIDJA
Bank Buana Indonesia: BBIJIDJABank Bukopin: BBUKIDJABank BNP Paribas Indonesia: BNPAIDJA
Bank Commonwealth: BICNIDJABank of China, Jakarta Branch: BKCHIDJABank Chinatrust Indonesia: CTCBIDJA
Bank Deutsche AG: DEUTIDJABank DBS Indonesia: DBSBIDJABank Ekspor Indonesia: BEXIIDJA
Bank HSBC : HSBCIDJABank Finconesia: FINBIDJABank Ekonomi Raharja: EKONIDJA
Bank Indonesia: INDOIDJABank Internasional Indonesia (BII): IBBKIDJABank Kesawan: AWANIDJA
Bank NISP: NISPIDJABank Mizuho Indonesia: MHCCIDJABank Lippo : LIPBIDJA
Bank Permata: BBBAIDJABank OCBC Indonesia: OCBCIDJABank Niaga: BNIAIDJA
Bank Pan Indonesia: PINBIDJABank Rabobank International Indonesia: RABOIDJABank Resona Perdania: BPIAIDJA
Bank Sumitomo Mitsui Indonesia: SUNIIDJABank Swadesi: SWBAIDJABank UFJ Indonesia (formerly Bank Sanwa Indonesia): SAINIDJA
Bank UOB Indonesia: UOBBIDJABank Woori Indonesia: HVBKIDJA

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa code swift bank memang sangat penting sekali, terutama bagi kalian para nasabah bank Mandiri, diatas juga sudah kami sebutkan kepada kalian semua. Meskipun mudah untuk mengetahuinya, namun tidak ada salahnya jika di simpan, siapa tahu suatu saat kalian akan membutuhkannya.

Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai pengertian apa itu Swift Code, fungsi serta Swift Code Bank Mandiri dapat Rkonline.id sampaikan. Semoga saja dengan adanya penjelasan tersebut bisa membantu semua orang sedang membutuhkan informasi sudah disampaikan seperti diatas.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles