KTA Bank BRI 2021 : Bunga, Biaya, Syarat & Cara Pengajuan

KTA Bank BRI 2021 – Mengajukan pinjaman tanpa jaminan bisa menjadi salah satu opsi ketika membutuhkan dana tambahan saat terhimpit kebutuhan ekonomi sehari-hari. Sebab, saat ini pihak perbankan sudah menyediakan produk bernama Kredit Tanpa Agunan atau KTA yang dapat diajukan oleh seluruh nasabahnya.

Mengacu pada pengertiannya, KTA merupakan sebuah produk layanan berupa pinjaman untuk nasabah tanpa harus menyertakan jaminan ataupun aset apapun. Salah satu pihak perbankan terbesar di Indonesia yang sudah menyediakan layanan Kredit Tanpa Agunan kepada para nasabahnya yaitu Bank BRI.

KTA Bank BRI sudah dibekali dengan sejumlah fitur yang pastinya menguntungkan bagi pada nasabah, salah satunya yaitu syarat pengajuannya tergolong ringan. Selain itu, plafon atau atau nominal pinjamannya juga cukup besar, yaitu bisa mencapai Rp 300 juta dengan bunga yang rendah.

Maka dari itu, jika kalian berencana mengajukan KTA di Bank BRI, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu seluk beluknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai KTA Bank BRI 2021 mulai dari jenis, suku bunga, biaya hingga prosedur pengajuannya.

Jenis KTA Bank BRI

Jenis KTA Bank BRI

Sebelum membahas cara mengajukan KTA Bank BRI 2021 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis pinjamannya. Hingga kini setidaknya Bank BRI memiliki 4 jenis pinjaman tanpa jaminan, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Briguna Karya

Briguna Karya merupakan sebuah produk Kredit Tanpa Agunan yang diperuntukkan bagi nasabah dengan sumber pembayaran berasal dari penghasilan tetap atau fixed income (gaji). Dimana pinjaman ini dapat digunakan oleh debitur untuk berbagai macam keperluan seperti pembelian barang, renovasi rumah, keperluan pendidikan, pernikahan dan lain sebagainya.

2. Briguna Purna

Briguna Purna merupakan sebuah produk pinjaman bagi nasabah yang memiliki sumber pembayaran dari penghasilan tetap ataupun fixed income (dana pensiun). Salah satu keunggulan dari Briguna Purna yaitu limit pinjaman tidak terbatas, sesuai dengan kemampuan debitur.

3. Briguna Umum

Sebenarnya Briguna Umum tidak jauh berbeda dengan Briguna Karya. Hanya saja Briguna Umum memiliki tenor atau jangka waktu angsuran lebih panjang, yaitu bisa mencapai 15 tahun (18 bulan). Namun, dengan catatan debitur harus melunasi angsurannya pada saat usia maksimal 75 tahun.

4. Briguna Pendidikan

Sementara Briguna Pendidikan merupakan produk pinjaman yang dikhususkan bagi mahasiswa S2 maupun S3 berpenghasilan tetap. Dengan kata lain, selama nasabah memiliki pekerjaan tetap selama masa pinjaman, maka mereka bisa mengajukan Briguna Pendidikan dengan cepat dan mudah.

Fitur & Keuntungan KTA Bank BRI

Fitur & Keuntungan KTA

Seperti dijelaskan sebelumnya, Bank BRI mengemas produk Kredit Tanpa Agunan dengan segudang fitur. Tentunya fitur tersebut juga nantinya akan menguntungkan bagi para nasabahnya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fitur dan keuntungan KTA Bank BRI 2021.

  • Proses pengajuan serta pencairan KTA BRI cepat.
  • Bunga serta biaya tergolong ringan.
  • Memberlakukan bunga flat dengan angsuran tetap setiap bulan.
  • Plafon kredit tidak terbatas sesuai kemampuan debitur.
  • Memiliki fasilitas asuransi jiwa.
  • Jangka waktu pinjaman fleksibel, mencapai 15 tahun.
  • Bank BRI kerap mengadakan promo terkait produk KTA.

Bunga KTA Bank BRI 2021

Bunga KTA Bank BRI 2021

Seperti halnya KTA BANK BCA, pihak Bank BRI juga memberlakukan ketentuan mengenai suku bunga terhadap produk KTA. Dimana KTA Bank BRI ini menggunakan perhitungan bunga flat dengan angsuran tetap setiap bulannya. Di bawah ini adalah rincian suku bunga KTA Bank BRI 2021.

Tenor PinjamanSuku Bunga
12 – 24 Bulan1.45%
30 – 60 Bulan1.54%

Biaya KTA Bank BRI 2021

Biaya KTA

Selain memberlakukan sistem perhitungan suku bunga, Bank BRI juga memiliki peraturan mengenai biaya administrasinya. Tentunya biaya administrasi tersebut harus dilunasi oleh debitur saat pengajuan KTA di Bank BRI diterima dan disetujui.

KeteranganBiaya
Biaya administrasiRp 100.000
Biaya provisi1.5% dari total pinjaman
Biaya asuransiSesuai ketentuan
Biaya pelunasan dipercepatSesuai ketentuan
Biaya keterlambatan angsuranSesuai ketentuan
Tarif & biaya lainnyaSesuai ketentuan

Syarat Pengajuan KTA Bank BRI 2021

Syarat Pengajuan KTA Bank BRI 2021

Secara garis besar, syarat pengajuan KTA di Bank BRI hampir sama seperti saat mengajukan KTA BANK BNI. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik beberapa syarat utama dalam pengajuan KTA Bank BRI 2021 di bawah ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Warga Negara Asing (WNA) yang sudah bekerja di Indonesia minimal 2 tahun.
  • Usia minimum 21 tahun dam maksimum 65 tahun.
  • Mempunyai pendapatan tetap minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Sementara itu, calon debitur juga diwajibkan melengkapi sejumlah dokumen atau berkas pendukung lainnya. Adapun beberapa syarat dokumen pendukung lainnya tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi KK dan surat nikah.
  • Fotokopi NPWP.
  • Pas foto berwarna 3×4.
  • Melampirkan SK pendapatan ataupun slip gaji 3 bulan terakhie.
  • Fotokopi rekening tabungan.
  • SK Jabatan.
  • Fotokopi legalitas usaha (pengusaha).
  • Surat rekomendasi atasan di tempat kerja.
  • Surat kuasa debit rekening.
  • Surat kuasa pensiun.

Cara Pengajuan KTA Bank BRI 2021

Cara Pengajuan KTA Bank BRI 2021

Setelah dirasa memenuhi semua syarat dan ketentuan pengajuan KTA Bank BRI 2021 di atas, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara pengajuannya. Untuk saat ini pengajuan Kredit Tanpa Agunan Bank BRI dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu secara offline dan online.

Dimana pengajuan secara offline dapat dilakukan oleh nasabah dengan cara mengunjungi kantor cabang Bank BRI terdekat di daerah mereka. Sementara pengajuan pinjaman tanpa jaminan Bank BRI secara online bisa dilakukan dengan cara menghubungi call center ataupun melalui website resminya.

Setelah berhasil melakukan pengajuan, biasanya petugas Bank BRI cabang terdekat akan melakukan survei lokasi ke rumah calon debitur. Untuk proses pencairan dana KTA sendiri biasanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 7 hari sampai 14 hari kerja setelah survei dilakukan.

Tabel Angsuran KTA Bank BRI 2021

Sebagaimana diketahui, jumlah angsuran ataupun cicilan pinjaman Kredit Tanpa Agunan milik Bank BRI sangat bervariasi. Umumnya besaran cicilan KTA tersebut dipengaruhi oleh plafon pinjaman serta tenor angsurannya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa tabel angsuran pinjaman KTA Bank BRI 2021.

Tabel Angsuran KTA Bank BRI 2021
Tabel Angsuran KTA BRI

Call Center Bank BRI

Call Center BRI

Di atas dijelaskan secara lengkap mengenai seluk beluk KTA Bank BRI 2021 mulai dari jenis, suku bunga, biaya hingga prosedur pengajuannya. Apabila masih bingung, ada baiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Bank BRI melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : 14017 / 1500017
  • Email : callbri@bri.co.id
  • Facebook : @BRIofficialpage
  • Twitter : @kontakBRI

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa produk pinjaman tanpa jaminan milik Bank BRI dapat diajukan oleh semua masyarakat, entah itu bagi nasabah ataupun non nasabah BRI. Selain itu, proses pengajuan KTA Bank BRI juga tergolong mudah, karena dapat dilakukan secara offline maupun online.

Demikian pembahasan versi Rkonline.id seputar KTA Bank BRI 2021 mulai dari jenis, fitur, suku bunga, biaya, prosedur pengajuan hingga tabel angsuran terbarunya. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengajukan KTA di Bank BRI terdekat.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *