Biaya Admin TikTok Shop & Pajak Pembayaran 2022

Biaya Admin TikTok Shop – TikTok merupakan salah satu platform sosial media terbesar saat ini dan terus memberikan fitur terbaru. Melalui TikTok Shop pengguna aplikasinya bisa menjual, membeli maupun mempromosikan produk. Bisa juga disebut sebagai social commerce dimana kini banyak merek ternama maupun affiliator yang menggunakannya.

Kami sudah pernah membahas mengenai cara bayar TikTok Shop di Indomaret dimana memudahkan konsumen ketika akan membeli produknya. Namun ketika berjualan di TikTok Shop akan dikenakan biaya admin baik untuk seller maupun affiliatornya. Pada dasarnya aturan biaya admin TikTok Shop dibuat supaya seller bisa memperoleh keuntungan dari tiap penjualan produknya.

Citayam

Secara langsung TikTok Shop seller wajib mengetahui besaran biaya admin serta bagaimana cara menghitungnya. Hal tersebut demi mendapatkan keuntungan yang maksimal serta memudahkan mengatur harga jual barang. TikTok Shop memang termasuk belum lama hadir di Indonesia, dimana hingga kini terus berkembang layanannya.

Konsumen dapat melakukan pembelian produk sesudah menonton video singkat dimana akan jadi daya tarik tersendiri. Disamping itu ketika sudah membeli barangnya maka akan dikirim memakai jasa pengiriman TikTok Shop Lebih jelasnya mengenai biaya admin TikTok Shop simak penjelasan rkonline.id berikut ini.

Biaya Admin TikTok Shop

Biaya admin TikTok Shop akan dihitung berdasarkan harga produk, diskon serta harga flat senilai Rp.2000. Dari sumber terbaru diterangklan bahwa biaya pembayarannya telah mengalami perubahan jadi komisi penjualan. Kemudian hal tersebut tidak termasuk pada diskon sehingga perlu dilakukan perubahan harga. Rumusnya sebagai berikut ini.

Biaya admin = 1% dari tiap pesanan x (harga produk – diskon) + harga flat (Rp.2000)

Perubahan biaya tersebut memiliki tujuan peningkatan layanan untuk TikTok Seller. Alasannya memang cukup umum namun dengan adanya kenaikan biaya admin dapat menjadi perhatian dari penjual untuk melakukan perubahan harga. Namun memang untuk biaya pengiriman akan dipisahkankan. Hal tersebut menyebabkan tidak masuk dalam perhitungannya.

Biaya admin dikenakan apabila pesanan sudah divalidasi dimana akan tampil juga pada laporannya. Memang dari TikTok Shop seluruh biayanya sudah diperhitungkan otomatis, namun alangkah baiknya kamu tahu perhitungannya.

Perhitungan Biaya Admin TikTok Shop

Saat sudah memahami rumusnya maka berikutnya adalah bagaimana cara perhiutngannya berdasarkan pada jenis pembelian. Biaya admin e commerce TikTok memang akan sangat berbeda dengan lainnya. Kita ambil contoh misalnya satu produk memiliki harga jual Rp.200.000 sudah termasuk pajak/SKU kemudian penjualnya memasang diskon senilai Rp.15.000. Lalu untuk mengitungnya akan memakai rumus diatas sebagai berikut.

  • Harga SKU = Rp.200.000
  • Diskon = Rp.15.000
  • Tarif flat = Rp.2000
  • Total biaya = 1% x (Rp.200.000 – Rp.15.000) + Rp.2000 = Rp.3.850

Jadi biaya akan valid dengan nominal Rp.3.850 kemudian untuk ongkos kirimnya tidak masuk kedalam hitungan biaya admin. Potongan akan diterapkan demi meningkatkan pengalaman seller supaya lebih baik. Kemudian memberikan pelayanan pelanggan yang ditingkatjkan serta mendapatkan lebih banyak eksposur.

Lantas bagaimana ketika diskon masuk kedalam gratis ongkir? Memang untuk pelanggan baru TikTok Shop akan mendapatkan gratis ongkir dimana tidak memerlukan minimal transaksi. Namun aturan gratis ongkir yang wajib untuk kelian ketahui diantaranya sebagai berikut.

  • Tiap seller memperoleh gratis ongkir sebanyak 6 kali dalam waktu sebulan. Berpeluang juga mendapat gratis ongkir berikutnya saat ada event.
  • Aturan diskon sampai Rp.20.000 dengan minimum transakai Rp.30.000 untuk tujuan pengiriman pulau Jawa
  • Aturan diskon sampai Rp.30.000 dengan minimum transakai Rp.60.000 untuk tujuan pengiriman diluar pulau Jawa

Pajak TikTok Shop

Lantas bagaimana dengan pajak TikTok Shop? Perlu diketahui bahwa untuk setiap pesanan akan dikenakan pajak sebesar 1%. Hal ini masuk dalam perhitungan biaya admin TikTok Shop diatas. Kemudian pajaknya akan dipotong secara otomatis saat saldo akan ditransfer ke rekening penjual.

Kelebihannya pastinya kamu tidak perlu repot menghitung karena sistem TikTok Shop akan memotongnya otomatis. Pastikan juga mengetahui batas waktu pembayaran TikTok Shop dimana akan memudahkan kalian mengecek apakah saldonya sudah masuk ataupun belum.

Strategi Untuk Seller

Ketika sudah mengetahui biaya admin TikTok Shop serta pajaknya maka seller wajib mengantisipasi supaya tidak mengalami kerugian. pada dasarnya dengan adanya biaya admin maka memotong keuntungan secara langsung. Terlebih jika barang yang dijual harganya murah dimana keuntungannya memang akan jauh lebih sedikit.

Kalian dapat melakukan perubahan harga supaya perhitungannya masuk kedalam keuntungan. Namun ketika memasang harga baru jangan sampai terlampau mahal, usahakan masuk akal sehingga konsumen tetap tertarik membelinya. Kamu juga dapat menjual barang secara bundle ataupun paketan sehingga keuntungannya akan meningkat.

Lalu meningkatkan penjualan juga penting supaya tidak rugi karena potongan biaya admin TikTok Shop. Cara paling umum adalah dengan memasang musik yang sedang viral agar mudah ditermukan orang. Pakai juga hashtag yang berhubungan ke produk maupun videonya. Selain itu seller juga dapat mereview produk maupun melakukan demo. Apabila ada budget manfaatkan konten kreator untuk mempromosikan produk kalian. Terakhir tarik minat konsumen dengan live di TikTok dan posting sesering mungkin.

FAQ

Siapa yang dikenakan biaya admin?

Seluruh TikTok Shop seller

Apa biaya masuk kedalam kategori?

Biaya akan sama untuk seluruh kategori

Apa itu pesanan valid?

Adalah pesanan TikTok Shop yang sudah dibayarkan dan sudah terkirim ke pembeli. Seluruh pesanan yang cancel, retur barang maupun uang tidak termasuk kedalamnya

Ketika terdapat lebih dari satu transaksi disatu toko bagaimana?

Biaya admin TikTok Shop dikenakan per transaksi, meskipun dalam satu toko namun jika pembeliannya lebih dari satu maka dikenakan masing masing

Kesimpulan

Sebelumnya kami juga membahas cara bayar Spaylater pakai ShopeePay dimana tidak dikenakan biaya admin. Memang cukup berbeda dengan sistem TikTok Shop dimana akan ada perhitungan terlebih dahulu untuk menentukan biayanya. Namun kalian jangan kawatir karena semua perhitunganya otomatis dari sistem, sehingga perhitungan diatas dapat dijadikan referensi.

Sumber gambar : rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles