Apa itu Kartu Kredit : Jenis, Ciri, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

Apa itu Kartu Kredit – Untuk memenuhi kebutuhan harian ataupun bulanan fasilitas keuangan dari lembaga perbankan memang semakin mudah digunakan. Munculnya internet dan juga mobile banking menjadi buktinya dimana transaksi dapat dilakukan kapan serta dimana saja.

Kita tentunya sudah pernah dengar kartu kredit namun belum tahu apa itu fungsi maupun jenisnya. Hampir semua Bank di Indonesia menawarkan fasilitas kartu kredit dimana mempermudah proses pembelian barang ataupun produk yang diinginkan.

Seperti misalnya kartu kredit JCB, VISA ataupun MasterCard yang memiliki limit berbeda beda lalu dapat digunakan pada seluruh wilayah dunia. Hadirnya kartu jenis ini juga akan membuat kamu dapat membeli barang dengan cara cicilan disemua toko baik online maupun offline.

Hampir semua Bank menerbitkan berbagai jenis kartu kredit dengan sistem berbeda sehingga mungkin membingungkan bagi sebagian orang. Untuk lebih mengenal apa itu kartu kredit silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa itu Kartu Kredit?

Kartu kredit adalah alat pembayaran non tunai yang diterbitkan resmi oleh Bank kemudian dapat dipakai untuk transaksi online ataupun offline. Ada berbagai fasilitas untuk pengguna kartunya mencakup pembayaran sistem cicilan, promo, diskon ataupun tarik tunai.

Pada dasarnya setelah mengenal apa itu kartu kredit kalian dapat melakukan transaksi diawal kemudian pembayarannya dilakukan pada bulan berikutnya. Memang persyaratan untuk pengajuan kartunya cukup sulit dibanding kartu debit karena harus ada verifikasi & persyaratannya lebih banyak.

Fungsi Kartu Kredit

Fungsi utama kartu kredit adalah sebagai alat pembayaran ke berbagai merchant, toko, aplikasi, website lalu masih banyak tempat lainnya. Ketika sudah terjadi transaksi maka lembaga perbankan akan menagihkan pembayaran sesuai dengan tenor atau waktu cicilan pengguna kartu.

Sebelumnya memang sudah ada perjanjian sah antara pengguna kartu serta pihak lembaga perbankan mengenai limit, biaya serta denda. Oleh karena itu sebelum mendaftar silahkan lihat syarat maupun ketentuannya, kemudian untuk fungsi lain dari kartu kredit untuk penggunanya seperti dibawah ini.

  • Memiliki limit dana yang ditentukan Bank dimana dapat digunakan melakukan berbagai jenis transaksi keuangan.
  • Melakukan tarik tunai pada mesin ATM.
  • Bisa digunakan berbelanja online pada website danaplikasi tertentu.
  • Mempunyai fitur penawaran dan program promosi menarik.
  • Sebagai dana saat kondisi darurat dimana dapat dimanfaatkan guna banyak jenis transaksi.
  • Bisa dipakai alat investasi dan membuka peluang bisnis baru.
  • Memudahkan dalam manajemen keuangan dalam satu tempat.
  • Mempunyai catatan penggunaan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bukti transaksi.

Ciri-Ciri Kartu Kredit

ciri-ciri kartu kredit

Pada dasarnya apa itu kartu kredit BCA, Mandiri, BNI serta BRI pengertiannya sama serta bisa dilihat cirinya. Apabila kamu perhatikan ciri-ciri credit card memang khusus, meskipun pada bentuknya mirip dengan kartu debit. Namun detail didalamnya akan cukup berbeda setiap komponennya.

Meskipun sekilas sama dengan kartu debit namun ada informasi yang beda seperti misalnya kode CVV dan nomor verifikasinya. Supaya lebih jelas simak ciri tampilan kartu dari bagian depan dan belakang seperti berikut ini.

Tampak Depan

  • Pada pojok kanan atas terdapat logo atau nama penerbit kartu, namun ada yang letaknya berbeda.
  • Memiliki chip dengan keamanan lebih baik & terjamin.
  • Akan terdapat nomor kartu dicetak timbul.
  • Dibawah nomor kartu terdapat bulan dan tahun berlakunya.
  • Ada nama pemegang kartu dicetak timbul.

Tampak Belakang

  • Dibagian paling atas ada magnetic stripe guna transaksi lewat gesek kartu.
  • Terdapat signature panel atau kotak tanda tangan pemilik kartu.
  • Dipaling kanan terdapat Kode CVV atau 3 digit nomor verifikasi transaksi.
  • Dibawahnya memiliki alamat Bank penerbit dan namanya itu.

Jenis-Jenis Kartu Kredit

Jenis-Jenis Kartu Kredit

Sesudah memahami apa itu kartu kredit serta cirinya berikutnya adalah jenis dimana memang cukup banyak variannya. Namun paling banyak dikenal kartu berdasarkan pada limit ataupun besaran plafond dana digunakan bertransaksi penggunanya. Memang hadirnya credit card menyaingi kredit jangka panjang, hanya perbedaan paling terlihat adalah dari penggunaannya.

Apabila melihat dari apa itu besaran limit maka kartunya akan dibagi kedalam beberapa kelas mulai dari paling rendah sampai tertinggi. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa lembaga perbankan memiliki kartu khusus, lebih jelasnya simak berikut ini.

1.Kartu Kredit Silver

Merupakan kartu dengan limit terendah mulai nominal Rp.4.000.000 sampai maksimal pada angka Rp.7.000.000. Pada umumnya nasabah pemegang kartu ini memenuhi persyaratan pendapatan minimal senilai Rp.3.000.000 perbulannya.

2.Kartu Kredit Gold

Mempunyai limit mulai angka Rp.10.000.000 sampai maksimal Rp.40.000.000 dimana dapat digunakan pada berbagai jenis transaksi. Pemilik kartu Gold biasanya memenuhi persyaratan pendapatan perbulan antara Rp.5.000.000 sampai Rp.10.000.000.

3.Kartu Kredit Platinum

Berikutnya adalah kartu platinum dimana memberikan limit Rp.40.000.000 sampai Rp.1.000.000.000 dimana tergolong sangat besar. Persyaratan agar bisa mendaftar kartu platinum adalah minimum pendapatan senilai Rp.180.000.000 perbulan.

4.Kartu Kredit Titanium

Kemudian ada kartu titanium dimana diberikan khusus orang tertentu yang dipilih pihak Bank. Jadi karena itu pemegang kartu titanium sangatlah jarang, kemudian limit & persyaratannya memang tidak diketahui secara pasti.

5.Kartu Kredit Spesial

Kemudian ada juga kartu spesial dimana dikeluarkan oleh brand tertentu misalnya Visa Signature ataupun Infinite. Kebanyakan penggunanya bukan orang biasa melaikan pengusaha, pengacara ternama maupun artis dengan aset miliaran.

Kelebihan & Kekurangan

Sesudah mengetahui lebih dalam mengenai apa itu credit card maka kalian wajib memahami kelebihan serta kekurangannya. Pada dasarnya karena menggunakan sistem bayar diawal lalu pelunasan dikemudian hari ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebagai berikut.

Kelebihan

  • Akan mudah memakai limit dana lebih besar dengan sistem pinjaman instan kapanpun dibutuhkan. Peminjaman dapat dilakukan tanpa perlu proses pengajuan maupun persetujuan.
  • Mampu memudahkan saat bertransaksi secara online maupun offline seperti belanja elektronik, gadget, fashion serta ditokonya langsung.
  • Mempunyai promosi berbentuk potongan harga atau cashback karena adanya kerjasama dengan berbagai merchant.
  • Cicilan bunga 0% sehingga meringankan beban pengguna, terlebih tenornya bisa panjang sampai 12 bulan.
  • Mempermudah saat bayar tagihan listrik, internet, air, tv kabel bahkan sampai cicilan rumah.
  • Mampu membangun reputasi kredit baik karena data tercatat langsung di BI Checking atau SLIK OJK.
  • Mudah tarik tunai diberbagai mesin ATM memakai fitur cash advance.

Kekurangan

  • Pengajuannya membutuhkan banyak syarat & verifikasinya cukup ketat sehingga tidak mudah lolos. Dalam pengajuannya akan melihat minimum pendapatan, umur, lokasi domisili serta pekerjaan.
  • Bunga cukup tinggi antara 2,25% perbulan atau 27% pertahun.
  • Denda dihitung berdasarkan 3% dari nominal total semua tagihan.
  • Memiliki iuran tahunan mulai Rp.150.000 pertahun.
  • Akan memancing orang berbelanja lalu terkena budaya konsumtif karena kemudahan yang diberikan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari rkonline.id, kesimpulannya memang credit card memiliki berbagai kelebihan maupun kekurangan dimana akan kembali lagi ke preferensi pribadi masing masing. Tidak dipungkiri pihak Bank juga memberikan limit berdasarkan kondisi dari nasabahnya.

Pada dasarnya akan ada bunga, iuran tahunan, biaya ataupun denda setiap bulannya tergantung kepada transaksi dari penggunanya. Jadi ketika sudah mengenal apa itu kartu kredit serta fasilitasnya apakah kamu tertarik memilikinya?

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *