10 Tabel Pinjaman Bank BSI 2021 (Plafond, Tenor, Bunga & Biaya)

Tabel Pinjaman Bank BSI – Menjadi bank Syariah terbesar di Indonesia hasil merger antara 3 bank Syariah BUMN yakni BRI Syariah (BRIS), BNI Syariah (BNIS) dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Setidaknya hal ini akan membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan perbankan Syariah di tanah air.

Apalagi, sebagai bank Syariah terbesar. BSI juga menghadirkan berbagai macam produk perbankan yang siap menjadi unggulan. Setiap masyarakat nantinya akan bisa memperoleh layanan perbankan syariah cukup lengkap. Termasuk mulai dari simpanan, giro, deposito, kartu kredit serta produk pinjaman dan lainnya.

Ketersediaan jaringan kantor bank BSI yang luas dan sudah tersebar di hampir seluruh pelosok tanah air. Menjadi satu keuntungan bagi setiap masyarakat untuk bisa mendapatkan semua layanan bank Syariah Indonesia. Termasuk dalam hal ini terkait pinjaman atau kredit angsuran dimiliki BSI.

Berbagai macam kebutuhan seperti modal UMKM, Investasi maupun KUR ataupun Kepemilikan Rumah (KPR) pun kini sudah mulai aktif. Apabila kalian adalah salah satu nasabah BSI yang mungkin ingin mengajukan pinjaman dengan akad Mudharabah, setidaknya mengetahui tabel pinjaman bank BSI merupakan hal penting.

Jenis Pinjaman Bank BSI

Jenis Pinjaman Bank BSI

Layaknya bank konvensional yang ada di tanah air, Bank BSI juga mempunyai beberapa layanan pinjaman bisa di andalkan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Hal tersebut diberikan karena Bank BSI sendiri bertekad untuk dapat membantu sektor bisnis mikro di Indonesia.

Dengan mengacu pada hal tersebut, setidaknya bank BSI telah menyediakan kuota untuk nasabah yang ingin melakukan pinjaman ketika mereka sudah melihat tabel pinjaman bank BSI. Lantas apa saja sih kiranya jenis pinjaman Bank BSI yang bisa di andalkan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan modal menjalankan bisnis UMKM atau lainnya?.

1. KUR BSI

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu jenis pinjaman yang ditawarkan bank BSI. Lewat fasilitas pinjaman KUR BSI, tiap nasabah akan dapat menggunakan dana kredit yang didapat untuk berbagai macam kebutuhan. Termasuk kebutuhan investasi, konsumtif maupun modal usaha pada pelaku bisnis UMKM.

Di dalam pemasarannya, fasilitas produk pinjaman Kredit Usaha Rakya bank BSI sendiri dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu, KUR Mikro BSI, Tani BSI dan KUR Retail/Kecil. Nah sebelum kita masuk ke perincian tabel pinjaman bank BSI, tidak ada salahnya kami jelaskan satu persatu jenis pinjaman Kredit Usaha Rakyat BSI berikut ini.

  • KUR Mikro : Merupakan jenis pinjaman bank BSI yang ditawarkan dengan plafond serta tenor besar yakni sekitar Rp 5-200 juta dengan tenor maksimal sampai 60 bulan.
  • KUR Tani : Sesuai namanya, fasilitas pinjaman Bank Syariah Indonesia ini di khususkan untuk para petani di Indonesia untuk membantu dan mendukung perkembangan industri tani di tanah air.
  • KUR Retail/Kecil : Merupakan fasilitas pinjaman bank Syariah Indonesia dengan plafond maksimal Rp 500 juta dengan jangka waktu angsuran mulai dari 48 – 60 bulan.

2. KPR BSI

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah berbasis syariah juga dimiliki bank BSI. Melalui program kepemilikan rumah ini, setidaknya setiap nasabah akan bisa dengan mudah memiliki rumah impian. Salah satu jenis pinjaman KPR yang dihadirkan pertama kali sejak BSI didirikan adalah BSI Griya Hasanah dengan mengacu pada akad syariah.

Atau dengan kata lain bank BSI tidak menentukan bunga melainkan hanya mengambil margin dari pembelian rumah. Hal ini tentu saja berbeda dengan skema KPR bank konvensional yang bisa berubah-ubah setiap saat dengan fixed rate di awal masa kredit serta floating selanjutnya.

Dengan begitu, apabila kalian melakukan pinjaman KPR SYARIAH untuk mewujudkan rumah impian di bank BSI. Setidaknya kalian tidak perlu merasa khawatir dengan cicilan yang mendadak berubah dan naik karena tidak adanya kepastian suku bunga pinjaman berjalan.

3. KTA BSI

Membutuhkan pinjaman tanpa perlu menggunakan jaminan atau agunan di BSI juga bisa kalian dapatkan. Karena salah satu produk pinjaman ditawarkan BSI adalah KTA BSI bernama “Mitraguna Online BSI”. Selain bisa diajukan secara online melalui website resmi BSI maupun lewat call center BSI.

Pinjaman Mitraguna BSI sendiri memungkinkan setiap nasabah dapat melakukan pinjaman hingga Rp 100 juta rupiah. Penawaran plafond KTA BANK BSI memang tergolong besar. Dengan begitu setiap nasabah bisa memanfaatkan pinjaman ini untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Namun satu hal yang perlu diketahui yaitu, jenis pinjaman ini untuk kali pertama melakukan pengajuan. Mungkin besaran pinjaman akan di dapat hanya sebesar Rp 5 – 10 juta. Jika selama masa kredit memiliki tracking bagus, kemungkinan besar limit hingga Rp 100 juta pun akan bisa di dapat.

Plafond Pinjaman Bank BSI

Plafond Pinjaman Bank BSI

Sama halnya seperti pinjaman bank konvensional lainnya. Bank BSI juga menerapkan plafond pada setiap jenis pinjaman yang diberikan. Oleh karena itu sebelum kita masuk ke pembahasan terkait tabel angsuran bank BSI, setidaknya berikut ini adalah rincian tabel plafond pinjaman bank BSI yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Jenis PinjamanPlafond MinimalPlafond Maksimal
BSI KUR MikroRp 5.000.000Rp 200.000.000
BSI KUR TaniRp 50.000.000
BSI KUR Retail/KecilRp 500.000.000
KPR BSIRp 5 Miliar
KTA BSIRp 100.000.000

Tenor Angsuran Pinjaman Bank BSI

Tenor Angsuran Pinjaman Bank BSI

Tenor pinjaman adalah lamanya durasi atau waktu kesepakatan untuk melakukan pelunasan pinjaman. Dan di bank BSI sendiri setidaknya ada beberapa pilihan tenor pinjaman bisa kita sesuaikan dengan kemampuan. Bahkan disetiap tabel pinjaman bank BSI pun sudah disertakan detailnya. Namun jika ragu, berikut ini adalah detail tabel tenor pinjaman BSI terbaru.

Jenis Pinjaman BSITenor Angsuran
BSI KUR Mikro60 bulan
BSI KUR Tani
BSI KUR Retail/Kecil48 – 60 bulan
KPR BSI60 – 360 bulan
KTA BSI

Suku Bunga Pinjaman Bank BSI

Suku Bunga Pinjaman Bank BSI

Mengenai suku bunga, memang secara garis besar hampir semua tabel pinjaman bank BSI tidak menyertakan besaran suku bunga yang ditawarkan untuk setiap JENIS PINJAMAN BSI. Oleh karena itu, sebelum kita melihat lebih detail tabel Pinjaman bank Syariah Indonesia. Berikut detail tabel suku bunga untuk setiap jenis kredit milik bank BSI.

Jenis Pinjaman BSISuku Bunga
KUR BSI6% per tahun
KPR BSI3.3% (1 tahun pertama)10% (sampai akhir pembiayaan)

Biaya Pinjaman Bank BSI

Biaya Pinjaman Bank BSI

Kemudian hal lain juga tidak kalah pentingnya dari tabel pinjaman bank BSI adalah biaya pinjaman. Dimana sama halnya seperti pinjaman bank konvensional, BSI juga memasukkan beberapa biaya seperti administrasi dan provisi di beberapa jenis pinjaman. Untuk detailnya silahkan lihat pada tabel berikut ini.

Jenis PinjamanBiaya AdministrasiBiaya Provisi / Lainnya
BSI KUR MikroRp 150.000Sesuai ketentuan bank
BSI KUR Tani
BSI KUR Retail/Kecil
KPR BSI1% plafonUang muka / DP 15% plafonAppraisal dengan pinjaman < 1,5 miliar Gratis & pinjaman > 1,5 miliar sekitar Rp 1 – 2 juta 

Tabel Angsuran Pinjaman Bank BSI

Setelah mengetahui secara pasti beberapa tabel penjelasan pinjaman bank BSI seperti biaya, suku bunga, tenor dan plafond seperti di atas kami sampaikan. Berikut ini adalah tabel angsuran Pinjaman BSI yang bisa kalian jadikan referensi.

Tabel Pinjaman BSI Mitraguna

Tabel Pinjaman BSI Mitraguna

Tabel Pinjaman KUR BSI

Tabel-Pinjaman-KUR-Kecil-Bank-Syariah-Indonesia
Tabel-KUR-Bank-Syariah-Indonesia
Tabel-Angsuran-KUR-BSI-Retail-Rp-500-Juta
Tabel-Angsuran-Kredit-Usaha-Rakyat-Mikro

Tabel Pinjaman KPR Bank Syariah Indonesia

Tabel-Pinjaman-KPR-BSI-Griya-Hasannah

Tabel Simulasi BSI OTO Berkah

Tabel-Pinjaman-Simulasi-Kredit-OTO-BSI

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai tabel pinjaman bank BSI di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa setiap jenis pinjaman bank BSI memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri mulai dari suku bunga, plafond, serta tenor pinjamannya.

Maka dari itu, rkonline.id sarankan untuk mengunjungi kantor bank BSI terdekat jika memang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut. Atau bisa juga sampaikan pada kolom komentar di bawah.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *