12 Pinjaman Bank BSI 2021 (Jenis, Jaminan, Skema & Akad)

Pinjaman Bank BSI – Memberikan kemudahan bagi setiap nasabah sudah tentu menjadi salah satu upaya yang akan selalu diberikan lembaga perbankan. Tidak sekedar membuat nasabah mudah dalam mendapatkan pengalaman bertransaksi dengan fasilitas super lengkap.

Hampir semua bank di Indonesia termasuk didalamnya adalah bank Syariah Indonesia atau BSI. Juga turut serta memberi kemudahan bagi masyarakat dengan menyediakan berbagai macam fasilitas pinjaman. Bahkan hal tersebut merupakan tekad utama dari bank BSI.

Dengan tujuan untuk membuat para pelaku bisnis UMKM bisa terbantu dalam urusan modal usaha di saat masa pandemi seperti sekarang ini. Menjadi bank Syariah terbesar di Indonesia hasil gabungan 3 lembaga keuangan syariah yakni BRI syariah, BNI syariah & Mandiri syariah.

Setidaknya sesampainya dengan saat ini, bank BSI telah menyediakan cukup banyak fasilitas pinjaman yang bisa di gunakan setiap masyarakat untuk melengkapi kebutuhan modal kerja, usaha, ataupun kebutuhan konsumtif. Lalu, apa saja jenis pinjaman bank BSI tersebut?.

Akad Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Akad Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Mempunyai banyak fasilitas produk pinjaman yang siap membantu dengan tenor panjang, plafond tinggi serta SYARAT PINJAMAN BSI yang mudah dipenuhi. Setidaknya menjadi keunggulan dari produk pembiayaan yang di berikan lembaga keuangan Bank Syariah Indonesia.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai jenis pinjaman bank BSI. Setidaknya sebagai calon kreditur, sudah seharusnya paham serta tahu apa saja akan pinjaman syariah bank BSI. Mengingat berbeda dengan pinjaman bank konvensional seperti BRI, BCA, Mandiri, BPR dan BNI.

Fasilitas pembiayaan dan pinjaman modal kerja, usaha atau investasi milik bank BSI semuanya mengacu pada prinsip akidah syariah. Dimana perbedaan prinsip tersebut akan terlihat dari sistem / metode peminjaman. Setidaknya di bank BSI terdapat 3 akad yang dipakai dalam pinjaman syariah, dan ketiga akan tersebut yaitu:

1. Akad Al Musyarakah

Akad syariah pertama yang digunakan bank BSI yaitu Al Musyarakah. Dalam sistem akad pinjaman bank BSI ini setidaknya kedua belah pihak akan melakukan kerjasama untuk melakukan usah sesuai kemampuan masing-masing dengan landasan kesepakatan bersama.

2. Akad Mudharabah

Selanjutnya akan pinjaman bank Syariah Indonesia berikutnya adalah Mudharabah. Melalui akad ini, para pemilik modal akan memberikan pinjaman kepada nasabah guna keperluan modal usaha dengan mengacu ke waktu.

Saat waktunya sudah tiba, akan ada pembagian keuntungan sesuai kesepakatan.

3. Akad Al Muzara’ah

Metode atau akad pinjaman bank BSI berikutnya adalah Al Muzara’ah. Akad ini biasanya akan di gunakan untuk pemberian pinjaman dalam bidang pertanian yang dilakukan antara pemilik lahan dan penggarap lahan.

Sebagai gantinya, imbalan akan diberikan ke pihak penggarap lahan dengan mengacau pada persentase yang telah dihitung berdasarkan hasil panen dari lahan yang di garap.

Jenis Produk Pinjaman Bank BSI

Di atas kami singgung bahwa bank Syariah Indonesia punya banyak fasilitas produk pembiayaan serta pinjaman. Dimana hampir semua produk pinjaman yang ditawarkan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat untuk melengkapi berbagai macam kebutuhan.

Termasuk untuk keperluan konsumtif, pembiayaan kendaraan bermotor, modal usaha, investasi, maupun modal kerja yang terbagi kedalam beberapa kategori pinjaman seperti KUR, KTA, KPR dan juga Pembiayaan BSI OTO. Menariknya, BSI juga menyediakan pinjaman karyawan serta pinjaman pegawai dan pensiunan.

Lalu apa saja kiranya jenis pinjaman bank BSI tersebut?.

1. KUR BSI Kecil

KUR BSI Kecil

Jenis pinjaman bank BSI yang pertama yaitu KUR BSI Kecil. Fasilitas pinjaman ini memungkinkan kalian yang sedang mengembangkan Usaha Mikro, Kecil & Menengah atau UMKM bisa mendapatkan tambahan modal pinjaman untuk membuat usaha semakin berkembang.

Lewat fasilitas pinjaman KUR BSI Kecil setiap calon kreditur bisa mendapatkan plafond pinjaman dari Rp 50 – Rp 500 juta dengan tenor angsuran panjang. Syarat simple, bebas biaya administrasi & provisi serta cara pengajuan KUR BSI yang mudah menjadi keunggulan utamanya.

2. KUR BSI Mikro

KUR BSI Mikro

Jika KUR BSI Kecil akan lebih diperuntukkan bagi para pelaku bisnis UMKM berskala besar. Lain cerita dengan jenis pinjaman bank BSI KUR BSI Mikro. Yang mana melalui fasilitas pembiayaan ini para pelaku UMKM menengah dapat memperoleh pinjaman modal usah  dengan plafond cukup besar.

Dengan memberikan kejelasan legalitas usaha, kalian bisa mendapatkan plafond pinjaman dari Rp 10 – Rp 50 juta dengan jangka waktu cicilan cukup panjang. Bahkan bebas biaya admin & provisi serta angsuran ringan pun sudah bisa dipastikan akan kalian dapat.

Baca  10 Tabel Pinjaman Bank BSI 2021 (Plafond, Tenor, Bunga & Biaya)

3. KUR BSI Super Mikro

KUR BSI Super Mikro

Membutuhkan kucuran dana mudah, cepat dan berkah untuk menunjang keperluan usaha agar dapat berkembang?. Tentu saja bank BSI menjadi alternatif buat kalian yang sedang memerlukan guna membuat bisnis usaha UMKM yang sedang dijalani semakin meningkat.

Berbeda dari dua KUR Pinjaman bank BSI seperti yang sebelumnya kami sampaikan. Fasilitas pembiayaan KUR super mikro BSI ini hanya menawarkan plafond maksimal sebesar Rp 10 juta rupiah. Dan tentu saja angsuran ringan, bebas biaya provisi & administrasi jadi keunggulannya.

4. KPR BSI Sejahtera

KPR BSI Sejahtera

Melihat banyaknya masyarakat yang ingin segera memiliki hunian namun terkendala dengan biaya. KPR (Kredit Pemilikan Rumah) BSI Sejahtera tentu menjadi solusinya. Merupakan fasilitas pembiayaan konsumtif untuk memenuhi kebutuhan hunian subsidi pemerintah dengan prinsip syariah.

KRP BSI Sejahtera juga punya cara pengajuan yang mudah, syarat ringan, jaminan mudah serta biaya yang di butuhkan hanya sebesar Rp 500 ribu rupiah. Tentu saja membuat kalian akan bisa dengan mudah memiliki hunian bersubsidi dengan mudah dari pemerintah.

5. KPR BSI Griya Hasanah

KPR BSI Griya Hasanah

Dihadirkan sejak kali pertama bank BSI di dirikan, KPR BSI Griya Hasanah merupakan layanan pembiayaan kepemilikan rumah untuk berbagai macam kebutuhan. Termasuk pembelian rumah baru, second, ruko, apartemen, pembelian kavling siap bangun atau renovasi rumah.

Menariknya dengan skema layanan syariah serta pengajuan yang mudah, KPR BSI Griya Hasanah juga memungkinkan para nasabah dapat mengambil alih (take over) pembiayaan dari bank lain. Untuk dapat memanfaatkan layanan ini, setidaknya kalian merupakan WNI dan sudah berusia 21 tahu atau sudah menikah.

6. KPR BSI Griya Mabrur

KPR BSI Griya Mabrur

Memiliki hunian dengan mudah bahkan mendapatkan bonus porsi haji senilai Rp 25 juta siapa sih yang tidak tertarik?. Yah, itulah penawaran yang diberikan Bank Syariah Indonesia pada produk pinjaman bank BSI KPR Griya Mabrur. Hadiah porsi haji akan diberikan ketika pembayaran lancar selama 2 tahun.

Tidak saja hanya mudah dalam kelengkapan syarat serta agunan, dengan sistem syariah yang dibawanya. Fasilitas pinjaman KPR Griya Mabrur ini juga memungkinkan setiap calon nasabah bisa mendapatkan plafond pembiayaan minimal Rp 300 juta dengan tenor minimal 15 tahun.

7. KPR BSI Griya Simuda

KPR BSI Griya Simuda

Mempunyai rumah di usia muda untuk saat ini sepertinya bukan menjadi hal yang tabu. Ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pembiayaan KPR di usia muda. Salah satunya adalah KPR BSI Griya Simuda yang memungkinkan kalian mendapatkan penawaran plafond hingga 120%.

Dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman bank BSI Griya Simuda, keuntungan yang dapat diambil adalah jangka waktu atau tenor pinjaman panjang sampai 30 tahun. Dengan begitu kalian bisa memaksimalkan usia muda dengan sebaik mungkin untuk bisa memiliki hunian impian.

8. BSI Mitraguna Berkah

BSI Mitraguna Berkah

Apakah bank BSI punya pinjaman untuk karyawan? tentu saja punya. Fasilitas pinjaman BSI untuk karyawan tersebut bernama BSI Mitraguna Berkah. Diberikan khusus bagi para pegawai payroll di BSI dengan syarat mudah tanpa harus menyerahkan agunan atau jaminan.

BSI Mitraguna Berkah juga bisa kita sebut sebagai KTA BANK BSI. Pasalnya melalui produk pinjaman ini, setiap pegawai payroll BSI bias mendapatkan limit hingga Rp 2 Miliar untuk pembiayaan dokter serta Rp 1.5 Miliar untuk keperluan konsumtif bagi para pegawai.

9. BSI Multiguna Hasanah

BSI Multiguna Hasanah

Jika ditanya apakah ada fasilitas pembiayaan syariah yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan? jawabannya tentu saja ada, karena sebagai bank syariah terbesar di tanah air. BSI juga menawarkan produk pinjaman Multiguna Hasanah.

Dengan mengajukan pinjaman bank BSI Multiguna Hasanah dengan menjadikan Copy IMB, Copy SHM, Copy PBB tahun terakhir sebagai agunan. Setidaknya kredit dana pinjaman akan bisa didapat dengan mudah. Kelebihan utama produk pinjaman ini yakni angsuran tetap dan akad dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

10. BSI Oto

BSI Oto

Ingin memiliki kendaraan bermotor guna keperluan transportasi namun kalian tidak ingin terjerat dengan riba. Maka pinjaman BSI OTO bisa menjadi solusi tepat untuk hal tersebut. Dimana sesuai dengan namanya, BSI OTO merupakan layanan pembiayaan kepemilikan kendaraan jenis motor atau mobil dengan kondisi baru maupun bekas.

Sampai saat ini, setidaknya fasilitas pembiayaan bank BSI ini sudah menjalin kerjasama dengan lebih dari 13.000 ribu dealer di Indonesia. Syarat mudah, proses cepat, DP 0% serta tenor pembiayaan hingga 7 tahun dan memiliki angsuran autodebet menjadi keunggulan pinjaman bank BSI OTO ini.

11. BSI Pensiun Berkah

BSI Pensiun Berkah

Kalian merupakan pensiunan pegawai dan sedang membutuhkan dana pinjaman tunai untuk kebutuhan konsumtif, investasi, atau kebutuhan modal usaha dan kerja? Tidak perlu khawatir. Bank BSI sebagai bank syariah terbesar punya produk pinjaman BSI Pensiun Berkah yang bisa kalian jadikan sebagai pilihan.

Memanfaatkan fasilitas pembiayaan ini, setidaknya plafond pinjaman maksimal Rp 350 juta rupiah dengan tenor hingga 15 tahun serta memiliki angsuran ringan dan tetap tentu menjadi solusinya. Untuk mengajukan pinjaman BSI Pensiun berkah setidaknya SK Pensiun / Otomatis / SK Janda / SK PNS & SK Pengangkatan terakhir diperlukan sebagai jaminan.

Baca  KTA Bank BSI 2021 : Fitur, Biaya, Syarat & Cara Pengajuan

12. BSI Distributor Financing

BSI Distributor Financing

Dan jenis pinjaman bank BSI terakhir yang dapat kalian ajukan dengan mudah serta cepat lainnya adalah BSI Distributor Financing. Fasilitas kredit ini merupakan pembiayaan modal kerja yang diberlakukan dengan skema value chain.

Yang mana pembiayaan post Financing atau dana talangan untuk membayar invoice atas pekerjaan yang sudah diselesaikan akan dibayarkan terlebih dahulu oleh pihak bank BSI kepada supplier khusus pengerjaan kontrak dengan bouwheer.

Skema Pinjaman Bank BSI

Skema Pinjaman Bank BSI

Dari begitu banyaknya jenis pinjaman bank BSI yang ditawarkan seperti di atas rkonline.id sampaikan. Setidaknya fokus utama layanan pembiayaan bank BSI lebih difokuskan pada sektor KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan juga KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Bicara mengenai pinjaman bank BSI seperti sudah kami rangkum di atas. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa BSI memiliki skema pinjaman yang cukup menarik. Yang dimana jika mengacu pada situs resmi bank BSI, setidaknya saat ini Bank Syariah Indonesia punya dua skema pinjaman diberlakukan.

Kedua skema yang diberlakukan bank BSI pada semua produk pinjamannya adalah “Tanpa Aguanan” dan “Beragunan”.

Untuk bisa mengajukan pinjaman bank BSI tanpa agunan, setidaknya setiap nasabah diwajibkan untuk memiliki usaha yang sudah berjalan dalam kurum waktu minimal 24 bulan atau 2 tahun. Apabila usaha yang di lakukan belum masuk ke kriteria pinjaman bank BSI tanpa agunan.

Maka proses pengajuan tidak akan dapat dilakukan. Satu-satunya alternatif yang dapat digunakan yakni dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman beragunan. Dalam hal ini, kalian harus menyerahkan dokumen berharga untuk menjadi syarat utamanya agar pengajuan pinjaman bisa diterima.

Yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan pengajuan pinjaman beragunan di bank BSI. Maka nilai agunan atau jaminan yang digunakan harus sesuai dengan jumlah pinjaman yang dilakukan. Untuk itulah agar mudah dalam penyesuaiannya, gunakan fasilitas TABEL PINJAMAN BANK BSI sebagai gambarannya.

Jaminan / Agunan Pinjaman Bank BSI

Jaminan atau Agunan Pinjaman Bank BSI

Dari begitu banyaknya jenis pinjaman bank Syariah Indonesia seperti yang sudah rkonline.id sampaikan dan jelaskan di atas. Setidaknya ada beberapa point penting yang harus kalian pahami. Termasuk salah satunya adalah jenis jaminan atau agunan yang bisa di berikan kepada pihak bank BSI.

Mengingat tidak semua barang berharga atau barang dengan nilai harga jual tinggi bisa digunakan sebagai jaminan. Hal tersebut dikarenakan adanya batasan terkait syarat dan ketentuan dari pihak bank BSI. Oleh karena itu, selain di atas sudah kami sebutkan satu per satu jenis pinjaman bank BSI.

Lengkap dengan penjelasan, akad dan juga skema kredit angsuran di bank syariah Indonesia. Jika kalian tertarik melakukan pengajuan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan modal kerja, usaha atau keperluan konsumtif dan lain sebagainya. Maka mengetahui jenis agunan / jaminan pun menjadi hal penting.

Oleh karena itu, di bawah ini akan kami buatkan daftar jaminan atau agunan yang bisa dimanfaatkan sebagai syarat mengajukan pinjaman di bank BSI. Dan berikut ini adalah beberapa berkas dokumen agunan atau jaminan yang bisa digunakan di bank BSI.

  • BPKB Motor.
  • BPKB Mobil.
  • Dokumen SHM (Sertifikat Hak Milik).
  • Dokumen SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).
  • AJB/Letter C.
  • Cash Collateral.
  • Sertifikat tanah, rumah, ruko, gudang, atau gedung.
  • Logam mulia.
  • SK (Surat Keputusan) Pegawai.
  • SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang).
  • Dokumen IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

Jika ingin mengajukan pinjaman bank BSI untuk kebutuhan modal usaha atau keperluan kepemilikan rumah dan lain sebagainya. Pastikan untuk menggunakan dokumen-dokumen di atas sebagai jaminan atau agunan yang akan kalian pakai. Karena selain dokumen di atas bank BSI tidak akan menerimanya.

Call Center Bank BSI

Call Center Bank BSI

Demikian kiranya penjelasan lengkap terkait jenis pinjaman bank BSI, akad, skema dan juga jenis dokumen jaminan atau agunan yang bisa digunakan ketika ingin melakukan pengajuan pinjaman di bank Syariah Indonesia. Apakah sudah cukup jelas?. Silahkan bagi yang ingin MENGAJUKAN PINJAMAN BANK BSI lengkapi terlebih dahulu persyaratannya.

Jika memang masih ada pertanyaan terkait fasilitas produk dari bank BSI. Kami sarankan untuk segera mendatangi kantor bank BSI terdekat atau tanyakan langsung ke pihak customer service melalui layanan call center bank BSI di :

  • Telepon : 14040
  • Email : contactus@bankbsi.co.id
  • Facebook : @bankBSI.ID
  • Twitter : @Bankbsi__id
  • Instagram : @banksyariahindonesia
  • Live Chat : https://www.bankbsi.co.id/

Kesimpulan

Setelah menjelaskan secara lengkap dan detail semua produk pinjaman bank BSI di atas. Bisa kami ambil kesimpulan bahwa bank BSI yang notabenya merupakan bank baru tergolong sudah cukup lengkap dalam memberikan pelayanan pinjaman untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

Ada cukup banyak pinjaman bisa digunakan dengan syarat, fitur, fungsi, serta plafond dan tenor besar dan panjang. Bahkan kalian bisa menyesuaikan jenis pinjaman sesuai dengan keperluan. Sekian dan semoga apa yang sudah rkonline.id sampaikan bisa menjadi referensi menarik.

5/5 - (1 vote)

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *