5 Pinjaman BPR Tanpa BI Checking 2021, Syarat & Cara Pengajuan

Pinjaman BPR Tanpa BI Checking – Seiring berjalannya waktu, mencari pinjaman atau kredit tanpa Bi Checking bukanlah hal yang mustahil. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya saat ini sudah tersedia cukup banyak Bank Perkreditan Rakyat atau BPR yang menyediakan fasilitas tersebut.

Seperti diketahui, seseorang yang mempunyai riwayat pinjaman buruk sudah dipastikan susah untuk mendapatkan pinjaman karena datanya terekam di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Jika riwayat pinjamannya buruk, maka pengajuan atau permohonannya pasti akan ditolak.

Untungnya, saat ini beberapa lembaga BPR di Indonesia sudah menyediakan layanan kredit kepada nasabah tanpa adanya BI Checking sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif apabila sedang dalam keadaan mendesak. Akan tetapi, tentunya setiap pihak BPR memiliki syarat dan ketentuan mengenai produk pinjamannya tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan pinjaman tanpa BI Checking di Bank Perkreditan Rakyat, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenisnya. Nah, kali ini kami akan memberikan daftar rekomendasi pinjaman BPR tanpa BI Checking dilengkapi fitur dan prosedur pengajuannya.

Seputar BI Checking

Seputar BI Checking

Sebelum pembahasan daftar rekomendasi pinjaman BPR tanpa Bi Checking berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu seputar BI Checking. Secara garis besar, BI Checking merupakan data laporan debitur yang berasal dari Pelapor Sistem informasi Debitur atau biasa disebut SID.

Dimana tujuan BI Checking yaitu memastikan bahwa calon debitur yang hendak mengajukan pinjaman tidak memiliki riwayat atau skor kredit buruk pada pinjaman sebelumnya. Nah, salah satu Pelapor SID di Indonesia sendiri yaitu Bank Perkreditan Rakyat atau BPR.

Daftar Pinjaman BPR Tanpa BI Checking

Seperti dijelaskan sebelumnya, hingga kini sebenarnya sudah tersedia cukup banyak daftar pinjaman yang tawarkan oleh BPR tanpa adanya BI Checking. Tentunya produk pinjaman tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam keadaan mendesak apabila mereka memiliki riwayat buruk di BI Checking.

Namun, saran kami sebaiknya utamakan BPR yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK supaya pinjaman tidak menimbulkan risiko besar. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik beberapa daftar rekomendasi pinjaman BPR tanpa BI Checking di bawah ini.

1. Universal BPR

Universal BPR

Rekomendasi kredit Bank Perkreditan Rakyat tanpa BI Checking pertama buat kalian yaitu berasal dari Universal BPR. Universal BPR menawarkan fasilitas pinjaman multiguna kepada nasabahnya dengan plafon mencapai Rp 10 miliar serta tenor minimal 6 bulan dan maksimal 10 tahun.

Syarat utama agar pinjaman tanpa BI Checking tersebut dapat diterima dan disetujui yaitu calon debitur wajib melampirkan jaminan sertifikat rumah berupa SHM atau SHGB. Menariknya lagi, layanan pinjaman Universal BPR bisa diajukan secara online serta dana bisa cair dalam kurun waktu 3 hari saja.

2. BPR Nusa

BPR Nusa

BPR Nusa juga termasuk ke dalam deretan penyedia pinjaman terbaik tanpa BI Checking selanjutnya. Dimana BPR Nusa menawarkan produk kredit multiguna tanpa BI Checking kepada para nasabahnya dengan syarat jaminan BPKB motor, BPKB Mobil ataupun sertifikat rumah.

BPR Nusa menyediakan plafon pinjaman minimal Rp 50 juta dengan jangka waktu angsuran atau tenor mulai dari 12 bulan sampai 60 bulan. Akan tetapi, produk pinjaman tanpa BI Checking tersebut hanya melayani nasabah di daerah Jakarta, Bandung, Bandung Barat, Cianjur serta Cimahi saja.

3. BPR Kertamulia

BPR Kertamulia

BPR Kertamulia menawarkan fasilitas kredit kepada nasabah tanpa survey atau SLIK (BI Checking) khusus untuk jaminan BPKB motor. BPR Kertamulia memberlakukan sistem perhitungan suku bunga flat per bulan sebesar 2.5% untuk plafon kurang dari Rp 5 juta serta 2.1% untuk plafon lebih dari Rp 5 juta.

Sementara untuk jangka waktu angsurannya sendiri sebenarnya cukup fleksibel, yaitu minimal 12 bulan dan maksimal 60 bulan. Perlu diingat, BPR Kertamulia juga memiliki ketentuan mengenai biaya administrasi Rp 300 ribu (<Rp 5 juta) serta Rp 400 ribu (> Rp 5 juta).

4. BPR DBL

BPR DBL

BPR Danaberkah Lestari juga menawarkan fasilitas pinjaman multiguna tanpa BI Checking kepada nasabahnya dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat tanah dan bangunan. Fasilitas kredit BPR DBL sebenarnya hampir mirip seperti KREDIT TANPA AGUNAN karena bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Adapun beberapa kebutuhan tersebut diantaranya yaitu seperti biaya renovasi rumah, pernikahan, pendidikan, pengobatan, modal usaha, Umroh dan Haji, take over serta kebutuhan finansial lainnya. Terlebih lagi plafon pinjaman BPR DBL tergolong cukup besar, yaitu bisa mencapai Rp 1 miliar.

5. BPR Lestari

BPR Lestari

Rekomendasi pinjaman BPR tanpa BI Checking berikutnya buat kalian yaitu berasal dari BPR Lestari. BPR Lestari menawarkan kredit multiguna kepada nasabah dengan persyaratan mudah, proses cepat serta sudah dilengkapi perlindungan asuransi.

BPR Lestari juga sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terjamin tingkat keamanannya. Nasabah bisa mengajukan pinjaman maksimal Rp 1 miliar dengan jangka waktu angsuran paling lama 10 tahun.

Syarat Pengajuan Pinjaman BPR Tanpa BI Checking

Syarat Pengajuan Pinjaman BPR Tanpa BI Checking

Setelah mengetahui daftar rekomendasi pinjaman BPR tanpa BI Checking, selanjutnya kalian juga harus mengeri bagaimana tata cara pengajuannya. Namun, sebelum melanjutkannya alangkah baiknya pahami terlebih dahulu beberapa syarat pengajuan pinjaman di BPR berikut ini.

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi akta nikah (bagi yang sudah menikah).
  • Fotokopi KK.
  • Fotokopi slip gaji.
  • Sertifikat jaminan seperti BPKB kendaraan atau surat kepemilikan rumah.

Cara Pengajuan Pinjaman BPR Tanpa BI Checking

Cara Pengajuan Pinjaman BPR Tanpa BI Checking

Umumnya pengajuan fasilitas kredit tanpa jaminan di BPR dilakukan secara offline melalui kantor cabangnya. Ketika hendak mengajukan pinjaman tersebut, nasabah diwajibkan memenuhi semua syarat beserta ketentuan yang diberlakukan oleh BPR terkait.

Selain itu, jika memang terdapat biaya administrasi di dalam pengajuan pinjaman, maka nasabah juga harus membayarnya. Setelah pengajuan pinjaman disetujui, jangan lupa untuk selalu tepat membayar angsurannya setiap bulan supaya terhindar dari denda ataupun sanksi keterlambatan.

Kesimpulan

Dari informasi di atas bisa diambil kesimpulan bahwa daftar kredit tanpa BI Checking sudah tersedia di beberapa pihak Bank Perkreditan Rakyat. Akan tetapi, tentunya setiap BPR memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing dan pastinya harus dipenuhi oleh seluruh calon debitur.

Itulah sekiranya penjelasan seputar daftar pinjaman BPR tanpa BI Checking terbaik di Indonesia mulai dari fitur, bunga, biaya hingga prosedur pengajuannya versi Rkonline.id. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman di Bank Perkreditan Rakyat.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *