10 Kelemahan Pinjaman Rekening Koran & Kelebihan PRK Wajib Tahu!

Kelemahan Pinjaman Rekening Koran – Butuh pinjaman modal untuk melanjutkan usaha? tenang saat ini ada begitu banyak jenis pinjaman yang dapat kita manfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Tidak terkecuali untuk kebutuhan modal kerja dan usaha.

Hampir semua bank di Indonesia memiliki fasilitas pinjaman yang memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan tambahan modal. Dimana selain menawarkan fasilitas KUR atau Kredit Usaha Rakyat, ada juga produk PINJAMAN KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Namun tahukah kalian bahwa beberapa lembaga perbankan ada juga yang menawarkan pinjaman rekening koran atau mungkin lebih di kenal dengan sebutan pinjaman PRK. Apakah kalian sudah pernah mendengar fasilitas pinjaman satu ini?.

Jika baru pertama kali mendengar, maka tepat sekali kalian berada di sini, karena sesuai dengan judul di atas. Kami akan menjelaskan apa itu pinjaman rekening koran (PRK) seta kelebihan dan kelemahan pinjaman rekening Koran yang harus kalian pahami.

Apa Itu Pinjaman Rekening Koran?

Apa Itu Pinjaman Rekening Koran

Mungkin dari sekian banyak nasabah perbankan masih ada yang belum mengetahui apa itu pinjaman PKR. Pinjaman rekening koran atau PRK adalah fasilitas pinjaman jangka pendek untuk bisa nasabah manfaatkan guna keperluan produktif dan bersifat fluktuatif serta revolving.

Dimana, penarikan dananya dapat dilakukan sesuai kebutuhan debitur baik akan dilakukan sebagian maupun seluruhnya dengan memanfaatkan cek, bilyet giro atau channer transaksi elektronik lain yang sebelumnya sudah di sepakati oleh pihak nasabah maupun bank.

Dari penjelasan singkat di atas, setidaknya konsep dan karakternya hampir sama seperti Kartu Kredit. Hanya saja jika kartu kredit dapat kita gunakan tanpa harus menggunakan agunan. Untuk pinjaman rekening koran ini mengharuskan kita untuk menggunakan jaminan contohnya SHM rumah atau dokumen lain.

Berbeda dengan KUR maupun KTA, pinjaman rekening koran punya tenor atau jangka waktu maksimal bisa disepakati yaitu 1 tahun atau 12 bulan. Namun seperti di atas kami sampaikan, kalian bisa memperpanjang jangka waktu jika sudah habis dengan menghubungi pihak bank.

Kelebihan Pinjaman Rekening Koran

Kelebihan Pinjaman Rekening Koran

Bicara mengenai pinjaman rekening koran atau PRK. Setidaknya setelah kalian tahu apa yang dimaksud PRK seperti di atas kami sampaikan, sebelum melakukan pengajuan kredit, sebaiknya kenali dulu kelemahan serta kelebihan pinjaman rekening koran agar tidak salah persepsi.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan pinjaman rekening koran yang sudah pasti kalian dapatkan.

  1. Memiliki sifat fleksibel dan memungkinkan kreditur bisa mengajukan pinjaman kapanpun dibutuhkan, bahkan guna keperluan sehari-hari.
  2. Bagi kalian para pebisnis pemula, maka fasilitas pinjaman ini sangatlah cocok untuk digunakan asal kalian sudah paham dengan konsep pinjaman ini.
  3. Selain itu bunga pinjaman hanya dihitung dari kredit digunakan.
  4. Suku bunga sangat kompetitif.
  5. Bisa digunakan kapanpun kalian butuhkan tanpa memberi tahu pihak bank lebih dahulu.

Kelemahan Pinjaman Rekening Koran

Kelemahan Pinjaman Rekening Koran

Setelah memahami apa saja kelebihan di tawarkan pinjaman rekening koran, berikut adalah beberapa kelebihan pinjaman rekening koran yang harus kalian ketahui sebelum menggunakannya.

1. Hanya Bisa Digunakan Untuk Usaha Tertentu

Kelemahan pertama yaitu tidak semua nasabah bank dapat memanfaatkan fasilitas kredit ini. Karena bank hanya memberikan modal pinjaman rekening Koran untuk jenis-jenis usaha tertentu. Sebagai contoh bagi para pelaku usaha pertanian yang pengembalian kreditnya dapat disesuaikan dengan masa panen.

2. Penalti Penutupan Kredit

Jika pada PINJAMAN BPR atau pinjaman KUR pada umumnya penalti akan di berikan ketika melakukan keterlambatan pembayaran angsuran. Namun beda dengan pinjaman rekening koran. Dimana penalti justru di bebankan ketika nasabah membayar sebelum tenor selesai.

3. Ditolaknya Cek / Giro Saat Plafon Mencapai Limit

Saat limit kredit atau plafon masih tersedia, setiap nasabah dapat menarik pinjaman dengan mudah baik memakai cek maupun giro. Namun ketika limit plafon pinjaman dimiliki sudah habis, kredit pinjaman akan otomatis di tolak.

4. Riwayat Pembayaran Tercatat di BI Checking

Apabila kalian terlalu sering melakukan penalti atau bahan gagal bayar dan membuat pembayaran tertunda. Maka catatan kredit langsung terbaca oleh BI Checking. Ini menjadi salah satu kelemahan pinjaman rekening koran harus di waspadai. Mengingat report merah di BI Checking akan membuat pengajuan pinjaman sulit.

5. Resiko Gagal Bayar Besar

Walau secara sistem kalian hanya perlu melakukan pembayaran bunga bulanan, akan tetapi pembayaran juga bisa gagal. Terutama ketika kondisi keuangan saat itu sedang menurun dan membuat sulit membayar. Tentu saja ini menjadi salah satu kelemahan PRK.

6. Pinjaman Harus Dibayar di Akhir Tenor

Dan resiko atau kelemahan terakhir pinjaman rekening koran yaitu, semua pinjaman harus kalian bayar di akhir tenor. Jika tidak penalti tentu akan diberikan dan report BI Checking akan semakin buruk.

Bagi sebagian orang dengan keuangan stabil ini bukan menjadi masalah tapi bagi para kreditur dengan keuangan tidak stabil akan menghambat pembayaran dan membuat cap merah di bank.

Kesimpulan

Mengacu pada pembahasan singkat di atas, setidaknya kelebihan dan kelemahan di atas menjadi poin plus dan minus tersendiri. Jika memang sudah mantap memanfaatkan pinjaman ini. Maka pastikan dulu tahu karakteristik, bunga dan kekurangannya.

Karena seperti pada penjelasan kelemahan di atas, setidaknya baik pembayaran gagal maupun terlalu cepat membayar sebelum tenor habis akan ada denda atau penalti. Buruknya lagi salah satu kelemahan paling menakutkan yakni semua riwayat akan langsung masuk ke BI Checking.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *