√ Password Mesin EDC BRI, BCA, BNI, Mandiri, Settlement 2022

Password Mesin EDC – Penggunaan mesin EDC ataupun sering dikenal dengan Electronic Data Capture memang sudah sering dijumpai dalam transaksi sehari hari. Ketika menggunakan mesin EDC keamanan memang jadi prioritas utama supaya tidak mudah kecolongan ataupun diretas. Oleh karena itu tiap mesin EDC dibekali password sebagai alat keamanannya.

Contohnya password settlement EDC BRI dimana wajib dimasukkan sebelum dilakukan penyelesaian transaksi. Sebelumnya kami juga sudah membahas mengenai kode function mesin EDC CIMB Niaga dimana menggunakan password untuk mengakses beberapa fiturnya. Setiap mesin EDC dari Bank penerbit akan memiliki password bawaan yang berbeda beda sehingga mungkin membingungkan sebagian orang.

Citayam

Meskipun seri mesin EDC sama namun seringkali dijumpai password berbeda bergantung kepada lembaga perbankan yang menerbitkannya. Pada dasarnya EDC password akan terdiri dari 4 angka dengan susunan unik dimana wajib dimasukkan secara benar supaya transaksi dapat dijalankan. Selain itu adanya password juga mampu melindungi beberapa fitur seperti misalnya reversal, void, bahkan sampai fasilitas pengecekan.

Secara langsung mesin EDC memang mendukung berbagai jenis transaksi non tunai dimana ketika menggunakan fiturnya dibutuhkan akses password. Tingkat keamanan password memang sudah menjadi standar dari tiap lembaga perbankan, dimana pengguna akan diberikan akses ketika sudah resmi terdaftar.

Fungsi Password EDC

Password memang sangat penting dalam kegiatan transaksi karena mampu melindungi data dari penjual maupun pembeli. Terlebih pengiriman uang juga akan lebih terkontrol karena tidak sembarangan orang mengerti untuk mengakses mesin EDC. Penggunaan password juga sudah disesuaikan dengan masing masing lembaga perbankan.

Pada dasarnya memang pengguna bisa request juga membuat password sendiri, namun kesulitannya adalah ketika berganti perangkat ataupun terjadi kerusakan. Karena passwordnya tidak unversal maka akan ada pengaturan tambahan yang hanya dapat diakses oleh pihak bank. Jadi sebaiknya gunakan saja sandi default atau standarnya.

Kegunaan dari password memang cukup krusial karena berkaitan erat dengan akses sebuah transaksi. Jadi pengguna tidak dapat sembarangan mengakses fitur, karena wajib memasukkan password terlebih dahulu. Berikut ini fungsi dasar dari password EDC yang wajib untuk kalian ketahui.

  • Melindungi informasi dari tiap transaksi yang dilakukan.
  • Mampu mengunci fitur tertentu sehingga tidak dapat mudah diakses oleh sembarang orang.
  • Mampu membatasi terjadinya peretasan.
  • Mengkonfirmasi sebuah transaksi ataupun pembayaran.
  • Mengakses beberapa fitur yang dilindungi.
  • Melakukan settlement pembayaran.
  • Mengkonfirmasi pembatalan transaksi.
  • Autentifikasi untuk melihat riwayat transaksi.

Password Mesin EDC

Pada dasarnya password mesin EDC memang layaknya PIN dimana untuk autorisasi perintah ataupun transaksi yang dilakukan oleh pengguna. Kini ada cukup banyak merek mesin EDC yang dipakai seperti Ingenico, PAX, Verifone dan Nexgo. Masing masing merek mesin EDC biasanya disediakan berikut bundling dengan sistem perbankannya.

Meskipun ada merek mesin EDC yang sama namun bisa saja berbeda passwordnya karena ditentukan sepenuhnya oleh pihak Bank. Secara umum mesin EDC akan menggunakan password default atau standar yang sudah diberikan dari lembaga perbankan. Untuk tiap password mesin EDC silahkan kalian simak informasinya sebagai berikut.

password settlement edc

1. Password Mesin EDC BRI

Pertama adalah password EDC BRI dimana dapat dijumpai pada berbagai merchant mulai toko makanan, restoran, cafe, toko baju dan lain sebagainya. Jenis EDC BRI yang sering dipakai meliputi Verifone VX 520, Verifone VX 675, Verifone X990, Ingenico IWL 220, IngenicoMove/2500, Ingenico ICT220, PAX S800 serta PAX S900.

Setiap perangkatnya akan memiliki password berbeda beda sehingga jangan sampai salah dalam menggunakannya. Password dapat digunakan ketika settlement, mengakses transaksi, membatalkan pembayaran serta masih banyak lainnya.

MesinPassword Mesin EDC BRI
Verifone VX 520, C680274653, 991070, 997513, 59357, 993045
Verifone VX 675141312
PAX S80,S800, S9004560, 000000
Ingenico Move/2500991070, 997513

2. Password Mesin EDC BCA

Berikutnya adalah sandi untuk mengakses fitur di EDC BCA. Secara langsung kalian dapat memasukkan kode 3636 untuk hampir semua jenis mesin. Pada dasarnya Bank BCA memang menyamakan passwordnya, cukup berbeda dengan Bank BRI dimana bervariasi tergantung perangkat yang digunakan.

MesinPassword
Ingenico Move/35003636
Ingenico ICT2203636

3. Password EDC BNI

Ketika memiliki EDC BNI kalian juga dapat mengakses semua fitur maupun transaksinya cukup dengan memasukkan sandi 0000. Hal ini berlaku untuk hampir keselutuhan mesin EDC BNI sehingga dapat dengan mudah dihafal dan juga digunakan.

MesinPassword
Verifone C6800000
Ingenico Move/25000000

4. Password EDC Mandiri

Terakhir adalah mesin EDC Mandiri dimana menggunakan sandi berbeda yaitu 1400. Sebagai pengguna memang cukup mudah menghafalnya kemudian memakainya untuk berbagai jenis transaksi. Hampir semua jenis merek mesin EDC Mandiri memakai kode yang sama sehingga tidak bingung jika harus berganti perangkat.

MesinPassword
Ingenico Move/25001400
Ingenico IWL 2201400

Kesimpulan

Secara langsung pengguna mesin EDC akan mendapatkan proteksi karena tidak sembarang orang dapat mengakses fitur didalamnya. Kemudian untuk kebutuhan konfirmasi ataupun autentifikasi juga sangatlah penting. Dalam penggunaan kode function mesin EDC BRI misalnya, dimana pengguna harus memasukkan password untuk dapat membuka fitur tertentu.

Selain itu password juga akan membuat transaksi dapat dikonfirmasi secara cepat. Jadi ketika terjadi settlement pihak bank dapat dengan mudah membayarkan penghasilan kepada merchant atau pemilik EDC dalam periode harian. Demikian pembahasan dari kami, semoga kalian dapat dengan mudah mengetahui password dari tiap EDC Bank.

gambar : google.com, rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles