Kode MT99 Pada BRImo: Penyebab & Mengatasi Transaksi Gagal

Kode MT99 Pada BRImo – Pengguna aplikasi BRImo memang sangat banyak di Indonesia, masalah yang dihadapi pun juga berbeda beda. Belakangan ramai perbincangan mengenai kode MT99 pada BRImo dimana membuat penggunanya mengalami transaksi gagal. Tentunya transaksi gagal kode MT BRImo bisa muncul kapan saja sehingga membuat banyak orang ingin tahu penyebab serta cara mengatasinya.

Pada dasarnya aplikasi BRImo menawarkan banyak fitur keuangan yang memudahkan pemenuhan kebutuhan nasabah BRI setiap harinya. Kadang banyak istilah yang kurang dimengeri, misalnya arti span dalam transaksi Bank BRI. Demikian pula ketika muncul kode pada BRImo juga membuat banyak orang ingin tahu apa sebabnya.

Sebagian orang juga kawatir akun BRImo mereka bermasalah atau bahkan sampai terblokir karena terlalu banyak percobaan. Namun nyatanya kalian tidak perlu kawatir karena munculnya pesan kesalahan disebabkan karena aplikasinya. Jadi untuk akun kalian bisa tetap aman kemudian digunakan kembali sesuai dengan kebutuhannya.

Pada aplikasi BRImo seringkali kodenya muncul, hal ini juga dapat terjadi pada semua pengguna kapanpun waktunya. Terlebih seringkali kode muncul ketika melakukan aktivitas transfer dimana dianggap penting banyak orang. Oleh karena itu kamu wajib tahu apa arti, penyebab serta bagaimana langkah mengatasinya.

Apa itu Kode MT 99 BRImo?

Kode MT99 pada BRImo adalah pesan yang muncul ketika pengguna aplikasinya gagal melakukan transaksi. Paling sering kode MT99 tampil ketika pengguna transfer uang baik ke sesama rekening BRI ataupun Bank lainnya.

Ketika muncul pesan transaksi gagal maka secara otomatis BRImo tidak akan meneruskan aktvitas penggunanya. Jadi kalian dapat secara langsung mengulangi transaksinya supaya dapat berhasil. Namun karena penyebab tertentu membuat percobaan yang dilakukan tetap gagal kemudian menampilkan kode MT99.

Sebagai pelanggan memang cukup menyebalkan, terlebih ketika membutuhkan transfer cepat dan sangat penting. Kemudian untuk pesan yang muncul teks berwarna putih dengan background merah dengan tulisan sebagai berikut.

Transaksi gagal (Kode : MT99)

Kode MT99 memang hanya dijumpai pada aplikasi BRImo, untuk internet banking menggunakan pesan yang berbeda demikian pula dengan mesin ATM. Oleh karena itu kamu wajib tahu apa artinya, faktor penyebab serta bagaimana langkah penanganan yang sesuai.

Penyebab Transaksi Gagal Kode MT99 BRImo

Terdapat beberapa penyebab mengapa transaksinya bisa gagal dimana wajib untuk kalian tahu. Sebagai pengguna memang tak perlu kawatir karena akun maupun data didalam aplikasi BRImo akan tetap aman. Hal tersebut karena sumber masalahnya adalah dari sisi aplikasi BRImo yang mengalami gangguan dan masih dapat diselesaikan.

Dengan mengetahui penyebab munculnya kode MT99 kamu bisa dengan mudah mengambil langkah yang tepat. Selain itu kamu juga dapat meminta bantuan kepada call center jika memang tak dapat menanganinya sendiri. Berikut beberapa faktor munculnya kode MT99 pada BRImo.

  • Koneksi internet dari perangkat bermasalah sehingga tidak bisa terhubung ke server BRImo.
  • Adanya maintenance atau pemeliharaan aplikasi BRImo dimana akan memakan waktu beberapa saat.
  • Kesalahan memasukkan Bank tujuan yang tidak sesuai dengan nomor rekening baik sesama ataupun antar bank.
  • Kesalahan memasukkan nomor rekening tujuan.
  • Masalah dari aplikasi BRImo misalnya cache ataupun tidak update.

Setidaknya ketika tahu semua faktor penyebabnya kamu bisa mengambil penanganan dengan cepat. Selain itu semua penyebab diatas dapat terjadi pada semua pemilik akun BRImo sehingga wajib diwaspadai.

Cara Mengatasi Kode MT99 Pada BRImo

Lantas bagaimana cara mengatasi kode MT99 pada BRImo? Sebenarnya paling simplenya pengguna dapat melakukan percobaan ulang dan umumnya berhasil. Namun beberapa diantaranya harus mencobanya beberapa kali.

Saat terjadi BRImo transaksi gagal kode MT99 kamu memang dapat memeriksa dari mulai koneksi, informasi rekening bank bahkan sampai aplikasinya. Agar tidak bingung silahkan ikuti beberapa cara mengatasi kode MT99 pada BRImo dibawah ini.

1. Cek Koneksi Internet

Paling penting kamu bisa langsung cek koneksi internet karena BRImo bekerja secara online. pastikan koneksinya stabil agar dapat dengan mudah melakukan berbagai jenis transaksi. Ketika memang koneksi dari HP kurang cepat maka bisa diganti dengan Wifi atau tethering.

2. Periksa Tujuan Transfer

Supaya kode MT99 pada BRImo tidak muncul kamu harus dengan benar memilih Bank tujuan transfer dan memasukkan nomor rekening penerimanya. Saat ada kesalahan maka transfer tidak dapat dilakukan dan muncul kode MT99. Jadi cek dengan benar apakah rekening tujuannya sudah sesuai.

3. Coba Ulangi Transfer

Begitu mengalami kode MT99 pada BRImo sekali maka kamu bisa langsung mencoba transaksi ulang. Silahkan lakukan lagi transaksinya, biasanya akan berhasil, namun jika tidak bisa jadi BRImo memang sedang gangguan sehingga harus menunggu sampai normal.

4. Hapus Cache

Terkadang sumber masalahnya adalah dari cache menumpuk di aplikasi BRImo dimana harusnya dibersihkan. Karena file sampah sedikit banyaknya akan mempengaruhi kinerja aplikasinya. Bagi pengguna Android ataupun iOS bisa menghapus cachenya supaya aplikasinya berjalan normal kembali.

  • Android: Pengaturan ↦ Aplikasi ↦ BRImo ↦ Penyimpanan ↦ Hapus Cache ↦ OK
  • iOS: Pengaturan ↦ Umum ↦ Penyimpanan iPhone ↦ BRImo ↦ Hapus Cache ↦ OK

5. Kontak Call Center

Terakhir ketika kode MT99 pada BRImo selalu muncul dan tidak bisa diatasi maka kalian bisa minta bantuan kepada call center. Selain itu kamu juga dapat mendatangi kantor BRI terdekat untuk mendapatkan pelayanan secara langsung.

  • Call: 14017 atau 1500017
  • Email: callbri@bri.co.id

Kesimpulan

Layaknya transfer via TRFHMB artinya apa kadang pengguna tidak mengetahui pesan yang muncul pada aplikasi ataupun fasilitas perbankan BRI lainnya. Setidaknya dengan penjelasan kode MT99 pada BRImo kamu tidak perlu merasa was was karena sumber permasalahannya memang dari gangguan perangkat serta aplikasinya.

Jadi percobaan kembali merupakan cara paling mudah untuk dilakukan. Berikutnya kamu bisa mencoba cara lain untuk mengatasi kode MT99 pada BRImo. Ketika masalahnya tidak selesai bisa kontak call center atau datang kekantor BRI.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles