Octo Mobile Tidak Bisa Login: Penyebab & Cara Mengatasi

Octo Mobile Tidak Bisa Login – Saat ini hampir semua lembaga perbankan sudah menawarkan fasilitas transaksi cukup mudah. Mulai dari kartu ATM, SMS banking hingga Mobile Banking yang berupa aplikasi smartphone baik untuk perangkat android maupun iOS.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengalaman para nasabah dalam hal bertransaksi baik finansial maupun non finansial. Langkah tersebut juga kini sudah mulai di lakukan oleh bank CIMB Niaga dengan merilis Octo Mobile sebagai mobile banking mereka.

Citayam

Hampir sama seperti layanan mobile banking pada umumnya. Untuk menggunakan Octo Mobile, setidaknya kalian harus sudah melakukan registrasi dan aktivasi di kantor bank CIMB Niaga terdekat. Tujuan utamanya untuk memperoleh username / user id dan juga password login.

Setelah mendapatkan data tersebut kalian pun sudah bisa login untuk mengakses semua fitur yang tersedia. Hanya saja tidak sedikit dari nasabah justru mengeluhkan bahwa Octo Mobile tidak bisa login saat mereka ingin menggunakannya. Lantas kenapa dan bagaimana solusinya?.

Tentang Octo Mobile

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi octo mobile tidak bisa login. Mungkin ada dari kalian masih belum paham atau belum tahu tentang octo mobile itu apa. Jadi disini akan kami jelaskan lebih dulu pengertiannya.

Octo Mobile merupakan sebuah platform aplikasi mobile banking yang dikembangkan langsung oleh pihak CIMB Niaga. Dimana sebelum menjadi octo mobile, namanya dulu adalah Go Mobile. Revolusi Go Mobile menjadi Octo Mobile sendiri bertujuan khusus.

Dimana melalui produk terbarunya ini CIMB Niaga ingin memberikan penawaran lebih kepada setiap nasabah untuk bisa mendapatkan pengalaman menarik, seru sekaligus fungsionalitas yang lebih sempurna dengan di tambahkan berbagai macam menu unggulan di dalamnya.

Bahkan disebutkan pula bahwa melalui Octo Mobile, setiap nasabah akan dapat melakukan transaksi dengan mudah, cepat, simple dan juga menyenangkan. Urusan keamanan jelas menjadi prioritas dari CIMB Niaga agar setiap transaksi jauh lebih aman.

Berbagai macam fitur unggulan seperti yang sudah rkonline.id katakan di atas terdiri dari:

  • Kemudahan transfer sesama rekening / antar bank.
  • Cek saldo lebih praktis dan mudah.
  • Cek mutasi lebih simple.
  • Dilengkapi fitur transaksi cashless melalui Scan QR dengan empat pilihan sumber dana
    1. Rekening Ponsel
    2. Tabungan
    3. Kartu kredit
    4. Poin Xtra
  • User interface semakin simple dan sangat user-friendly.
  • Fitur untuk dapat mengubah langsung transaksi kartu kredit (minimum Rp300) menjadi cicilan 0% untuk 3, 6, hingga 12 bulan.
  • Fitur cek tagihan kartu kredit hingga 6 bulan terakhir.
  • Fitur ubah PIN.
  • Fitur blokir / buka blokir kartu.
  • Fitur untuk membuka tabungan syariah.
  • Kemudian ada pula fitur Syariah lain seperti Donasi, Zakat, Deposito Syariah, dll.

Penyebab Octo Mobile Tidak Bisa Login

Dengan banyaknya fitur yang sudah kami sebutkan di atas tidak heran apabila banyak nasabah CIMB Niaga ingin memiliki layanan Octo Mobile. Namun kembali ke pembahasan utama, meski dapat dikatakan merupakan platform yang super lengkap untuk kebutuhan perbankan.

Sangat disayangkan tidak sedikit keluhan pengguna yang mengatakan bahwa octo mobile tidak bisa login. Pertanyaannya, apa sih sebenarnya penyebab tidak bisa login ke akun octo mobile?. Untuk kalian yang bertanya-tanya, berikut beberapa penyebab utamanya.

  • Server octo mobile sedang mengalami gangguan / sedang dalam proses maintenance
  • Koneksi internet yang digunakan kurang bagus / tidak stabil.
  • Masih menggunakan versi aplikasi Octo Mobile lama / bahkan masih memakai Go Mobile.
  • Cache dari aplikasi Octo Mobile sudah terlalu banyak dan menumpuk.
  • Salah memasukkan username & password sebanyak 3 kali / diblokir.
  • Akun di blokir / dibekukan oleh pihak bank karena dianggap memiliki transaksi mencurigakan.

Cara Mengatasi Octo Mobile Tidak Bisa Login

Nah dari penjelasan singkat apa saja penyebab masalah octo mobile tidak bisa login di atas. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa ada banyak metode / cara yang bisa digunakan untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Dimana jika sebelumnya rkonline.id sudah membahas mengenai detail biaya octo mobile, berikut ini adalah panduan lengkap solusi untuk cara mengatasi octo mobile tidak bisa login yang bisa kalian coba lakukan dan ikuti.

1. Restart HP

Hampir sama halnya dengan cara mengatasi masalah M Banking BCA Error 103 yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan. Salah satu cara paling mudah dan simple untuk dapat mengatasi error octo mobile tidak bisa login yakni dengan restart HP digunakan.

Dengan cara ini setidaknya apabila terdapat crash pada file sistem di aplikasi ataupun di file sistem OS digunakan yang menyebabkan octo mobile error login. Kalian bisa dengan mudah mendapatkan akses login kembali ke akun octo mobile dan bisa transaksi dengan sempurna.

2. Ganti Koneksi Internet

Seperti sudah kami sampaikan di atas, tepatnya pada poin penyebab octo mobile tidak bisa login. Salah satu alasan utamanya yakni karena masalah koneksi internet yang digunakan tidak stabil atau bahkan punya kualitas sinyal cukup jelek.

Dimana kita tahu bahwa akses masuk dan menggunakan aplikasi octo mobile harus menggunakan koneksi internet. Jadi apabila hal ini menjadi penyebab utamanya, maka sangat kami sarankan untuk menggantinya dengan memakai koneksi internet lain.

Bila error tersebut kalian dapat ketika sedang menggunakan akses paket data dari provider yang digunakan. Silahkan coba gunakan internet dari wifi ISP yang ada. Atau begitu juga sebaliknya coba ganti dari wifi ke paket data.

3. Hapus Cache Aplikasi Octo Mobile

Umumnya, sebuah aplikasi yang cukup sering di pakai atau digunakan setiap hari secara otomatis akan membuat tumpukan sampah atau kita sebut dengan cache. Banyaknya tumpukan file sampah inilah yang bisa menyebabkan octo mobile tidak bisa login.

Alasannya jelas karena sampah-sampah ini akan mengganggu jalannya file yang seharusnya bekerja untuk dapat membuat login bisa dilakukan. Oleh sebab itulah, ketika masalah tidak bisa login mobile banking CIMB Niaga.

Saran kami yakni coba hapus cache & data aplikasi. Namun untuk proses ini mengharuskan kalian untuk mengingat data login yang dimiliki karena setelah di hapus cache & data aplikasi akan langsung kembali ke setelah awal seperti baru pertama kali menginstall. Adapun cara clear cache & data adalah:

  • Masuk Settings > Aplikasi >Cari & Pilih Octo Mobile > Storage & Cache > Clear Cache & Clear Data

4. Update Aplikasi Octo Mobile

Apabila langkah di atas tetap tidak bisa membuat kalian bisa mengakses akun octo mobile. Maka cara mengatasi octo mobile tidak bisa login yang selanjutnya perlu kalian coba yakni melakukan update aplikasi Octo Mobile.

Update ini dilakukan untuk membuat aplikasi terinstal menggunakan versi paling baru. Karena bisa jadi tidak bisa login tersebut karena ada bug yang terdapat di versi sebelumnya dan sudah diperbaiki pada versi paling baru.

5. Pastikan SIM Card Terdaftar ada di Slot SIM 1

Solusi lain cara mengatasi octo mobile tidak bisa login / masuk yang berikutnya adalah dengan memastikan bahwa SIM Card / Nomor HP terdaftar di layanan Mobile Banking CIMB Niaga sudah di letakkan pada slot SIM 1.

Hal ini perlu benar-benar diperhatikan, terutama bagi para pengguna HP Android yang memiliki fitur dual sim. Jangan sampai kalian salah memasukkan SIM Card terdaftar di slot sim 2. Karena hal ini benar-benar sangat tidak di anjurkan oleh hampir semua lembaga bank penerbit mobile banking.

6. Hubungi Call Center CIMB Niaga

Apabila semua langkah di atas tetap tidak bisa membantu kalian dalam menyelesaikan masalah octo mobile tidak bisa login. Maka saran kami yang terakhir yakni segera minta bantuan langsung dari pihak CIMB Niaga selaku penerbit dengan cara menghubunginya lewat call center di bawah ini.

  1. Layanan Contact Center CIMB Niaga 14041 / +6221-29978888 dari luar negeri.
  2. Email 14041@cimbniaga.co.id
  3. Facebook: @CIMBIndonesia
  4. Twitter: @cimbniaga
  5. Instagram : @cimb_niaga

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat yang sudah rkonline.id sampaikan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa masalah tidak bisa login aplikasi octo mobile ini dapat terjadi karena berbagai macam penyebab mulai dari gangguan server, koneksi tidak lancar, atau salah password dan username.

Untuk itu pastikan benar-benar ketika ingin mengakses aplikasi octo mobile gunakan internet lancar, serta pastikan penulisan username & password sudah benar. Dan kiranya cukup sekian informasi yang bisa kami rangkum semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Sumber Gambar: rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.