3 KPR Bank Muamalat 2022 : Simulasi, Jenis, Margin & Syarat

KPR Bank Muamalat – Memilih kredit pemilikan rumah atau KPR memang dibutuhkan kejelian dan pengalaman. Ketika kalian tidak ingin mengambil terlalu banyak resiko maka KPR dari Bank Syariah bisa menjadi pilihan karena banyak keuntungannya. Karena menggunakan prinsip Islam maka konsumen akan terbebas dari yang namanya riba.

KPR Bank Muamalat menawarkan kemudahan untuk kalian mendapatkan hunian impian dengan proses yang mudah. Seperti halnya cicilan mobil syariah, kalian bisa mendapatkan angsuran dengan nilai tetap sampai dengan masa pelunasan berakhir. Selain bisa digunakan untuk pembiayaan pembelian properti, KPR Bank Muamalat juga dapat dimanfaatkan untuk take over, refinancing ataupun renovasi bangunan.

Kemudian KPR Bank Muamalat tidak menggunakan sistem bunga melainkan margin sehingga tidak terpengaruh oleh fluktuasi. Ketika terjadi keterlambatan pembayaran ataupun tunggakan kalian tidak dikenakan denda sehingga menguntungkan. Selain itu ketika pelunasan KPR dilakukan lebih awal juga akan terbebas dari biaya penalti.

KPR Bank Muamalat menggunakan akad murabahan dimana merupakan fasilitas pembiayaan memakai skema jual beli. Bank Muamalat akan secara langsung ataupun mewakilkan pembiayaan KPR kepada developer kemudian dijual ke nasabah. Terdapat juga akad musyarakah mutanaqisah dimana sebagai bentuk kerjasama untuk kepemilikan properti dengan sistem bayar hasil sewa sesuai besaran modal.

Jenis KPR Bank Muamalat

Pada dasarnya KPR Bank Muamalat memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan KPR konvensional. Bisa dipastikan persyaratan untuk pengajuannya juga lebih dipermudah karena mayoritas tidak menggunakan sistem BI Checking.

Lalu kalian juga akan mendapatkan plafond dana yang cukup besar sehingga mampu memenuhi berbagai jenis pembiayaan properti. Uang muka ataupun DP juga dijamin ringan sehingga tidak memberatkan debitur pada awal angsuran.

KPR Bank Muamalat juga minim biaya admin sehingga cicilan perbulan akan jauh lebih ringan dibandingkan Bank konvensional. Kamu juga akan diberikan pilihan tenor mulai jangka pendek, menengah sampai panjang sehingga mudah disesuaikan dengan kemampuan pelunasannya.

1. KPR iB Hijrah

Pertama ada KPR iB Hijrah dimana menawarkan perencanaan kepemilikan rumah yang lebih berkah. Debitur bisa memanfaatkan fasilitas take over, pembiayaan pembelian unit properti, melakukan renovasi maupun kebutuhan konsumtif lainnya. Memiliki nominal angsuran pasti setiap bulannnya dan tidak terpengaruh oleh fluktuasi.

Kemudian kamu tidak dikenakan biaya provisi serta tersedia berbagai promo menarik. Bisa diajukan oleh nasabah lama ataupun baru Bank Muamalat dengan syarat yang mudah dipenuhi. Kemudian prosesnya akan berjalan lebih cepat ditambah nantinya properti bisa dijadikan agunan ketika membutuhan dana untuk kebutuhan konsumtif.

SyaratNasabah LamaNasabah Baru
Formulir pengajuan KPR
FC KTP suami/istri
FC NPWP
FC kartu keluarga/KK
FC akta nikah
Slip gaji minimal bulan terakhir
Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir

2. KPR Muamalat iB

KPR Muamalat iB adalah pembiayaan untuk pembangunan, renovasi serta pembelian properti berupa ruko, kios, rukan serta apartemen. Memiliki tenor panjang sampai 15 tahun dengan plafond tinggi mencapai 25 miliar rupiah. Kelebihannya uang muka ringan, angsurannya tetap sampai akhir pelunasan dan berlaku untuk semua jenis properti.

Apabila ingin melunasi KPR sebelum tanggal jatuh temponya maka kalian tidak akan dikenakan biaya apapun. Syarat untuk mengajukan KPR Bank Muamalat termasuk mudah dipenuhi oleh semua kalangan seperti dibawah ini.

  • Warga Negara Indonesia
  • Perseorangan yang berprofesi sebagai wiraswasta, karyawan tetap, kontrak, dokter, guru maupun profesional lainnya.
  • Formulir pengajuan KPR Bank Muamalat.
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi surat nikah/akta cerai
  • Fotokopi NPWP plafond > Rp.100.000.000
  • Slip gaji & surat keterangan kerja
  • Bagi wiraswasta menyertakan laporan keuangan & usaha
  • Mutasi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Rekening telepon & listrik 3 bulan terakhir
  • Fotokopi SHM/SHGB/IMB & denah bangunan
  • Untuk renovasi/pembangunan menyertakan RAB (rencana anggaran biaya)

3. KPR iB Muamalat Hunian Syariah Bisnis

KPR Bank Muamalat yang terakhir adalah hunian syariah bisnis dimana membantu pembiayaan untuk pembelian, pembangunan, take over ataupun renovasi properti. Memiliki pilihan akad akad murabahah (jual-beli) dan juga musyarakah mutanaqishah (kerjasama sewa) yang dapat disesuaikan kebutuhan.

Kemudian uang mukanya minimal 30%, namun khusus akad murabahah bisa mendapatkan uang muka 0% asalkan menyerahkan agunan. Memiliki tenor maksimal 10 tahun dengan plafond besar mencapai 50 miliar rupiah. Kemudian syarat pengajuannya termasuk mudah sama seperti produk pembiayaan bank muamalat lainnya.

  • Memiliki usaha berjalanan minimal 2 tahun
  • Surat izin usaha seperti SIUP, TDP, SKD, SITU ataupun lainnya.
  • NPWP institusi
  • Surat permohonan pembiayaan dari manajemen/pengurus
  • Legalitas pendirian, pengesahan serta perubahannya.
  • Fotokopi identitas pengurus/manajemen
  • Fotokopi SHM, SHGB, IMB serta denah bangunan
  • Fotokopi izin properti ataupun pembangunannya.

Margin KPR Bank Muamalat

Perlu diketahui KPR syariah tidak memiliki sistem bunga cicilan melainkan digantikan dengan margin lalu margin adalah tingkat keuntungan yang ditetapkan Bank Syariah dimana memakai sistem persentase ataupun nominal tertentu.

Margin KPR Bank Muamalat sebesar 9,5% fixed 2 tahun, kemudian tahun berikutnya menyesuaikan dengan pembiayan yang diambil sebelumnya. Pada dasarnya sistem margin cukup menguntungkan karena nominalnya lebih rendah dibandingkan Bank pada umumnya.

Simulasi KPR Bank Muamalat

Berikutnya adalah simulasi KPR dimana kalian dapat memperkirakan nominal cicilan perbulannya. Kamu bisa memperhitungkan KPR Bank Muamalat tanpa DP ataupun uang muka dengan memasukkan plafond serta tenor angsurannya.

Memang sistem kerjanya mirip dengan tabel pinjaman Bank Muamalat namun hanya untuk satu tenor dan cicilan saja. Kamu bisa memperkirakan nominal angsuran perbulan dibandingkan dengan penghasilan yang didapatkan sehingga keuangan tetap terjaga.

1. Kunjungi laman bankmuamalat.co.id/kalkulator-kpr maka muncul tampilan seperti dibawah ini. Ketikkan dana pembiayaan yang kamu inginkan dan jangka waktunya.

simulasi kpr bank muamalat

2. Setelah itu kamu bisa menekan tombol CEK untuk memeriksa nominal angsurannya.

kpr bank muamalat tanpa dp

3. Pada kolom angsuran setiap bulan akan muncul nominal yang harus dibayarkan sesuai dengan plafon maupun tenornya.

margin kpr bank muamalat

Kesimpulan

Memilih produk KPR syariah memang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Terlebih kini hampir semua lembaga perbankan menawarkan produk dan layanan syariah sehingga semua orang dapat mengaksesnya secara mudah.

Sebagai debitur kalian bisa menghindari riba kemudian mendapatkan keuntungan uang mudah rendah, angsuran ringan serta terbebas biaya provisi. Demikian penjelasan dari rkonline.id, semoga memudahkan kamu dalam memilih produk KPR terbaik.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.