6 Cicilan Mobil Syariah 2022 : Syarat Pengajuan & Dokumen

Cicilan Mobil Syariah – Membeli mobil dengan cara kredit memang menjadi pilihan banyak orang karena kemudahan yang ditawarkan. Cicilan mobil syariah jadi opsi utama karena menggunakan prinsip Islami sehingga konsumen akan terhindar dari riba.

Umumnya cicilan mobil syariah memakai akad Murabahah dimana kalian akan memperoleh penjelasan secara rinci seputar jenis maupun nominal yang nantinya ditransaksikan. Berbeda dengan pinjaman jaminan BKPB mobil di Bank, nasabah akan memperoleh informasi lebih lanjut margin keuntungan yang akan diambil oleh lembaga syariah untuk menggantikan bunganya.

Citayam

Beberapa cicilan mobil syariah tanpa DP bisa dimanfaatkan dengan tenor panjang lebih dari 5 tahun. Kredit mobil bekas syariah juga memiliki bunga flat bahkan tanpa bunga untuk beberapa lembaga keuangan sehingga menguntungkan diambil debitur.

Keunggulan lainnya tidak diterapkan sistem denda apabila kalian telat membayar cicilan. Ketika terjadi telat bayar maka nantinya penyelesaian dilakukan dengan cara musyawarah dengan pihak lembaga syariah sehingga jauh lebih aman.

Rekomendasi Cicilan Mobil Syariah

Kredit mobil bekas syariah ataupun dalam kondisi baru dapat dilakukan dengan memenuhi seluruh persyaratan berlaku. Pada dasarnya Bank atau penyedia jasa cicilan syariah akan memenuhi kebutuhan konsumen, dalam hal ini membayar mobil kemudian dijual ke konsumen.

Namun pelanggan tetap bisa bermusyawarah untuk menyepakai keuntungan yang diambil oleh pihak penyedia cicilan syariah. Kelebihannya tidak dikenakan bunga dimana digantikan menjadi margin keuntungan dengan sifat tetap ketika masa kredit berlaku.

Melalui cicilan mobil syariah semua transaksinya juga tertulis pada akad jual beli dimana membuat sisi keuangan lebih transparan. Sebagai rekomendasi kami sudah menyiapkan beberapa cicilan mobil syariah yang dapat kalian pertimbangan seperti dibawah ini.

1. KKB iB BCA Syariah

Adalah pembiayaan mobil baru atau bekas dengan menggunakan prinsip syariah dan akad Murabahah sesuai kesepakatan bersama. Khusus untuk mobil baru nasabah BCA Syariah bisa mengambil cicilan sampai 8 tahun, sedangkan mobil bekas maksimal 6 tahun.

Debitur bisa memperoleh kepastian angsuran karena besarannya sudah disepakati diawal secara bersama sehingga tidak akan ada kenaikan. Cicilan lebih ringan karena dilakukan pada bulan berikutnya, untuk persyaratan pengajuan KKB iB sebagai berikut.

  • KTP.
  • KK.
  • NPWP
  • Karyawan tetap waktu kerja minimum 2 tahun.
  • Pengusaha ataupun profesional minimum pengalaman 2 tahun.
    Pengusaha menyiapkan dokumen usaha mencakup SIUP, TDP, akta pendirian dan lain sebagainya.
  • Profesional menyiapkan surat ijin praktik.
  • Salinan BPKB & STNK untuk mobil bekas.
  • Surat pemesanan kendaraan ataupun tanda jadi dealler untuk mobil baru.

2. BSI OTO

Berikutnya adalah BSI OTO dimana merupakan produk pembiayaan kendaraan dari Bank BSI dan juga PT Mandiri Utama Finance Unit Usaha Syariah. Kemudahan yang diberikan adalah cicilan maksimal 5 tahun untuk mobil baru dan juga maksimum 7 tahun untuk mobil bekas.

Limit yang disediakan mulai dari Rp.50.000.000 dengan maksimal Rp.200.000.000 sehingga mampu dimanfaatkan untuk membeli mobil dengan berbagai merek. Kelebihannya suku bunga ringan 2,98% flat per tahun dan tanpa uang muka alias DP 0%.

Syarat utama untuk mengajukan cicilan mobil BSI OTO adalah mempunyai penghasilan tetap. Selain itu untuk usia minimum 21 tahun serta maksimum 55 tahun ketika jatuh tempo. Kemudian untuk dokumen yang harus disiapkan seperti pada tabel dibawah ini.

DokumenIndividuperusahaan
Fotocopy KTP pemohon+pasangan ✕
Fotocopy KTP Komisaris & Direksi ✕
Fotocopy Kartu Keluarga ✕
Fotocopy NPWP Pribadi ✕
Fotocopy NPWP Perusahaan ✕
Fotocopy PBB 2 tahun terakhir ✕
Bukti bayar listrik minimal 6 bulan terakhir ✕
Sertifikat rumah ✕
Slip gaji ✕
Rekening koran 3 bulan terakhir ✕
Salinan Tanda Daftar Perusahaa/TDP ✕
Salinan Surat Izin Usaha Perdagangan/SIUP ✕
Salinan SPPT terakhir ✕
Salinan Akta Pendirian Perusahaan & Perubahan ✕
Salinan Akta Pengesahan  ✕

3. Pembiayaan Syariah Mobil BPRS Al Salaam

Berikutnya adalah pembiayaan syariah mobil dari BPRS Al Salaam dimana memberikan kemudahan dengan akad Murabahah. Memiliki tenor cicilan maksimum 5 tahun dan bisa dimanfaatkan untuk kredit mobil baru maupun bekas dengan umur maksimum 10 tahun ketika pengajuan berlangsung.

Cicilan mobil syariah BPRS Al Salaam tanpa riba karena sesuai dengan kaidah Islamiah. Selain itu cicilan tetap sesuai jangka waktu pembayaran untuk berbagai merek mobil meliputi Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Daihatsu, Datsun bahkan sampai merk Eropa.

Persyaratan umumnya merupakan Warga Negara Indonesia dimana terdiri atas individu, pengusaha ataupun perusahaan. Kemudian wajib mempunyai sumber penghasilan tetap dan melengkapi semua dokumen sebagai berikut.

dokumen individupengusahaperusahaan
Formulir pengajuan ✓ ✓ ✓
Salinan KTP Pemohon ✓ ✓ ✓
Salinan KTP Suami/ Istri ✓ ✓ ✕
Salinan Kartu Keluarga ✓ ✓ ✕
Salinan Akte Nikah/ Cerai ✓ ✓ ✕
Slip Gaji 3 bulan terakhir  ✓ ✕ ✕
Rekening Koran 3 bulan terakhir ✓ ✓ ✓
Laporan Keuangan Usaha ✕ ✓ ✓
Kepemilikan sertifikat tanah/girik/AJB/SPPT PBB ✓ ✓ ✕
Salinan STNK, BPKB dan KTP pemilik mobil bekas ✓ ✓ ✓
Salinan SIM A ✓ ✓

4. Cicilan Mobil Syariah BTN iB

Cicilan mobil syariah berikutnya adalah BTN iB dimana memberikan proses mudah dan juga cepat menggunakan akad Murabahah. Kelebihannya sudah terlindungi asuransi kerugian dan juga jiwa sehingga meminimalisir resiko saat cicilan berjalan.

Memiliki harga mobil serta cicilan fixed dengan tenor maksimal 5 tahun sehingga dapat dimanfaatkan secara mudah. Cukup berbeda dengan cara menambah pinjaman di Pegadaian, memang pengguna harus menyiapkan dokumen yang lebih banyak pada pembiayaan BTN iB.

Syarat utamanya Warga Negara Indonesia dengan umur 21-65 tahun serta memiliki penghasilan tetap dengan masa kerja minimum 1 tahun. Wajib terbebas dari BI Checking bermasala dan menyerahkan semua dokumen pengajuan sebagai berikut.

dokumenKaryawanPENGUSAHAProfesional  
Formulir pengajuan BTN iB
Fotokopi KTP
Fotokopi Kartu Keluarga
Fotokopi Surat Nikah/ Cerai
Fotokopi SK
Slip Gaji
Surat Keterangan Penghasilan
Rekening koran 3 bulan terakhir
Laporan keuangan 3 bulan terakhir
Fotokopi NPWP/SPT PPh 21
Fotokopi SIUP, TDP, APP
Fotokopi Ijin Praktek

5. Pembiayaan Mobil Syariah Adira

Cicilan mobil syariah berikutnya adalah dari Adira dimana menawarkan kredit mobil baru maupun bekas memakai akad murabahah. Syarat pengajuannya tergolong mudah dan prosesnya cepat ditambah perlindungan asuransi agar debitur lebih nyaman.

Cicilan mobil syariah Adira bekerjasama dengan banyak dealer sehingga memudahkan kalian mengambil kendaraan. Mobil baru memiliki tipe penumpang memiliki tenor 12 tahun dan jenis niaga 10 tahun. Sedangkan mobil bekas maksimal 5 tahun cicilan berlaku untuk semua merek.

Syarat utama pengajuannya debitur wajib berprofesi karyawan, pengusaha, profesional ataupun berasal dari perusahan. Adira juga memiliki cakupan layanan luas sehingga memudahkan dalam proses pengajuannya, untuk syarat yang dibutuhkan sebagai berikut.

DokumenKaryawanpengusahaProfesionalperusahaan
KTP Pemohon Pasangan ✕ ✕ ✕
KTP Pengurus/ Pengelola/PIC Management Perusahaan/Pemegang saham 25% ✕ ✕ ✕
Kartu Keluarga/ Akte Nikah ✕ ✕
rekening listrik/ rekening PAM/ rekening telepon / SHM / SHGB/ SHGU/ SPPT- PBB/AJB/ Girik/Perjanjian KPR ✕ ✕
Slip Gaji 3 bulan terakhir ✕ ✕ ✕
Rekening Koran 3 bulan terakhir ✕
NPWP ✕ ✕ ✕
Dokumen Tempat Usaha/ Ijin Praktek ✕
SIUP, TDP, TDR, SKDP, SITU, NIB, surat keterangan usaha ✕ ✕
Akte Pendirian Perusahaan /SK  ✕ ✕ ✕

6. BFI Syariah My CarS

Kemudian apabila kalian mencari cicilan mobil syariah dengan resiko rendah maka dapat memilih BFI My CarS. Memakai akad murabahah sehingga dalam prosesnya tanpa menggunakan wakalah, keunggulannya tidak ada bunga dan juga denda keterlambatan.

Prosesnya cepat sehingga mobil impian kalian bisa langsung terwujud menggunakan fasilitas pembiayaan dari BFI syariah. Apabila kalian berminat mengambil cicilan mobil syariah maka silahkan simak persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan berikut ini.

Dokumen Karyawan  PengusahaPRofesional
Formulir Pengajuan
KTP
Kartu Keluarga
Surat Nikah/Cerai
SK Pegawai
Slip Gaji
Rekening koran 3 bln terakhir
Laporan keuangan 3 bln terakhir
NPWP/SPT PPh 21
Ijin Usaha, SIUP, TDP, APP
Ijin Praktek

Kelebihan Cicilan Mobil Syariah

Dari semua produk cicilan mobil syariah diatas pengguna dapat memperoleh berbagai keuntungan baik untuk kendaraan bekas maupun baru. Supaya lebih jelasnya simak beberapa kelebihan mengambil cicilan mobil syariah dibawah ini.

  • Tanpa uang muka atau DP sehingga akan meringankan beban debitur karena tidak harus membayar sejumlah uang.
  • Tanpa riba karena menggunakan prinsip syariah dan akad jual beli murabahah.
  • Tanpa bunga dimana digantikan dengan margin keuntungan yang disepakati kedua belah pihak. Seluruh transaksi keuangan akan tertulis jelas.
  • Cicilan perbulan tetap sampai dengan akhit tenor pembiayaan sehingga tidak akan ada perubahan.
  • Tidak ada biaya denda dimana menguntungkan bagi nasabah karena tidak terbebani apabil aterlambat membayar. Namun beberapa penyedia cicilan menggantikannya dengan pembayaran wajib ke beberapa lembaga sosial.
  • Sumber pembiayaan halal karena dana yang diolah dan dihasilkan menggunakan prinsip Islami.

Kesimpulan

Pilihan cicilan mobil syariah memang sangat menguntungkan untuk diambil nasabah. Meskipun begitu masih ada kelemahannya diantaranya biaya cicilan perbulan yang tinggi karena memang jangka waktunya cukup singkat dibandingkan kredit konvensional.

Meskipun begitu cicilan mobil syariah tidak menerapkan bunga tinggi sehingga konsumen akan jauh lebih ringan dalam pelunasannya. Demikian ulasan mengenai cicilan mobil syariah dari rkonline.id, semoga dapat jadi gambaran untuk kalian.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles