10 Cara Menambah Pinjaman di Pegadaian 2022 : Syarat & Pengajuan

Cara Menambah Pinjaman di Pegadaian – PT. Pegadaian (Persero) adalah badan usaha milik negara yang melayani pembiayaan pinjaman menggunakan sistem gadai, cicilan emas, tabungan emas, cicilan kendaraan, haji serta berbagai pembayaran lainnya. Dengan berkembangnya jaman Pegadaian terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumennya.

Layanan Minta Tambah Kredit atau disingkat MT adalah aktivitas menambah pinjaman dengan cara membayar sewa modal maupun biaya lainnya dimana juga memperpanjang tenor pelunasan. Berbeda dengan pinjaman jaminan BPKB mobil di Bank, Pegadaian memberikan keleluasaan bagi debitur untuk menambah pinjaman selama masih ada limit kredit tersisa.

Citayam

Debitur tidak pelu melakukan cara melunasi Pegadaian, selama masih ada limit maka pinjaman baru dapat diajukan dengan biaya terjangkau. Cara menambah pinjaman di Pegadaian dapat menjadi solusi ketika kalian mengalami kesulitan keuangan dan ingin mendapatkan dana cepat.

Banyak orang masih bertanya bisakah menambah pinjaman di Pegadaian? Jawabannya pastinya bisa dengan melakukan cara menambah pinjaman di Pegadaian online melalui aplikasi Pegadaian Digital ataupun datang langsung ke kantor operasional terdekat. Bagi kalian yang sudah registrasi Pegadaian Digital serta upgrade akun premium bisa langsung mengakses menu tambah pinjaman.

Syarat & Ketentuan

Bisa dikatakan cara menambah pinjaman di Pegadaian ada karena adanya peningkatan nilai emas terhadap barang yang dijaminkan. Kelebihannya konsumen bisa menambah pinjaman menyesuaikan harga emas tanpa perlu memberikan jaminan barang.

Selain itu fasilitas menambah pinjaman juga dapat dimanfaatkan untuk debitur yang belum mengambil nominal kredit maksimal di Pegadaian. Namun kalian wajib memperhatikan syarat dan ketentuan sebelum mengajukan tambah pinjaman di Pegadaian seperti berikut.

  • Pengajuan menambah pinjaman dilakukan online lewat aplikasi Pegadaian Digital atau offline di kantor Pegadaian sesuai domisili debitur.
  • Sudah memiliki kredit gadai atau KCA regular aktif dimana belum jatuh tempo.
  • Masih memiliki limit pinjaman yang belum maksimal digunakan.
  • Bersedia membayar biaya sewa modal, admin dan lainnya.
  • Sudah aktivasi Pegadaian Digital, G-Cash dan upgrade akun ke premium.
  • Barang jaminan termasuk rubrik kantor serta tidak bermasalah.
  • Pinjaman bisa ditambah sesuai menyesuaikan minimal biaya sewa modal admin serta transaksi.
  • Pinjaman baru tidak melebihi plafond maksimal dari taksiran gadai.
  • Pembulatan dilakukan sesuai ketentuan berlaku.
  • Ada kenaikan penaksiran barang jaminan menyesuaikan STL.
  • Minimum transfer ke rekening bank yang sudah diregistrasi senilai Rp.10.000 tiap transaksi.
  • Maksimum pencarian perhari per CIF senilai Rp.30.000.000.

Biaya Menambah Pinjaman di Pegadaian

Sesuai dengan aturan pengguna bisa menambah pinjaman sampai dengan 30 juta rupiah selama masih ada limit tersisa. Sebelum melakukan cara menambah pinjaman di Pegadaian kalian perlu mengetahui biaya apa saja yang akan dikeluarkan seperti dibawah ini.

  • Biaya menambah pinjaman.
  • Sewa modal dimana dihitung per 15 hari semenjak uang cair.
  • Sewa modal yang dikenakan dan dihitung semenjak tanggal kredit sampai ada permintaan tambah pinjaman.
  • Biaya admin dari pinjaman baru.
  • Asuransi KCA.
  • Biaya transfer ke rekening bank.

Besaran biaya akan berbeda beda untuk tiap pengguna karena menghitung dari pinjaman awal dan barunya. Kemudian biaya yang dikeluarkan akan otomatis mengurangi jumlah uang yang akan diterima debitur sehingga termasuk juga sebagai biaya provisi.

Cara Menambah Pinjaman di Kantor Pegadaian

Berikutnya adalah tinggal bagaimana cara menambah pinjaman di Pegadaian, yang pertama kalian bisa melakukannya pada kantor cabang terdekat. Silahkan siapkan KTP dan juga bukti surat gadai untuk pinjaman sebelumnya agar dapat mengajukan pinjaman baru.

  1. Bawa KTP dan surat bukti gadai ke kantor cabang Pegadaian diawal kalian mengajukan pinjaman.
  2. Ambil antrian kemudian tunggu sampai dipanggil. Setelah itu datangi petugas Pegadaian kemudian berikan persyaratannya. Petugas akan menaksir ulang barang jaminan sesuai harga pasaran terkini.
  3. Petugas Pegadaian memberikan informasi berapa maksimal nilai penambahan uang yang bisa diambil.
  4. Tentukan nominal uang untuk menambah pinjaman, nominalnya juga dipotong dengan biaya sewa modal yang berjalan.
  5. Kalian akan diberikan surat bukti gadai baru kemudian diminta tanda tangan.
  6. Setelah prosesnya selesai kalian akan mendapatkan uang pinjaman dan kredit dimulai dari awal dengan tanggal jatuh tempo baru sampai 4 bulan kedepan.

Kelebihannya uang bisa cair selama kalian mendapatkan taksiran barang jaminan yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Meskipun ada biaya admin namun menambah pinjaman di Pegadaian memang cukup mudah prosesnya sehingga dapat dilakukan kapanpun dibutuhkan.

Cara Menambah Pinjaman di Pegadaian Online

Kamu juga bisa mencoba cara menambah pinjaman di Pegadaian online karena proses jauh lebih cepat dan akan menghemat waktu. Namun sebelumnya kamu perlu upgrade akun premium Pegadaian Digital dengan verifikasi identitas dimana sekaligus mengaktifkan G-Cash.

Langkah yang harus ditempuh memang lebih simple apabila dibanding cara mendapatkan Flexi Cash Jenius karena bisa dilakukan semua orang. Pastikan juga kamu sudah menambah rekening Bank seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI atau BTN sehingga memudahkan dalam pencairan pinjaman.

1. Buka aplikasi Pegadaian Digital lalu masukkan nomor handphone atau email dan juga passsword. Tekan tombol MASUK.

Menambah Pinjaman di Pegadaian

2. Setelah masuk ke menu utama silahkan kalian langsung tekan menu Gadai.

bisakah menambah pinjaman di pegadaian

3. Secara otomatis sisa limit pinjaman akan muncul pada layar, nominal inilah yang maksimal bisa kalian ambil. Selanjutnya tekan tombol Tambah Pinjaman disebelah nominalnya.

Cara Menambah Pinjaman di Pegadaian Online

4. Muncul tampilan pilihan portofolio dimana menampilkan pinjaman gadai yang sebelumnya sudah diambil. Untuk menambah pinjaman di Pegadaian silahkan pilih kredit gadai yang berjalan.

kredit KCA

5. Tampil menu agunan, dimana dibawahnya terdapat informasi tanggal jatuh tempo, pinjaman aktif serta sisa limitnya. Ketikkan jumlah pinjaman baru pada kolom hijau, lanjutkan dengan memilih salah satu rekening Bank terdaftar.

pegadaian online lewat hp

6. Setelah sudah terisi semuanya lanjutkan dengan menekan tombol SELANJUTNYA

pinjaman pegadaian online

7. Muncul informasi rincian pinjaman mulai dari tanggal jatuh tempo baru, biaya sewa modal, admin, asuransi, jasa dan lain sebagainya. Ketika kalian sudah mantap ingin menambah pinjaman di Pegadaian centang persetujuan dan tekan SELANJUTNYA

cara cek tagihan pegadaian online lewat hp

8. Masukkan PIN transaksi Pegadaian online untuk verifikasi pengajuan pinjaman.

pin pegadaian digital

9. Cara tambah pinjaman di Pegadaian berhasil dilakukan dengan notifikasi nominal dana yang diproses ke rekening kalian.

Pinjaman di Pegadaian

Kalian juga akan mendapatkan nota transaksi elektronik melalui email yang sudah didaftarkan di Pegadaian Digital. Selanjutnya sistem Pegadaian Digital akan secara otomatis memperbaharui jumlah pinjaman, tenor serta sisa limit apabila masih ada.

Kesimpulan

Dengan menambah pinjaman kalian bisa mendapatkan dana secara cepat tanpa perlu banyak persyaratan dan proses pengajuan berbelit belit. Namun perlu diperhatikan bahwa ketika sudah menambah pinjaman maka kredit dimulai dari awal kembali dan tanggal jatuh temponya diperbaharui hingga 4 bulan kedepan.

Meskipun begitu selama masih ada sisa limit maka menambah pinjaman dapat menguntungkan debitur, terlebih jika jaminannya berupa emas karena harga taksirannya bisa naik. Demikian penjelasan dari rkonline.id semoga bisa jadi gambaran untuk yang ingin mengajukan penambahan pinjaman di Pegadaian.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles