14 Cara Cek Angsuran Pinjaman BCA (Online, ATM, HP)

Cara Cek Angsuran Pinjaman BCA – Pinjaman dana tunai cepat cair memang saat ini sangat diinginkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya. Oleh sebab itu, sebagian besar masyarakat memilih untuk mengajukan fasilitas kredit baik itu di pihak bank ataupun aplikasi pinjaman online.

Salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang sudah memfasilitasi nasabahnya dengan berbagai macam produk pinjaman yaitu BCA. Dimana pihak perbankan tersebut menyediakan beberapa produk kredit kepada para nasabah mulai dari KTA BCA, KPR, KSM, KKB dan lain sebagainya.

Saat pengajuan kredit di Bank BCA disetujui, tentunya nasabah wajib membayar angsuran atau cicilan pinjaman setiap bulannya. Jika nasabah telat dalam membayar angsuran pinjaman tersebut, maka mereka akan dikenai sanksi berupa denda berupa sejumlah biaya keterlambatan.

Oleh sebab itu, mengecek besaran ataupun sisa angsuran pinjaman penting untuk diketahui oleh seluruh debitur BCA. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara cek angsuran pinjaman BCA baik itu secara online maupun offline.

Syarat Cek Angsuran Pinjaman BCA

Syarat Cek Angsuran Pinjaman BCA

Secara umum, syarat cek angsuran pinjaman di BCA khususnya BCA Finance hampir sama seperti saat MENGECEK SISA ANGSURAN PINJAMAN BRI. Dimana nasabah perlu mempersiapkan sejumlah berkas ataupun dokumen sebagai bukti bahwa mereka memiliki tagihan angsuran pinjaman BCA.

Adapun beberapa syarat mengecek sisa angsuran kredit di Bank BCA tersebut yaitu seperti nomor kontrak pinjaman serta nomor rekening tabungannya. Selain itu, jika melakukan pengecekan via online, maka nasabah perlu memiliki koneksi jaringan internet yang stabil dan lancar.

Cara Cek Angsuran Pinjaman BCA

Seperti dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan ketika hendak mengecek sisa angsuran pinjaman BCA. Langkah-langkah melakukannya sendiri sebenarnya cukup gampang, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara cek angsuran pinjaman BCA berikut ini.

1. Cek Angsuran Lewat ATM BCA

Cek Angsuran Lewat ATM BCA

Cara pertama cek angsuran pinjaman BCA yaitu melalui mesin ATM. Tentunya cara ini hanya dapat dilakukan bagi nasabah yang mempunyai fasilitas kartu ATM atau Paspor BCA. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan langkah-langkah mengecek angsuran pinjaman BCA melalui mesin ATM.

  1. Kunjungi ATM BCA terdekat.
  2. Selanjutnya silahkan masukkan kartu beserta PIN ATM BCA.
  3. Kemudian pilih Transaksi Lainnya.
  4. Setelah itu, masuk ke menu Pembayaran.
  5. Cara berikutnya pilih opsi Pinjaman.
  6. Masukkan nomor kontrak pinjaman BCA.
  7. Terakhir akan muncul informasi tagihan mulai dari jumlah angsuran, denda hingga sisa pokok pinjamannya.

2. Cek Angsuran Lewat Mobile Banking BCA

Cek Angsuran Lewat Mobile Banking BCA

Cara cek selanjutnya bisa dilakukan oleh nasabah secara online di HP, yaitu melalui Mobile Banking BCA atau mBCA. Sebelum mengakses mBCA, pastikan bahwa smartphone kalian memiliki koneksi jaringan internet lancar dan stabil agar proses pengecekan bisa berhasil.

  1. Buka dan login ke mBCA di smartphone kalian.
  2. Lalu pilih menu m-BCA dan ketuk menu m-Payment.
  3. Pada halaman ini, masukkan nama PT dengan huruf BFN.
  4. Nantinya secara otomatis informasi besaran sisa angsuran pinjaman BCA akan terlihat.

3. Cek Angsuran Lewat SMS

Cek Angsuran Lewat SMS

Jika tidak memiliki atau belum mengaktifkan layanan Mobile Banking BCA, kalian juga dapat melihat sisa angsuran melalui pesan SMS BCA Finance. Cara cek angsuran pinjaman di Bank BCA via SMS juga sebenarnya sangat gampang. Sebab, nasabah hanya perlu mengirimkan pesan dengan format khusus ke nomor 9123.

Cara Cek Angsuran BCA : BCAF<spasi>Nomor_Kontrak_BCA<spasi>Isi_Berita kirim ke 9123

4. Cek Angsuran Lewat Situs Resmi BCA Finance

Cek Angsuran Lewat Situs Resmi BCA Finance

Cara cek sisa angsuran pinjaman BCA selanjutnya dapat dilakukan melalui situs resmi BCA Finance di https://www.bcafinance.co.id/ . Dimana situs atau website resmi tersebut bisa diakses secara online baik itu melalui HP, laptop maupun komputer asalkan terhubung ke koneksi jaringan internet.

Di dalam situs tersebut, nasabah bisa melihat secara detail mengenai besaran angsuran kredit di Bank BCA. Menariknya lagi, nasabah juga bisa melihat bagaimana cara mengurus STNK, pengambilan BPKB sampai informasi simulasi cicilan atau angsuran.

5. Cek Angsuran Lewat Email

Cek Lewat Email

Pengecekan sisa angsuran atau cicilan pinjaman di Bank BCA selanjutnya yaitu melalui email. Meskipun sebagian besar orang menganggap cara ini kurang efektif, namun tidak ada salahnya untuk kalian coba ketika hendak mengecek angsuran kredit BCA.

Silahkan kirim pesan melalui email ke customercarebcaf@bcaf.id berisikan informasi lengkap seputar pinjaman BCA, mulai dari nomor kontrak hingga nomor rekening tabungan. Perlu diingat bahwa cara cek melalui email ini biasanya tidak akan mendapatkan respon cepat dari pihak BCA.

6. Cek Angsuran Lewat Aplikasi BCA Finance

Cek Angsuran Lewat Aplikasi BCA Finance

BCA Finance ialah sebuah aplikasi yang diterbitkan oleh Bank BCA guna membantu nasabah dalam pengecekan ataupun pembayaran angsuran pinjaman. Jadi, selain tersedia dalam bentuk situs online, BCA Finance juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Berikut adalah cara cek angsuran pinjaman via aplikasi BCA Finance.

  1. Download aplikasi BCA Finance di HP kalian.
  2. Silahkan buka dan klik Account.
  3. Kemudian masukkan Email dan Password terkait BCA Finance nasabah.
  4. Cara selanjutnya, klik Login.
  5. Langkah berikutnya, silahkan klik menu Layanan Konsumen.
  6. Setelah itu, pilih opsi Info Pelanggan.
  7. Terakhir, secara otomatis akan muncul info angsuran pinjaman BCA.

7. Cek Angsuran Lewat Panggilan Telepon

Cek Lewat Panggilan Telepon

Jika beberapa cara di atas dapat diakses secara gratis oleh nasabahnya, namun untuk yang satu ini membutuhkan biaya yaitu melalui panggilan telepon. Dimana nantinya nasabah akan dikenai tarif telepon sesuai dengan kebijakan operatornya masing-masing.

Nasabah bisa mengecek sisa angsuran pinjaman dengan cara menghubungi customer service BCA Finance di nomor (021) 29973100 atau ke Halo BCA di 150888. Pastikan bahwa kalian memiliki pulsa yang mencukupi ketika hendak menghubungi pihak BCA melalui panggilan telepon.

8. Cek Angsuran Lewat Kantor Cabang

Cek Lewat Kantor Cabang

Cara cek angsuran pinjaman BCA terakhir yaitu dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang terdekat. Sebelum mengunjunginya, siapkan berkas persyaratannya seperti nomor kontrak pinjaman serta buku rekening tabungannya. Jika sudah siap, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Datangi kantor cabang BCA terdekat.
  2. Kemudian ambil nomor antrean di bagian customer service.
  3. Setelah tiba giliran kalian, silahkan temui petugas lalu sampaikan tujuan untuk mengecek sisa angsuran pinjaman BCA.
  4. Nantinya kalian akan dimintai syarat dokumennya.
  5. Lalu petugas Bank BCA akan menyampaikan informasi mengenai detail angsuran, sisa cicilan hingga denda keterlambatan jika memang ada,

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari RKonline.id seputar cara cek angsuran pinjaman BCA disertai syarat dan ketentuannya, baik itu secara offline ataupun online. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengecek sisa angsuran pinjaman di Bank BCA.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *