9 Cara Tukar Uang di Bank 2022 : Biaya, Syarat & Minimal

Cara Tukar Uang di Bank – Jelang Lebaran kebutuhan penukaran uang memang semakin meningkat karena adanya kebiasaan membagikan salam tempel ataupun amplop berisi uang ke anggota keluarga. Cara tukar uang di Bank dipilih karena bisa dengan mudah mendapatkan uang dalam nominal pecahan kecil.

Aktivitas salam tempel sendiri sudah sejak laman dilakukan seringnya diberikan kepada anak kecil ataupun orang yang membutuhkan. Setelah mengetahui cara menghitung THR karyawan biasanya banyak orang menyisihkan sebagian uang untuk dipecah kedalam nominal yang lebih kecil. Dengan tukar uang ke nominal kecil maka lebih banyak orang yang bisa menerima amplop.

Baik cara tukar uang di Bank BRI ataupun Bank lainnya sebenarnya prosedurnya sama dimana dapat dilakukan oleh semua orang. Namun kalian wajib tahu nilai minimal tukar uang yang dapat dilakukan sehingga dengan mudah menentukan pecahannya. Satu pecahan dapat ditukarkan kedalam beberapa lembaran uang sehingga lebih banyak orang yang dapat menerimanya.

Budaya membagikan amplop memang sudah dilakukan secara turun temurun sehingga diperlukan persiapan sebelumnya. Kamu bisa menukarkan kedalam lembaran pecahan kecil misalnya 1, 2, 5, 10, 20 ataupun 50 ribu. Sampai saat ini memang lembaran seribuan merupakan hal yang mulai jarang dijumpai, namun dari Bank semua pecahannya dapat di tukar.

Syarat Tukar Uang di Bank

Sebelum cara tukar uang di Bank dilakukan kalian perlu tahu apa saja syarat yang dibutuhkan. Memang fasilitas penukaran saat ini sudah disediakan pada banyak tempat oleh Bank Indonesia sehingga memudahkan dalam mendapatkan pecahan yang diinginkan. Terlebih ada fasilitas tukar uang keliling sehingga mampu menjangkau kebutuhan berbagai kalangan masyarakat.

Bank Indonesia memang bekerjasama dengan seluruh lembaga perbankan dan keuangan untuk menyediakan penukaran uang. Semua masyarakat mulai dari desa, kecamatan sampai kabupaten dapat mengakses fasilitas penukaran uang secara jauh lebih mudah. Namun kalian jangan menggunakan fasilitas penukaran uang tidak resmi karena akan mengalami kerugian.

Paling utama ketika memakai jasa penukaran dipinggir jalan ataupun dari lembaga tak resmi resiko terbesar adalah mendapatkan uang palsu. Selain itu kamu akan dikenakan biaya tambahan sehingga nilai tukar tidak didapatkan sepenuhnya. Kemudian untuk syarat tukar uang di Bank silahkan kalian simak dibawah ini.

  • Mengetahui jam operasional fasilitas tukar uang pada umumnya mulai jam 08.00 sampai 15.00 di senin – jumat.
  • Siapkan uang untuk di tukar ke pecahan yang lebih kecil.
  • Uang harus asli dimana ada watermark, benang pengaman dan nomor seri terdaftar.
  • Diusahakan uang masing dalam kondisi baik tidak mengalami kerusakan ataupun lecek.
  • Mempersiapkan KTP atau Kartu Tanda Penduduk.
  • Menyiapkan kartu ATM serta buku tabungan apabila dibutuhkan pihak Bank.

Tukar Uang di Bank Minimal Berapa?

Memang cara tukar uang di Bank hari biasa dapat dilakukan dengan mudah. Namun kalian perlu mengetahui nominal yang dapat di tukar supaya lebih memudahkan dalam prosesnya. Memang tidak ada aturan mengenai aktivitas tukar uang, namun pecahannya wajib diketahui agar lebih mudah.

Nominal Tukar UangPecahan yang Didapatkan
Rp.100.000Rp.1000
Rp.200.000Rp.2000
Rp.500.000Rp.5000
Rp.1.000.000Rp.10.000
Rp.2.000.000Rp.20.000

Jadi kalian harus menyiapkan besaran nominal tukar dimana nantinya akan mendapatkan pecahan sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Apabila kalian ingin mendapatkan lebih banyak pecahan maka dapat menukarkannya satu per satu berdasarkan nominal yang ditentukan. Dalam tukar uang nantinya kamu juga dapat meminta bantuan petugas ditempat.

Biaya Penukaran Uang

Perlu diketahui bahwa biaya penukaran uang di Bank gratis ataupun tidak dikenakan biaya admin sehingga lebih leluasa. Namun beda halnya jika kamu menggunakan fasilitas tukar uang dari lokasi lainnya dimana pada umumnya ada biaya senilai 10% dari jumlah uangnya. Oleh karena itu lebih aman tukar uang di Bank karena gratis.

Lokasi Penukaran Uang

Hingga kini Bank Indonesia sudah menyediakan lebih dari 1000 tempat penukaran uang yang tersebar diseluruh Indonesia. Selain melibatkan lembaga perbankan ada pula mitra lainnya dimana berasal dari lembaga maupun instansi rekan dari Bank Indonesia. Jadi kalian dapat menukarkan uang secara resmi tanpa perlu takut terkena tindak penipuan.

Misalnya cara tukar uang di bank BCA dimana dapat dilakukan pada seluruh kantor cabangnya. Kemudian cara tukar uang pecahan di Bank juga mampu menghindari penyebaran uang palsu karena akan ada pengecekan uang masuk dan keluar. Kemudian lokasi untuk tukar uang di Indonesia diantaranya sebagai berikut.

  • Bank BJB
  • Bank DKI
  • Bank Mandiri
  • Bank Mandiri Syariah
  • Bank Mega
  • BCA
  • BNI
  • BNI Syariah
  • BRI
  • BRI Syariah
  • BTN
  • CIMB Niaga
  • Maybank
  • Mobil Kas Keliling Bank Indonesia (semua wilayah termasuk jalur mudik, rest area serta jalan tol)
  • Pegadaian
  • Permata Bank

Cara Tukar Uang di Bank

Alur keuangan jelang hari raya besar memang terus mengalir karena kebutuhan semakin tinggi. Banyak orang juga yang ingin mengetahui informasi tabel angsuran gadai HP di Pegadaian untuk mendapatkan uang cepat. Demikian pula dengan minat penukaran uang dimana semakin naik.

Kemudian cara tukar uang di Bank wajib dilakukan pada saat jam kerja jadi silahkan kalian kunjungi kantor atau fasilitasnya selama buka. Kemudian usahakan meneliti uang yang akan di tukar apakah sudah asli supaya memudahkan prosesnya. Nantinya pada saat tukar uang di Bank akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

  1. Pergi ke kantor cabang Bank ataupun fasilitas penukaran uang resmi.
  2. Apabila sudah sampai ke Bank silahkan sampaikan ke satpam untuk tukar uang.
  3. Kamu diarahkan mengambil nomor antrian teller.
  4. Tunggu sampai dipanggil, ketika sudah maka datangi teller.
  5. Sampaikan bahwa ingin tukar uang, teller akan meminta KTP dan juga syarat lainnya.
  6. Teler akan tanya mengenai jumlah penukaran uang.
  7. Lanjutkan menyebutkan jumlah uang yang akan ditukarkan dan pecahan diinginkan.
  8. Serahkan uang kepada teller kemudian dilakukan pemeriksaan.
  9. Apabila sudah selesai kalian akan diberikan uang pecahannya.

Kesimpulan

Pada dasarnya Bank Indonesia memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan uang dengan pecahan yang diinginkan. Dihimbau juga untuk menjaga serta merawat uang dengan menghindari terlipat, dicoret, diremas, stapler ataupun terkenda air. Demikian penjelasan dari rkonline.id semoga bermanfaat.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.