Apa Itu IMFI? Layanan, Kelebihan & Kekurangan

Apa Itu IMFI – Meningkatnya jumlah permintaan pasar akan kebutuhan pembiayaan, saat ini bisa dibilang ada cukup banyak perusahaan pembiayaan yang hadir dan bisa dipilih masyarakat kita di Indonesia. Bicara tentang hal ini, nama besar Adira, FIF & WOM mungkin sudah tak perlu lagi dipertanyakan.

Namun selain perusahaan tersebut, jelas masih ada cukup banyak perusahaan lain yang bisa kita manfaatkan untuk membantu kebutuhan pembiayaan., salah satu di antaranya adalah IMFI. Nah apakah kalian sudah pernah mendengar nama IMFI?

Citayam

Meski tidak jauh berbeda dengan Adira maupun WOM akan tetapi sampai dengan detik ini ternyata masih ada cukup banyak masyarakat yang belum paham dengan apa itu IMFI. Oleh karena itulah jika sebelumnya kami sudah bahas apa itu Clipan Finance.

Di kesempatan ini rkonline.id akan menjelaskan kembali apa yang dimaksud dengan IMFI. Untuk itulah bagi kalian yang saat ini sedang mencari tahu informasi tentang visi, misi, jenis layanan serta kelebihan dan kekurangan IMFI simak penjelasan tentang apa itu IMFI berikut ini.

Mengenal Apa Itu IMFI

Tak kenal maka tak sayang, itulah mungkin sebuah peribahasa yang mungkin sangat cocok pada pembahasan kita kali ini. Yah, dengan setidaknya kita mengetahui apa itu IMFI maka kita akan dapat dengan mudah memanfaatkan setiap jenis produk layanan yang ditawarkan.

Lantas apa itu IMFI?

IMFI adalah sebuah brand dari PT Indomobil Finance Indonesia yang saat ini berstatus sebagai perusahaan Perseroan. Dimana mengutip langsung dari situs resmi IMFI di https://ivory.imfi.co.id/tentang-kami.

Dijelaskan bahwa Indomobil Finance adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembiayaan kendaraan bermotor mulai dari motor, mobil hingga kendaraan niaga bahkan alat berat dan juga properti. Tak hanya sampai disitu, IMFI juga menyediakan produk pembiayaan mikro.

Yang mana dalam hal ini produk pembiayaan pembiayaan tersebut ditawarkan dalam bentuk pembiayaan konsumen, sewa guna usaha serta anjak piutang. Jadi dari penjelasan di atas, apabila kita mendapatkan pertanyaan tentang IMFI, maka bisa kita katakan Indomobil adalah perusahaan leasing.

Visi & Misi Perusahaan IMFI

Sepak terjang yang dimiliki PT Indomobil Finance Indonesia / IMFI sendiri ternyata sudah bukan lagi baru. Karena dilihat dari perjalanan perusahaan, ternyata IMFI sudah berdiri sejak tahun 1993 tepatnya November 1993 yang kala itu didirikan dengan nama PT Indomaru Multi Finance.

Singkatnya, di tahun 2003 untuk pertama kalinya perusahaan ini mengganti namanya dari PT Indomaru Multi Finance menjadi PT Indomobil Finance Indonesia dan masih dipakai sampai dengan saat ini. Dengan seiring berjalannya waktu tepat di tahun 2009 akhirnya Indomobil menerbitkan Obligasi III.

Dimana dalam penerbitan tersebut mereka mengklaim bahwa nilai Obligasi III mencapai sebesar Rp500 miliar. Dengan pendanaan besar tersebut, tahun 2010 IMFI memperluas divisi produk layanan mereka untuk sektor pembiayaan alat-alat berat.

Nah dari singkatnya cerita tentang sejarah perusahaan PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI) tersebut, jelas dalam struktur organisasi perusahaan terdapat Visi dan Misi utama yang harus dituju. Lantas apa sih visi dan misi perusahaan pembiayaan ini?.

Visi

Visi utama dari Perseroan PT Indomobil Finance Indonesia adalah

Menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dalam hal kepuasan pelanggan, terbesar dalam hal jumlah pembiayaan serta perolehan tingkat keuntungan bagi para pemegang saham.

Misi

Sementara itu Misi utama Perseroan PT Indomobil Finance Indonesia adalah

Menjadi perusahaan pembiayaan terpercaya dengan dimilikinya Teknologi Informasi yang tepat guna dengan jaringan cabang yang dapat mewakili seluruh potensi pasar di Indonesia, SDM berkualitas, pengelolaan sumber dana optimal serta program penjualan kompetitif & berkesinambungan.

Bidang Usaha / Jenis Layanan IMFI

Selanjutnya setelah sampai disini kita sudah bisa tahu dan paham dengan apa itu IMFI. Tentunya hal penting lain yang juga perlu untuk kita ketahui terkait perusahaan pembiayaan kendaraan & multiguna ini adalah bidang usaha / produk layanan yang ditawarkan.

Bila melihat sepak terjang perusahaan, setidaknya sampai disini kita bisa melihat bahwa salah satu upaya yang ditawarkan PT Indomobil Finance Indonesia tetap mengacu pada layanan umum berupa pembiayaan. Dan berikut ini adalah beberapa jenis layanan yang akan bisa kita manfaatkan.

1. Pembiayaan Motor

Layanan pertama yang dimiliki IMFI adalah pembiayaan motor baru. Yah memiliki sepeda motor jelas masih banyak dipilih karena armada ini cukup mudah digunakan dan juga punya harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan mobil.

Melihat hal tersebut, sama seperti Adira atau WOM dan FIF, Indomobil juga menawarkan kredit angsuran kepemilikan sepeda motor baru untuk merek dagang Suzuki, Yamaha, Piaggio dan Kawasaki. Jadi buat yang ingin melakukan pembelian produk dari merek tersebut bisa menjadikan Indomobil sebagai leasing.

2. Pembiayaan Mobil

Mobil pribadi masih jadi andalan bagi sebagian besar masyarakat karena dianggap cukup membantu dari banyak sisi. Tak heran bila Indomobil juga menawarkan produk pembiayaan Mobil. Dan menariknya disini Indomobil sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan otomotif (mobil).

Termasuk di antaranya seperti Nissan, KIA, Audi, Wuling, Honda, Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Hyundai & Suzuki. Jadi kalian bisa dengan mudah melakukan pembelian mobil di dealer resmi perusahaan dengan memilih jasa pembiayaannya adalah IMFI.

3. Pembiayaan Kendaraan Niaga Baru

Untuk membantu para pelaku usaha di sektor transportasi darat, PT Indomobil Finance juga menawarkan produk pembiayaan kendaraan niaga baru dengan menggandeng perusahaan HINO. Dari sini jelas kita dapat secara mudah mendapatkan mobil HINO baru dengan angsuran ringan untuk kebutuhan usaha.

4. Pembiayaan Alat Berat

Peluang usaha dibidang alat berat memang masih sangat menggiurkan. Tak heran apabila Indomobil Finance Indonesia sebagai perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia juga menghadirkan satu layanan khusus berupa pembiayaan alat berat.

Buat para pelaku usaha di bidang ini, jelas keberadaan pembiayaan alat berat dari IMFI akan sangat membantu. Apalagi dari situs resmi mereka, dicantumkan bahwa mereka sudah bekerjasama dengan beberapa brand perusahaan alat berat seperti:

  • John Deere
  • Renault
  • Power Generation
  • Volvo

5. Pembiayaan Properti Baru

Memiliki rumah atau bangunan lain memang menjadi impian bagi sebagian besar masyarakat. Dengan peluang yang cukup besar, Perseroan Indomobil Finance Indonesia akhirnya memberikan penawaran kepada konsumen berupa pembiayaan properti.

Melalui produk satu ini, kita sebagai konsumen bisa dengan mudah mendapatkan bantuan pembiayaan pembelian / kepemilikan rumah, toko, perumahan atau lain sebagainya dengan mudah serta angsuran yang bisa disesuaikan dengan kemampuan serta syarat & ketentuan berlaku.

6. Pembiayaan Kredit Multiguna

Memasuki era modern seperti sekarang, tak bisa kita pungkiri biaya untuk menunjang kehidupan sehari-hari memang semakin besar. Belum lagi masalah pendidikan, renovasi rumah atau kesehatan. Melihat hal tersebut.

Saat IMFI juga memiliki produk pembiayaan kredit multiguna. Yang dimana dengan bermodal BPKB Mobil / Motor, Sertifikat tanah &/ Rumah sebagai jaminan (agunan) kita bisa dengan cepat memperoleh pinjaman dana tunai dengan cukup mudah serta cepat.

7. Pembiayaan Mikro

Pembiayaan Micro Financing jadi andalan Indomobil sebagai perusahaan pembiayaan dalam memberikan kebutuhan dana tunai cepat cair. Masyarakat bisa dengan mudah memanfaatkan produk pembiayaan mikro ini untuk melengkapi kebutuhan usaha.

8. Pembiayaan Syariah

Jenis pembiayaan terakhir yang ditawarkan kepada konsumen adalah pembiayaan Syariah. Melalui produk ini, IMFI berusaha tetap memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pengambilan kendaraan bermotor baik mobil / motor dengan menggunakan sistem Syariah.

Adapun dari “sisi kertas kerja” PT Indomobil Finance Indonesia akan menggunakan Akad Murabahah (Pembiayaan Jual Beli) & Akad Ijarah Muntahiyah Bittamlik / IMBT (Pembiayaan Jasa). Jadi kita sebagai masyarakat bisa mengandalkan produk ini apabila ini membeli kendaraan baru.

Kelebihan & Kekurangan IMFI

Dengan beragam produk penawaran yang dimiliki, tak bisa kita pungkiri bahwa IMFI memiliki banyak sekali kelebihan di dalamnya. Namun ada juga beberapa kekurangan yang akan kita dapatkan. Nah terkait hal tersebut berikut detail penjelasan lengkapnya.

Kelebihan IMFI

  • Area kerja / wilayah jangkauan sudah begitu luas di hampir seluruh pelosok kota dai Indonesia.
  • Punya support center yang cukup membantu.
  • Memiliki jenis layanan / bidang usaha yang cukup lengkap.
  • Angsuran dengan suku bunga ringan.
  • Metode pembayaran angsuran yang relatif mudah serta lengkap.

Kekurangan IMFI

  • Saat ini masih hanya menggandeng pembelian motor dari merek-merek tertentu saja.

Call Center IMFI

Untuk bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang apa itu IMFI beserta sederet fitur dan program yang mereka miliki. Kami sangat menyarankan untuk kalian bisa langsung menanyakannya ke pihak PT Indomobil Finance melalui layanan call center berikut ini:

  • Telp : (+6221) 29185400
  • WA : 0812 123 1230

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat tersebut dapat kita artikan bahwa Indomobil Finance / IMFI merupakan perusahaan pembiayaan / leasing yang siap memberikan bantuan kepada kita sebagai masyarakat dalam memenuhi kebutuhan banyak hal.

Mulai dari pembiayaan pembelian kendaraan bermotor baru, pembiayaan multiguna / pinjaman serta lain sebagainya. Nah seperti itulah kiranya penjelasan lengkap tentang apa itu IMFI yang dapat rkonline.id sampaikan semoga membantu.

Sumber Gambar: rkonline.id, ivory.imfi.co.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles