Apa Itu Clipan Finance ? Jenis Layanan & Produk Pembiayaan

Apa Itu Clipan Finance – Mengajukan pinjaman atau kredit saat ini memang bukan hanya bisa dilakukan melalui perbankan saja, namun ada juga lembaga lain yang menangani masalah keuangan. Beberapa lembaga tersebut seperti Pegadaian, Leasing dan masih ada lagi yang lainnya. Bahkan, tidak sedikit pula diantara masyarakat yang memilih mengajukan pinjaman online yang sedang populer belakangan ini. Khusus untuk perusahaan pembiayaan/leasing, biasanya perusahaan ini bukan hanya menyediakan pinjaman tunai, namun ada beberapa produk lain seperti kredit motor, mobil, elektronik dan lainnya.

Nah dari beberapa perusahaan leasing kenamaan yang ada seperti Adira, FIF, BAF, WOM, ada satu yang cukup menarik untuk kita bahas, yaitu Clipan Finance. Penting diketahui bahwa Clipan Finance ini merupakan perusahaan pembiayaan tertuan di Indonesia yang masuk dalam jajaran Panin Group. Di pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi lengkap terkait apa itu Clipan Finance, jenis layanan dan juga produk pembiayaan yang dimiliki oleh perusahaan pembiayaan satu ini. Menyandang predikat sebagai perusahaan leasing tertua, tentu akan ada beberapa hal menarik yang bisa kita bahas.

Citayam

Dari beberapa jenis produk pembiayaan yang dimiliki oleh Clipan Finance, pelanggan nantinya bisa mengajukan pembiayaan mulai dari pinjaman tunai, kredit mobil baru/bekas, modal usaha bahkan sampai pembiayaan alat berat pun tersedia disini. Ini tentu menjadi keunggulan tersendiri, dimana tidak semua perusahaan leasing memiliki produk pembiayaan khusus alat berat. Prosedur maupun syarat yang diperlukan juga bisa dikatakan cukuplah ringan dan tidak berbelit-belit, ini juga menjadikan Clipan Finance sangat direkomendasikan jika kalian membutuhkan pinjaman tunai maupun kredit lainnya.

Membahas mengenai apa itu Clipan Finance, seperti sudah dijelaskan diatas sedikit bahwa Clipan juga menyediakan beberapa layanan yang bisa diakses dengan mudah oleh pelanggannya. Seperti layanan STNK, BPKB, pembayaran angsuran dan lainnya. Baiklah daripada berlama-lama lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai apa itu Clipan Finance yang telah rkonline.id sampaikan berikut ini.

Apa Itu Clipan Finance

Apa Itu Clipan Finance?

Pada pembasahan pertama kami akan langsung masuk ke topik inti di pertemuan kali ini, yaitu mengenai apa itu Clipan Finance. Dari sejarahnya, Clipan Finance adalah perusahaan pembiayaan publik di Indonesia yang terafiliasi dengan Panin Group. Clipan juga merupakan salah satu pembiayaan tertua dan ternama di Indonesia yang menawarkan jasa-jasa seperti sewa guna usaha, anjak piutang, pembiayaan modal kerja, pembiayaan investasi dan juga pembiayaan multiguna baik untuk kendaraan baru, bekas, alat berat, dana tunai dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, kini pembiayaan konsumer ritel menjadi fokus utama usahanya, sisanya jasa keuangan lainnya. Perusahaan satu ini didirikan dengan nama awal PT Clipan Leasing Corporation berdasarkan pada Akta No. 47 pada 15 Januari 1982. Itulah beberapa informasi terkait sedikit sejarah dari Clipan Finance satu ini yang bisa kalian ketahui.

Produk Pembiayaan Clipan Finance

Setelah mengetahui informasi terkait apa itu Clipan Finance dan sejarah singkatnya, berikutnya kita akan membahas mengenai produk pembiayaan yang dimiliki oleh Clipan Finance. Dilansir dari laman resmi Clipan Finance, ada beberapa produk pembiayaan yang dimiliki, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kredit Pembiayaan Mobil Baru

Pertama ada Kredit Pembiayaan Mobil Baru. Kredit Pembiayaan ini merupakan fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada nasabah Bank Panin dengan beragam program pembiayaan yang menarik. Nasabah juga akan mendapatkan suku bunga tetap dan pilihan jangka waktu kredit mulai dari 1 tahun sampai maksimal 4 tahun. Pembiayaan in juga bisa diajukan oleh debitur yang berbentuk badan usaha atau perorangan.

2. Kredit Pembiayaan Mobil Bekas

Kedua ada pembiayaan mobil bekas. Sama halnya dengan diatas, fasilitas pembiayaan ini juga diperuntukkan bagi nasabah Bank Panin. Nasabah bisa mengajukan pembiayaan mobil bekas dengan berbagai merek, tipe dan kategori. Nasabah juga akan mendapatkan suku bunga tetap dan pilihan jangka waktu kredit mulai dari 1 tahun sampai maksimal 4 tahun. Pembiayaan in juga bisa diajukan oleh debitur yang berbentuk badan usaha atau perorangan.

3. Pembiayaan Fleet

Lalu ada juga pembiayaan Fleet yang merupakan fasilitas pembiayaan yang diperuntukkan bagi debitur perorangan maupun perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional usaha yang dijalaninya.

4. Pembiayaan Dana Tunai

Berikutnya ada juga pembiayaan Dana Tunai. Pembiayaan ini bisa menjadi solusi mudah untuk memenuhi kebutuhan dana, baik untuk keperluan modal usaha dan konsumtif seperti renovasi rumah, pendidikan, kesehatan, wisata dan lain sebagainya. Syarat diperlukan juga sangat ringan, kalian hanya perlu menjaminkan BPKB Mobil, pinjaman jaminan BPKB Mobil Clipan Finance ini juga sangat direkomendasikan.

5. Pembiayaan Alat Berat

Dan terakhir adalah pembiayaan alat berat. Fasilitas pembiayaan ini dihadirkan untuk pengadaan barang modal seperti alat-alat berat pertambangan, industri, perkebunan, perhutanan, tongkang, tugboat dan juga mesin produksi.

Jenis Layanan Clipan Finance

Jika sudah mengetahui beberapa produk pembiayaan yang dihadirkan oleh Clipan Finance, selanjutnya kita akan bahas mengenai jenis layanan Clipan Finance. Ada beberapa jenis layanan disini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Layanan STNK

Nasabah nantinya bisa mengurus STNK kendaraan yang sebelumnya dibeli dengan memanfaatkan pembiayaan dari Clipan ini. Ada beberapa jenis layanan STNK yang dimiliki, seperti perpanjangan, layanan kehilangan dan layanan BBN/Mutasi untuk badan usaha maupun perorangan.

2. Layanan BPKB

Ada juga layanan BPKB. Reservasi pengambilan BPKB bisa dilakukan melalui email Clipan Finance. Pihaknya juga menyarankan untuk selalu memonitor jangka waktu berakhirnya kredit. Hal ini sangat penting agar terhindar dari biaya penyimpanan BPKB setelah seluruh kewajiban dilunasi. Clipan akan mengenakan biaya yang dihitung sejak hari ke-31 kalender dari tanggal pelunasan sampai tanggal pengambilan BPKB. Sebaiknya pengambilan BPKB dilakukan dalam jangka waktu maksimal 60 hari kalender sejak tanggal pelunasan kredit.

Selain beberapa layanan tersebut, melalui laman resminya juga tersedia beberapa layanan seperti tutorial pembayaran angsuran dan juga persyaratan lengkap yang wajib dipenuhi untuk setiap jenis pembiayaan yang dimiliki oleh Clipan Finance tersebut.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini bisa kami simpulkan bahwa Clipan Finance sangat direkomendasikan kepada nasabah Bank Panin yang memiliki keinginan untuk pengajuan kredit, baik pinjaman tunai, pembelian kendaraan bermotor baik bekas maupun baru atau pembiayaan alat berat sebagai penunjang usaha yang dijalaninya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai apa itu Clipan Finance. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa rkonline.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles