12 Cara Cek Angsuran FIF Finance (Syarat & Perhitungan Denda)

Cara Cek Angsuran FIF – Adanya fasilitas pembiayaan kendaraan bermotor memungkinkan kita dapat dengan mudah memiliki motor ataupun mobil dengan mudah. Skema cicilan dengan tenor dan angsuran yang dapat disesuaikan menjadi salah satu alasan mengapa produk pinjaman ini cukup banyak dilirik.

Di Indonesia sendiri fasilitas pinjaman kredit kendaraan bermotor ada cukup banyak. Salah satunya adalah PT Federal International Finance atau lebih dikenal FIF. Melalui perusahaan keuangan ini, setiap orang akan bisa dengan mudah memiliki sepeda motor baru ataupun bekas.

Sistem angsuran yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri, bahkan seperti kami singgung sebelumnya. Nantinya nasabah yang telah terdaftar dapat memilih tempo dan angsuran sesuai kemampuan. Setelah itu kreditur sudah wajib melakukan pembayaran angsuran sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Keterlambatan pembayaran angsuran akan membuat denda semakin menumpuk. Maka dari itu sebaiknya selalu rutin cek sisa tagihan FIF agar dapat terhindar dari denda. Yang jadi pertanyaan, seperti apa dan bagaimana sih cara cek angsuran FIF baik itu sisa angsuran, total tagihan dan denda jika ada?.

Syarat Cek Angsuran FIF

Cara cek tagihan FIF sebenarnya dapat dilakukan dengan begitu mudah. Apalagi di era modern seperti saat ini, proses cek angsuran pun bisa kita lakukan secara online dengan menggunakan HP. Namun dalam proses cek angsuran FIF sendiri ada beberapa syarat yang dibutuhkan, diantara adalah:

  1. Menginstal aplikasi FIF Group dari playstore jika ingin memakai cara ini.
  2. Menyiapkan nomor kontrak FIF atau Nomor ID pelanggan.
  3. Serta tentu saja koneksi internet apabila ingin menggunakan metode online.
  4. Dan juga pulsa secukupnya jika ingin langsung bicara dengan call center FIF.

Setidaknya itulah beberapa hal yang perlu kalian siapkan ketika ingin cek angsuran FIF baik secara online maupun offline. Apabila semua berkas persyaratan yang rkonline.id sebutkan di atas telah terpenuhi, berikut beberapa cara cek angsuran FIF bisa kalian pakai.

Cara Cek Angsuran FIF Pakai Nomor Kontrak

Tidak jauh berbeda dengan PENGECEKAN ANGSURAN KREDIT WOM FINANCE, proses pengecekan angsuran FIF Finance juga bisa dilakukan dengan mudah. Namun pastikan nomor kontrak telah kalian siapkan yah, karena cek sisa angsuran FIF dengan nomor kontrak merupakan metode paling mudah.

1. Cek Angsuran Lewat ATM

Metode pertama dapat dipakai untuk cek angsuran FIF Finance yakni dengan memanfaatkan mesin ATM. Kalian bisa cek di ATM BRI, BCA, Mandiri atau bahkan mesin ATM lainnya. Dan berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Masukkan kartu ATM dan PIN dengan benar.
  • Kemudian pilih layanan Bayar/Beli.
  • Lanjutkan memilih Angsuran.
  • Masukkan kode perusahaan FIF.
  • Masukkan nomor kontrak FIF dan ketik angka 1.
  • Detail tagihan yang harus kalian bayar pun terlihat beserta tanggal jatuh tempo serta informasi lainnya.

2. Cek Angsuran Lewat iSaku

Tidak saja hanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di Indomaret. Melalui aplikasi iSaku yang merupakan platform uang elektronik, kita juga bisa menggunakannya untuk cek angsuran kredit FIF. Jika ingin memakai metode online ini, berikut langkah-langkah yang harus di lakukan.

  • Download & instal aplikasi iSaku lewat Playstore dan lakukan registrasi pakai No HP.
  • Setelah proses registrasi selesai, login ke akun dan pilih menu Lihat Semua.
  • Sampai disini, silahkan klik Kredit Angsuran.
  • Cari penyedia FIF Astra Spektra.
  • Pilih Opsi FIF dan masukkan nomor kontrak lalu tap bayar.
  • Detail angsuran pun akan terlihat.

3. Cek Angsuran Via Kantor Cabang FIF

Bila menginginkan pengecekan sisa tagihan yang lebih mudah, tidak ada salahnya kalian cek melalui kantor cabang FIF terdekat. Hanya saja metode ini akan lebih cocok bagi kreditur yang punya waktu luang lebih. Karena selain harus mendatangi kantor sesuai jam kerja.

Sesampainya disana kreditur juga harus mengantri jika posisi kantor sedang ramai. Akan tetapi jika menggunakan metode ini, semua informasi yang akan dibutuhkan tentu akan bisa kalian tanyakan langsung ke customer service. Dan perlu diperhatikan, metode ini juga mengharuskan kalian membawa nomor kontrak dan identitas.

4. Cek Angsuran Lewat Call Center

Sama seperti metode CARA CEK ANGSURAN KREDIT MOTOR OTO, kalian juga bisa melakukan pengecekan dengan memanfaatkan layanan call center FIF Group. Nantinya petugas customer service akan membantu pengecekan sisa tagihan.

  • Siapkan pulsa setidaknya Rp 30.000 ribu rupiah.
  • Kemudian silahkan lakukan panggilan ke nomor 0895-21500-343.
  • Tunggu sampai tersambung & pilih jenis layanan bicara langsung dengan petugas.
  • Saat sudah tersambung silahkan tanyakan tentang tagihan kalian.
  • Berikan semua informasi termasuk nomor kontrak, nama lainnya jika tanyakan.
  • Petugas akan memberi informasi detail tentang angsuran kalian.

5. Cek Angsuran Pakai Aplikasi GSM Payment

Selain menggunakan aplikasi iSaku memasuki era digital seperti saat ini, salah satu cara cek angsuran FIF Finance juga bisa dilakukan dengan aplikasi bernama GSM Payment. Bahkan metode ini bisa dibilang cukup mudah dan simple

  • Pertama download aplikasi GSM Payment di playstore.
  • Kemudian buka dan buat akun.
  • Lalu pilih menu Cicilan Finance.
  • Di bagian operator pilih FIF Finance
  • Masukkan nomor kontrak dan klik cek tagihan
  • Masukkan PIN & klik lanjutkan
  • Semua data dan informasi cicilan, angsuran dan juga denda serta tanggal jatuh tempo akan terlihat.

6. Cek Angsuran Lewat Email HaloFIF

Mudahnya pengecekan sisa angsuran dan juga total tagihan FIF yang harus dibayar begitu mudah ketika kalian memanfaatkan fasilitas haloFIF di email. Yah, metode ini bahkan dapat kami katakan menjadi cukup penting untuk nasabah FIF ketahui. Karena semua detail info tagihan serta cicilan akan terlihat.

Adapun cara yang harus kalian lakukan hanya perlu buka email dan kirimkan pesan dengan Subjek Cek Angsuran. Dibagian isi pesan, silahkan tuliskan permintaan anda dengan memasukan nomor kontrak FIF setelah itu kirim ke alamat email halofif@fifgroup.astra.co.id lalu tunggu balasan dari pihak FIF.

Denda Telat Bayar Angsuran FIF

Dalam ringkasan informasi terkait pembiayaan kendaraan bermotor memang tidak secara rinci dijelaskan terkait masalah perhitungan denda keterlambatan pembayaran. Namun nominal denda keterlambatan pasti akan keluar di menu tagihan bulanannya. Maka dari itu jika di atas telah kami sampaikan beberapa cara cek angsuran FIF.

Untuk melengkapi informasi yang rkonline.id sampaikan, kali ini juga akan kami jelaskan secara rinci perhitungan denda keterlambatan pembayaran angsuran FIF yang biasanya akan dihitung per hari dengan persentase 0.5% dari total tagihan.

denda x angsuran x jumlah hari keterlambatan

Dengan begitu jika ada kasus keterlambatan denda sampai 10 hari dengan besaran total angsuran sekitar Rp 750.000. Maka perhitungan yang akan kalian dapatkan yakni.

Jumlah AngsuranRp 750.000
Denda0.5%
Hari Keterlambatan Pembayaran12 hari
Total Denda(Rp 750.000 x 0.5%) x 12 = Rp 45.000

Kesimpulan

Demikian kiranya penjelasan singkat serta lengkap terkait cara cek angsuran FIF beserta perhitungan denda keterlambatan bayar tagihan FIF Finance yang dapat rkonline.id sampaikan. Silahkan pilih salah satu metode yang memang kalian anggap mudah untuk cek sisa tagihan FIF.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *