9 Cara Pencairan Koperasi Alfamart & Syarat Pengajuan Pinjaman 2022

Cara Pencairan Koperasi Alfamart – Banyak orang mengenal Alfamart sebagai salah satu franchise minimarket terbesar di Indonesia karena cabangnya tersebar pada tiap wilayah. Alfamart juga memiliki koperasi khusus karyawan yang bertujuan memenuhi setiap kebutuhan dan memberikan bantuan dana kepada pegawainya.

Dibandingkan Bank keliling mingguan akan lebih baik apabila meminjam uang di koperasi Alfamart apabila kalian bekerja disana. Koperasi karyawan Alfamart memberikan kemudahan dalam proses pengajuan dan juga persyaratannya.

Citayam

Koperasi Alfamart memang memberikan layanan simpanan dan pinjaman bagi anggotanya dengan proses pengajuan mudah. Kalian bisa mengakses hc online Alfamart ataupun mengajukannya langsung dari kantor cabang.

Cara pencairan koperasi Alfamart akan berjalan cukup cepat karena tidak menggunakan verifikasi kredit yang terlalu panjang. Dalam satu bulan terdapat beberapa periode pencairan koperasi Alfamart sehingga kesempatannya lebih besar.

Syarat Koperasi Karyawan Alfamart

Hadirnya koperasi Alfamart memang semakin memudahkan pemenuhan kebutuhan anggotanya. Tak hanya pegawai Alfamart, pinjaman juga dapat diajukan oleh pekerja Alfamidi, DAN+DAN, Alfatrex serta Lawson.

Perlu diperhatikan bahwa fasilitas kredit hanya diperuntukkan bagi karyawan Alfamart yang sudah terdaftar sebagai anggota koperasi. Jadi masyarakat umum tidak bisa mengajukan kredit karena memang tujuan koperasi Alfamart untuk melayani anggotanya saja.

Baik pekerja lama maupun baru di Alfamart bisa mengajukan pencairan dana asalkan memenuhi semua syarat dan ketentuannya. Untuk syarat pencairan koperasi Alfamart kami sudah merangkumnya seperti dibawah ini.

  • Kalian wajib terdaftar sebagai anggota koperasi Alfamart minimum 6 bulan.
  • Tidak mempunyai tagihan ataupun tunggakan utang di koperasi Alfamart.
  • Sudah memperoleh persetujuan dari pejabat Alfamart terkait.
  • Tenor pinjamannya maksimum 24 bulan.
  • Jumlah tabungan sukarela serta bunga angsuran tidak diperbolehkan lebih dari 30% dari angka penghasilan bulanan.
  • Nominal pinjamannya akan lebih rendah dibandingkan kredit dari Bank kemudian diatur sesuai ketentuan Alfamart.
  • Koperasi Alfamart mempunyai hak penuh untuk menerima ataupun menolak permohonan anggotanya.
  • Ketika pinjamannya disetujui maka cara pencairan koperasi Alfamart dilakukan ke rekening pribadi karyawannya.
  • Cara pencairan kredit dilakukan konsisten memakai aturan serta struktur dari koperasi Alfamart.
  • Sistem cicilan dilakukan dengan potong gaji untuk pembayaran tiap bulannya.
  • Keanggotaan tetap aktif apabila memiliki kewajiban pembayaran yang belum selesai.
  • Tidak boleh mengambil uang setoran serta pengembalian memakai pinjaman yang tidak dibayarkan lagi.
  • Anggotanya mempunyai hak menerima SHU (sisa hasil usaha) dimana dibayar sekali dibulan April ataupun Maret sesudah rapat tahunan.

Cara Pengajuan Pinjaman di Koperasi Alfamart

Pada dasarnya cara pencairan koperasi Alfamart dapat dilakukan dengan mengajukan terlebih dahulu melalui fasilitas yang disediakan. Kemudian cara pencairan koperasi Alfamart baru bisa dilakukan apabila mendapatkan persetujuan dari pejabat bersangkutan.

Lantas apakah bisa pencairan koperasi Alfamart setelah habis kontrak? Jawabannya bisa selama masih terdaftar sebagai anggota koperasi Alfamart. Jadi meski kalian sudah tidak menjadi karyaran namun cicilannya akan tetap berjalan.

Pastikan kalian memenuhi semua syarat serta ketentuan dari Koperasi Alfamart kemudian dapat mengajukan kredit melalui fasilitas yang disediakan. Seperti pada tabel pinjaman Bank BRI jaminan AJB kamu wajib mengisi formulir pengajuan dana.

Cara Mengajukan Lewat Login Koperasi Online Alfamart

Koperasi karyawan online Alfamart menawarkan kemudahan untuk anggotanya mengajukan kredit secara cepat. Kalian cukup membuka laman koperasi online kemudian mengakses menu simulasi dan juga pinjamannya.

Setelah berhasil mengajukan kamu bisa melakukan cara pencairan koperasi Alfamart pada kantor cabang terdekat. Prosesnya tidak memakan waktu lama, supaya lebih jelas silahkan ikuti prosedur pengajuannya seperti berikut.

  • Dari browser kalian silahkan buka halaman intranet.sat.co.id untuk mengakses koperasi online Alfamart.
  • Berikutnya akan tampil halaman login seperti dibawah ini. Kemudian pada perusahaan silahkan pilih SAT untuk Alfamart.
  • Lanjutkan mengetikkan NIK atau nomor induk karyawan dilanjutkan dengan PIN yang terdiri dari minimal 6 digit. Selanjutnya kalian tinggal menekan MASUK
login koperasi online alfamart
  • Selanjutnya akan muncul menu utama koperasi Alfamart, kalian bisa mengecek cicilannya dengan menekan tombol Simulasi. Masukkan jumlah pinjamannya, pilih angsuran kemudian tekan Proses. Berikutnya muncul informasi maksimal pinjaman yang bisa diperoleh, bunga pertahun dan juga angsuran perbulan.
  • Berikutnya akses menu Peminjaman kemudian silahkan isi formulirnya secara lengkap. Setelah itu tekan Proses
hc online alfamart
  • Selamat pengajuannya sudah berhasil dilakukan, langkah berikutnya tinggal menunggu persetujuan dari petugas terkait.

Mengajukan Dari Kantor Cabang Alfamart

Kalian juga bisa mengajukan kredit koperasi Alfamart langsung ke kantor cabang operasional terdekat. Silahkan tanyakan kepada atasan kemudian minta formulir pengajuannya, berikutnya kalian tingga mengisi informasi secara lengkap.

  • Dapatkan formulir pengajuan dari atasan ataupun pejabat Alfamart terkait.
  • Isi formulir secara lengkap kemudian serahkan kepada petugas.
  • Tunggu sampai prosesnya disetujui oleh atasan tingkat AC/AM.
  • Berikutnya pengajuannya akan naik ke PDM, apabila ternyata memiliki harga tinggi dan cicilan diatas 12 bulan maka wajib memperoleh persetujuan dari Branch Manager (BM).
  • Ketika disetujui cara pencairan koperasi Alfamart dilakukan sesuai periode berlaku.

Pada dasarnya memang prosedur pengajuan akan dimulai dari tingkat cabang operasional terendah sampai ke PDM ataupun Branch Manager. Jadi kalian wajib mengikuti prosesnya supaya dapat diterima pengajuannya.

Cara Pencairan Koperasi Alfamart

Kemudian untuk lama persetujuan serta tahapan pengajuannya memang ditentukan langsung oleh pihak yang berwenang di Koperasi Alfamart. Jadi kita sebagai anggota hanya bisa menunggu keputusan apakah pengajuannya dianggap layak atau tidak.

Ketika nominal kredit disetujui maka proses pencairan koperasi Alfamart dibagi kedalam 3 tahapan ataupun periode. Masing masing menyesuaikan tanggal pengajuan diawalnya, supaya lebih jelasnya simak diabawah ini.

  • Periode 1 = Ketika input dilakukan di tanggal 1 hingga 10 maka pencairan dilakukan pada tanggal 25. Semisal input 01-10 Februari 2022 maka pencairan dilakukan pada 25 Februari 2022.
  • Periode 2 = Ketika input dilakukan di tanggal 11 hingga 20 maka pencairan dilakukan pada tanggal 5 bulan berikutnya. Semisal input 11-20 Februari 2022 maka pencairan dilakukan pada 5 Maret 2022.
  • Periode 3 = Ketika input dilakukan di tanggal 21 hingga 31 maka pencairan dilakukan pada tanggal 15 bulan berikutnya. Semisal input 21-31 Februari 2022 maka pencairan dilakukan pada 15 Maret 2022.

Pada dasarnya cara pencairan koperasi Alfamart akan mengikuti kapan tanggal input ketikan pinjamannya disetujui. Setiap anggota koperasi akan memperoleh update informasi secara langsung melalui email sehingga lebih fleksibel.

Memang cara pencairan koperasi Alfamart hanya dapat dilakukan apabila memperoleh persetujuan dari pejabat terkait. Sebagai anggota kewajiban kalian hanya melengkapi semua persyaratan dan mengikuti semua ketentuan dan aturan berlaku.

Kesimpulan

Koperasi Alfamart menawarkan kemudaian untuk tiap anggotanya dalam proses pengajuan karena bisa dilakukan pada kantor cabang manapun. Selain itu anggotanya juga bisa memperoleh benefit dengan membayar simpanan sehingga mendapatkan SHU tiap tahunnya.

Nilai kredit yang ditawarkan memang bervariasi dimana akan disesuaikan dengan tingkat penghasilan bulanan anggotanya. Demikian penjelasan mengenai cara pencairan koperasi Alfamart dari rkonline.id, semoga dapat bermanfaat untuk kalian.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles