Tabel Angsuran KUR Mandiri 2021 Pinjaman 10 Sampai 500 Juta

Tabel Angsuran KUR Mandiri 2021 – Upaya pemerintah untuk memberi bantuan modal bagi pelaku bisnis di sektor UMKM lewat Kredit Usaha Rakyat masih terus dilakukan. Dalam penyaluran kredit angsuran KUR, pemerintah menggandeng banyak lembaga perbankan.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang merupakan Badan Usah Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu bank penyalur Kredit Usaha Rakyat yang tetap memberikan fokus angsuran pinjaman untuk pengembangan usaha di hampir semua wilayah jangkauan mereka.

Melalui fasilitas pembiayaan ini, PT Bank Mandiri berharap akan dapat memberikan peningkatan kapasitas daya saing UMKM serta membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Nantinya setiap pelaku UMKM akan bisa memperoleh kredit Rp 10 – 500 juta.

Penyesuaian plafon nantinya dibedakan sesuai produk KUR Mandiri. Setiap calon debitur bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Untuk memberi kemudahan calon kreditur menentukan tenor serta plafond, fasilitas tabel angsuran KUR Mandiri 2021 pun diberikan.

Produk KUR Mandiri

Produk KUR Mandiri

Tidak hanya sekedar memberikan fasilitas brosur tabel angsuran KUR Mandiri 2021. Untuk memudahkan masyarakat dalam menentukan besaran plafond serta tenor angsuran, bank Mandiri juga menyediakan beberapa produk KUR. Lebih jelasnya terkait produk tersebut, simak penjelasan berikut ini.

1. KUR Super Mikro Mandiri

Tidak berbeda jauh dengan KUR BANK BRI. Sebagai bank plat merah, Mandiri juga memiliki KUR super mikro. Fasilitas kredit ini memungkinkan debitur bisa mendapatkan pinjaman dengan plafon maksimal 10 juta yang bisa difungsikan untuk Kredit Modal Kerja (KMK) serta Kredit Investasi (KI) dengan tenor angsuran mulai 36 – 60 bulan.

2. KUR Mikro Mandiri

Produk KUR Mandiri di tahun 2021 berikutnya adalah KUR Mikro Mandiri. Lewat produk KUR Mikro, setidaknya calon debitur yang ingin mengembangkan usaha di sektor UMKM dapat memperoleh kredit angsuran mulai dari Rp 10 – 50 juta dengan suku bunga rendah serta angsuran ringan.

3. KUR Kecil

Dengan kebutuhan modal kerja / investasi yang berbeda-beda setiap orang. Mandiri menawarkan fasilitas pinjaman dengan plafon besar di KUR Kecil. Kalian yang membutuhkan modal pinjaman antara Rp 50 – 500 juta bisa mengajukan pinjaman KUR Kecil Mandiri dengan syarat yang tergolong mudah.

4. KUR TKI Mandiri

Tidak sekedar hanya memberi kemudahan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Mandiri juga memberikan kesempatan bagi para calon TKI yang akan bekerja di luar negeri untuk mendapatkan pinjaman modal. Melalui produk KUR TKI, setidaknya pemohon dapat memperoleh pinjaman dana maksimal sampai Rp 25 juta rupiah.

5. KUR Khusus Mandiri

Produk KUR Mandiri 2021 terakhir yakni KUR Khusus Mandiri, fasilitas pinjaman ini lebih diperuntukkan bagi para pelaku UMKM kelompok yang dikelola secara bersama. Mendapatkan plafon maksimal sampai 500 juta dengan jangka waktu pinjaman yang lama serta angsuran dan bunga ringan menjadi kelebihan dari produk pinjaman KUR Khusus Mandiri.

Bunga KUR Mandiri

Bunga KUR Mandiri

Ketertarikan masyarakat dengan pembiayaan KUR Mandiri bukan hanya karena kelengkapan informasi baik itu jenis, tabel angsuran maupun kemudahan dalam hal pengajuan. Namun juga karena suku bunga KUR Mandiri yang tergolong sangat ringan.

Dengan adanya suplai kuota KUR di tahun 2021 dari pemerintah. Mandiri menetapkan suku bunga efektif yang ringan dan flat sebesar 6% p.a per tahun atau bila dikalkulasikan lebih kecil, itu artinya setara dengan 0,2% flat per bulan.

Plafon KUR Mandiri

Plafon KUR Mandiri

Jika melihat pada tabel angsuran KUR Mandiri 2021serta menyimak pembahasan singkat di atas. Bisa kita ketahui bahwa disetiap produk KUR Mandiri punya besaran plafon berbeda-beda. Hal tersebut dibuat agar masyarakat dapat memilih serta menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan mereka.

Nah buat kalian yang memang tertarik untuk mengajukan pinjaman KUR Mandiri guna melengkapi modal usaha, berikut adalah tabel plafon KUR Mandiri yang sudah kami sesuaikan dengan jenis produk masing-masing.

Jenis ProdukPlafon Maksimal
KUR Super Mikro MandiriRp 10 juta
KUR Mikro MandiriRp 10 – 50 juta
KUR Kecil MandiriRp 50 – 500 juta
KUR TKI MandiriRp 25 juta
KUR Khusus MandiriRp 500 juta

Tabel plafon KUR Mandiri di atas bisa saja berubah sesuai ketentuan PT Bank Mandiri.

Tenor KUR Mandiri

Tenor KUR Mandiri
Jenis ProdukPlafon Maksimal
KUR Super Mikro MandiriKredit Modal Kerja (KMK) 3 tahun
Kredit Investasi (KI) 5 tahun
KUR Mikro MandiriKredit Modal Kerja (KMK) 3 tahun
Kredit Investasi (KI) 5 tahun
KUR Kecil MandiriKredit Modal Kerja (KMK) 4 tahun
Kredit Investasi (KI) 5 tahun
KUR TKI Mandiri3 tahun / 36 bulan
KUR Khusus MandiriKredit Modal Kerja (KMK) 4
Kredit Investasi (KI) 5 tahun

Syarat KUR Mandiri

Syarat KUR Mandiri

Memanfaatkan KUR Mandiri untuk melengkapi kebutuhan modal kerja memang menjadi langkah tepat. Namun sama seperti pinjaman bank pada umumnya. Untuk dapat mengajukan pinjaman KUR Mandiri, selain sudah mengetahui tabel angsuran, bunga serta plafon.

Setiap calon debitur juga diwajibkan untuk memahami dan melengkapi syarat pengajuan KUR Mandiri. Untuk itu sebelum kita masuk ke pembahasan terkait cara mengajukan dan tabel angsuran KUR Mandiri, berikut adalah syarat umum & dokumen yang perlu disiapkan.

1. Syarat Umum

  • Merupakan WNI dengan rentang usia antara 21 – 55 tahun atau sudah menikah.
  • Memiliki usaha produktif yang layak dan telah berjalan minimal 6 bulan.
  • Tidak memiliki kredit di bank lain kecuali KPR, Kartu Kredit, dan Kredit Konsumtif lainnya.
  • Mengisi formulir aplikasi KUR.

2. Syarat Dokumen

  • Fotocopy KTP suami istri masih aktif.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Fotocopy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk limit diatas Rp 50 juta.
  • Fotocopy Surat Nikah / Surat Cerai
  • Pas photo suami istri ukuran 4×6.
  • Melampirkan Nomor Induk Berusaha (NIB) / surat izin usaha dan atau keterangan usaha.
  • Melampirkan jaminan berupa aset seperti BPKB, tanah & bangunan.
  • Melampirkan surat perjanjian penempatan Pekerja Migran Indonesia (khusus KUR TKI).
  • Surat perjanjian kerja dengan pengguna bagi Pekerja Migran Indonesia (khusus KUR TKI).

Tabel Angsuran KUR Mandiri 2021

Dan ketika sudah mengetahui beberapa penjelasan penting sebelum melakukan pengajuan mulai dari syarat, jenis produk, bunga, dan tenor KUR Mandiri.

Berikut adalah beberapa tabel angsuran KUR Mandiri 2021 yang bisa kalian jadikan sebagai simulasi angsuran untuk tenor pinjaman  12, 24, 36, 48 atau bahkan 60 bulan.

1. Tabel Angsuran KUR Super Mikro

Tabel-Angsuran-KUR-Super-Mikro-Mandiri

2. Tabel Angsuran KUR Mikro

Tabel-Angsuran-KUR-Mikro-Mandiri

3. Tabel Angsuran KUR Kecil

Tabel-Pinjaman-KUR-Kecil-Mandiri
Tabel-Angsuran-KUR-Kecil-Mandiri
Brosur-Tabel-Angsuran-KUR-Kecil-Mandiri
Brosur-Angsuran-KUR-Mandiri-Kecil-
Brosur-Angsuran-KUR-Kecil-Mandiri

4. Tabel Angsuran KUR TKI

Tabel-Angsuran-KUR-TKI-Mandiri

5. Tabel Angsuran KUR Mandiri Khusus

Tabel Angsuran KUR Khusus

Cara Mengajukan KUR Mandiri

Cara Mengajukan KUR Mandiri

Bila tertarik mengajukan KUR Mandiri setelah mengetahui secara detail simulasi angsuran pada tabel angsuran KUR Mandiri di atas serta beberapa poin penting lain termasuk syarat, tenor dan bunga KUR Mandiri. Berikut adalah panduan cara mengajukan KUR Mandiri yang bisa kalian lakukan.

  1. Pertama siapkan semua syarat dokumen seperti sudah rkonline.id sampaikan di atas.
  2. Datangi kantor bank Mandiri terdekat dengan membawa semua persyaratan.
  3. Ambil nomor antrian untuk bertemu dengan customer service bank Mandiri.
  4. Saat nomor antrian dipanggil, silahkan temui customer service dan katakan kalian ingin melakukan pengajuan kredit KUR Mandiri.
  5. Biasanya customer service Mandiri akan menjelaskan detail bunga, tenor, plafon dari setiap jenis produk KUR Mandiri.
  6. Tentukan produk KUR dan tenor angsuran.
  7. Setelah itu isi formulir aplikasi pengajuan KUR dari CS Mandiri dengan data benar dan lengkap.
  8. Jika sudah, kalian akan diperbolehkan pulang untuk menunggu hasil evaluasi data kreditur dan juga proses survey.
  9. Jika pengajuan diterima, kalian akan diminta untuk mendatangi kantor bank Mandiri guna penandatanganan persetujuan dan pencairan.

Call Center

Call Center Mandiri

Jika memang masih ada kendala dan masih ada beberapa hal yang perlu ditanyakan terkait tabel angsuran KUR Mandiri 2021 seperti di atas rkonline.id sampaikan. Kami sangat menyarankan untuk segera menanyakannya ke pihak Call Center Mandiri berikut ini:

  • Telepon : 14000 / (021)-52997777
  • Email : mandiricare@bankmandiri.co.id
  • Telegram : @bankmandiricare
  • Facebook : @bankmandiricare
  • Twitter : @mandiricare
  • Website: https://www.bankmandiri.co.id/web/guest/kontak

Pertanyaan Seputar KUR Mandiri

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait pengajuan KUR Mandiri. Beberapa pertanyaan tersebut bahkan bisa dibilang merupakan hal mendasar yang sudah seharusnya calon debitur pahami. Nah beberapa pertanyaan yang kami maksud tersebut antara lain:

Apakah KUR Mandiri pakai jaminan?

Agunan dibutuhkan untuk KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil sampai Rp 100 juta berupa objek yang dibiayai. Sedangkan KUR Kecil di bawah Rp 100 juta dipersyaratkan memakai sertifikat tanah & bangunan atau BPKB kendaraan bermotor.

Berapa bunga pinjaman KUR Mandiri 2021?

Mandiri menetapkan bunga efektif sebesar 6% per tahun.

Berapa lama dana KUR Mandiri bisa cari?

Proses pencairan dana kredit hingga approval KUR Mandiri setidaknya membutuhkan waktu paling cepat 7 hari kerja.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan singkat yang sudah kami sampaikan di atas, setidaknya kesimpulan utama rkonline.id adalah KUR Mandiri menjadi opsi atau alternatif terbaik ketika membutuhkan modal kerja atau investasi dengan plafon bervariasi dan juga suku bunga rendah.

Selain itu proses pengajuan yang dapat dilakukan secara mudah pun bisa menjadi alasan lain menjadikan KUR Mandiri sebagai pilihannya. Kiranya cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan terkait tabel angsuran KUR Mandiri 2021 semoga bisa bermanfaat.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *