Tabel Angsuran KUR BRI 2021 Pinjaman 10 Sampai 500 Juta

Tabel Angsuran KUR BRI 2021 – Kredit Usaha Rakyat atau yang lebih dikenal dengan KUR, merupakan fasilitas pinjaman produktif yang ditawarkan hampir setiap lembaga perbankan. Tujuan utamanya untuk memfasilitasi kebutuhan modal bagi para pelaku UMKM.

Dari sekian banyaknya lembaga perbankan di Indonesia, BRI merupakan salah satu perbankan milik BUMN yang mendapatkan subsidi bunga pinjaman dari pemerintah. Ini membuat fasilitas kredit angsuran KUR menjadi lebih ringan dengan suku bunga yang lebih rendah.

Di tahun 2021 ini, calon debitur dapat mengajukan pinjaman KUR BRI dengan syarat mudah serta lebih fleksibel. BRI sendiri menyediakan beberapa jenis KUR untuk bisa dipilih sesuai kebutuhan dengan plafon mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 500 juta rupiah.

Tidak hanya menawarkan plafon besar. Calon debitur pun akan semakin dipermudah dengan adanya simulasi brosur tabel angsuran KUR BRI 2021. Sehingga mereka dapat menentukan jenis KUR mana yang sesuai kebutuhan. Setelah itu, tentunya bisa langsung menyiapkan syarat untuk pengajuannya.

Produk KUR BRI

Produk KUR BRI

Menjadi bank penyalur fasilitas Kredit Usaha Rakyat dengan jumlah nasabah besar. Seperti kami singgung sebelumnya, Bank Rakyat Indonesia saat ini punya beberapa jenis produk KUR BRI dengan plafon, tenor & suku bunga berbeda-beda. Untuk mengetahui detail tiap produk tersebut, simak penjelasan berikut ini.

1. KUR Mikro BRI

KUR Mikro bank BRI menjadi alternatif untuk bisa kalian jadikan sebagai alternatif disaat membutuhkan pinjaman modal usaha. Melalui jenis ini, kalian bisa mendapatkan plafon maksimal hingga Rp 50 juta. Dana tersebut nantinya data dipakai sebagai Kredit Modal Kerja / Investasi.

2. KUR Kecil BRI

Memberikan kemudahan masyarakat untuk bisa mendapatkan kredit modal kerja atau investasi dari Rp 50 – 500 juta menjadi keunggulan KUR Kecil BRI. Suku bunga efektif 6% per tahun, bebas biaya admin, provisi serta masa pinjaman maksimal 3-4 tahun jadi keunggulan KUR Kecil BRI.

3. KUR Sper Mikro

Seperti kami jelaskan pada pembahasan APA ITU KUR, BRI juga menawarkan program KUR Super Mikro. Yang dimana fasilitas ini memungkinkan kreditur bisa mendapatkan modal pinjaman hingga maksimal Rp 10 juta tanpa harus menyerahkan jaminan atau agunan.

4. KUR TKI BRI

Berikutnya adalah KUR TKI BRI, sesuai namanya KUR ini secara resmi disediakan BRI untuk para calon tenaga kerja Indonesia ketika ingin merantau di negeri orang. Dari rincian simulasi tabel angsuran KUR BRI 2021, produk KUR TKI memungkinkan debitur mendapat pinjaman maksimal Rp 25 juta dengan tenor panjang hingga 3 tahun.

Bunga KUR BRI

Bunga KUR BRI

Setelah mengetahui apa saja produk KUR BRI seperti di atas rkonline.id sampaikan. Mungkin ada dari kalian yang bertanya-tanya berapa kira-kira suku bunga KUR BRI dan apakah sesuai dengan rincian atau gambaran yang umum tertera di tabel angsuran KUR BRI 2021?.

Baca  KTA Bank Danamon 2021 : Bunga, Biaya, Syarat & Cara Pengajuan

Bicara mengenai suku bunga, seperti kami singgung di awal. Suku bunga yang ditawarkan BRI pada fasilitas pinjaman modal kerja & investasi ini tergolong sangat ringan. Pasalnya di hampir semua produk pinjaman yang ada, BRI hanya memberikan suku bunga efektif 6% per tahun.

Atau bila kita ambil per bulan, maka besaran suku bunga KUR BRI hanya 0.5% per bulan. Melihat akan hal tersebut, tidak bisa kita pungkiri banyak sekali masyarakat menjadi KUR BRI sebagai pilihan ketika sedang membutuhkan modal kerja, investasi atau kebutuhan konsumtif lainnya.

Plafon KUR BRI

Plafon KUR BRI

Upaya Bank Rakyat Indonesia memberi kemudahan bagi para pelaku UMKM dengan menyalurkan skema baru Kredit Usaha Rakyat di tahun 2021. Ada beberapa perubahan yang dilakukan, tidak terkecuali pada skema tabel angsuran KUR BRI serta plafon pinjaman di setiap produknya.

Kebijakan tersebut dilakukan untuk bisa memaksimalkan bantuan pemerintah terkait pasokan dana KUR BRI agar cepat tersalurkan ke masyarakat. Dalam hal ini setidaknya besaran plafon pinjaman KUR BRI juga kembali dinaikkan.

Berikut tabel plafon KUR pada tiap produk yang dapat kalian ajukan.

Jenis ProdukPlafon Maksimal
KUR Mikro BRIRp 50 juta
KUR Kecil BRIRp 50 – 500 juta
KUR Sper MikroRp 10 juta
KUR TKI BRIRp 25 juta / sesuai ketentuan pemerintah

Plafon KUR BRI di atas bisa berubah sesuai ketentuan bank BRI.

Tenor KUR BRI

Tenor KUR BRI

Banyak calon debitur menanyakan terkait jangka waktu / tanor angsuran KUR BRI di tahun 2021. Hal tersebut tentu karena sebelum melakukan pengajuan kredit, mereka bisa mendapatkan gambaran angsuran setiap bulannya.

Dengan begitu penyesuaian kemampuan finansial pun bisa dilakukan. Nah setelah mengetahui tabel plafon KUR BRI terbaru seperti di atas kami sampaikan. Berikut adalah tabel tenor maksimal bisa di pilih setiap debitur ketika ingin mengajukan pinjaman KUR di BRI.

Jenis ProdukTenor Maksimal
KUR Mikro BRIKredit Modal Kerja (KMK) 36 bulan
Kredit Investasi (KI) 60 bulan
KUR Kecil BRIKredit Modal Kerja (KMK) 48 bulan
Kredit Investasi (KI) 60 bulan
KUR Sper Mikro12 – 36 bulan
KUR TKI BRI36 bulan / sesuai kontrak kerja

Syarat KUR BRI

Syarat KUR BRI

Proses mengajukan kredit KUR BRI saat ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Tidak hanya bisa dilakukan dengan mendatangi kantor BRI terdekat, setiap calon debitur juga bisa mengajukan KUR BRI secara online lewat HP atau PC desktop.

Akan tetapi, untuk bisa melakukan pengajuan pinjaman, diharapkan para calon kreditur sudah melengkapi berkas persyaratan dibutuhkan. Apa saja kiranya syarat pengajuan KUR BRI 2021? berikut beberapa syarat harus dilengkapi saat ingin mengajukan KUR BRI.

  • Individu (perorangan) memiliki usaha produktif & layak diberi pinjaman modal usaha.
  • Usaha berjalan setidaknya minimal 6 bulan.
  • Tidak punya kredit bank lain selain angsuran konsumtif seperti KPR, KKB, serta Kartu Kredit.
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).
  • Fotocopy e-KTP.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Melengkapi formulir pengajuan KUR BRI secara detail & lengkap.

Tabel Angsuran KUR BRI 2021

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait syarat pengajuan, jenis produk, bunga dan tenor KUR BRI seperti di atas rkonline.id sampaikan dan tertarik. Berikut adalah tabel angsuran KUR BRI 2021 bisa kalian jadikan sebagai simulasi gambaran angsuran tiap bulan sesuai tenor baik 12, 24, 36, 48 atau bahkan 60 bulan.

Baca  12 Tabel Angsuran Adira 2021 (Jenis, Tenor, Bunga & Biaya)

1. Tabel Angsuran KUR Mikro BRI

Tabel-Angsuran-KUR-Mikro-BRI
Tabel-Pinjaman-KUR-BRI-Mikro

2. Tabel Angsuran KUR Kecil BRI

Tabel-Kredit-Pinjaman-BRI-Kecil
Tabel-Angsuran-Kredit-Usaha-Rakyat-KUR-BRI-Kecil

3. Tabel Angsuran KUR Speer Mikro

Tabel-Angsuran-KUR-Super-Mikro-BRI
KUR-BRI-Super-Mikro

4. Tabel Angsuran KUR TKI BRI

Tabel-Angsuran-KUR-TKI-Bank-BRI
Tabel-Kredit-KUR-TKI-BRI

Cara Mengajukan KUR BRI

Cara Mengajukan KUR BRI

Ketika ada kemauan melakukan pengajuan pinjaman KUR BRI setelah melihat tabel angsuran KUR BRI 2021 seperti di atas. Ada dua metode bisa kalian gunakan ketika ingin mengajukan KUR BRI. Kedua cara tersebut yakni online dan offline. Berikut panduan tata cara harus kalian ikuti.

1. Pengajuan KUR BRI Offline

  • Siapkan semua berkas persyaratan dibutuhkan sesuai dengan apa yang telah kami sampaikan di atas.
  • Kunjungi kantor bank BRI terdekat dengan membawa semua berkas persayaratan.
  • Ambil nomor antrian untuk bertemu customer service dan tunggu hingga dipanggil.
  • Saat nomor antrian dipanggil, temui CS Bank BRI lalu katakan bahwa kalian ingin mengajukan pinjaman KUR.
  • Berikan semua berkas persyaratan ke petugas untuk diperiksa.
  • Tentukan jenis KUR BRI dan tenor angsuran sesuai kemampuan.
  • Isi formulir pengajuan KUR sesuai arahan petugas, dan pastikan data sesuai dan benar.
  • Jika semua data sudah diterima pihak bank, kalian boleh pulang dan akan diberi kabar oleh pihak bank terkait survei serta analisa data pengajuan.
  • Jika pengajuan diterima, maka datangi kantor sesuai perjanjian untuk proses penandatanganan perjanjian pinjaman & pencairan.

2. Pengajuan KUR BRI Online

  • Buka situs resmi KUR BRI di alamat https://kur.bri.co.id/ lewat HP atau PC.
    1 Buka situs resmi KUR BRI
  • Selanjutnya pilih menu Ajukan Pinjaman KUR.
  • Login/Buat akun dengan email dan password.
    2 Login atau Buat akun
  • Lengkapi biodata diri mulai dari nama,  NIK dan juga Tempat/Tanggal lahir, Jenis kelamin dan lainnya dengan benar lalu tap lanjut.
    3 Lengkapi biodata diri
  • Isi detail alamat sesuai kalian tempat tinggal sekarang.
    4 Isi Alamat Lengkap
  • Masukkan informasi biodata diri pasang serta ibu kandung dan tap lanjut.
    5 Masukkan Biodata Pasangan
  • Lengkapi pula profil usaha dijalani.
    6 Lengkapi Profil Usaha
  • Pilih salah satu akun e-Commerce pada form pendaftaran dan tap unggah foto.
    7 Pilih salah satu akun e-Commerce
  • Unggah foto sesuai permintaan di aplikasi dan tap lanjut.
    9 Masukkan Plafon serta tenor
  • Masukkan Plafon serta tenor angsuran KUR BRI lalu tap ajukan.
    9 Masukkan Plafon serta tenor
  • Proses pengajuan pun sudah terkirim, kalian cukup tunggu sampai pihak BRI memberi kabar.
    10 Pengajuan Online KUR BRI berhasil

Call Center

Call Center

Apabila memiliki pertanyaan terkait pengajuan KUR BRI ataupun perihal lainnya. Kami sarankan untuk segera menanyakannya ke pihak bank BRI baik melalui kantor bank BRI maupun melalui layanan call center BRI berikut ini:

  • Telepon : 14017 dan 1500017
  • Email : callbri@bri.co.id
  • Instagram : bankbri_id
  • Twitter : @kontakbri
  • Facebook : @BRIofficialpage

Pertanyaan Seputar KUR BRI

Pertanyaan Seputar KUR BRI

Menjadikan KUR BRI untuk melengkapi modal usaha maupun investasi memang menjadi pilihan tepat. Akan tetapi tidak semua masyarakat tahu dan paham prosedur pengajuan pinjaman KUR.

Untuk itu di bawah ini ada beberapa kumpulan pertanyaan & penjelasan terkait prosedur pengajuan KUR BRI yang mungkin saja belum kalian ketahui.

1. Berapa Lama Proses Pencairan KUR BRI?

Tidak berbeda jauh dengan KUR Mandiri, BNI ataupun produk pinjaman dan pembiayaan lainnya. Secara umum proses pencairan KUR BRI membutuhkan waktu 7 – 14 hari kerja. Terhitung sejak proses survei dilakukan bank BRI.

2. Berapa Lama Proses Survei KUR BRI?

Survei pengajuan KUR BRI dilakukan untuk memastikan calon kreditur benar-benar punya usaha serta memastikan alamat tertulis benar adanya. Proses survei KUR sendiri biasanya dilakukan 1-2 hari setelah data diterima dan hasil survei maksimal keluar 7 hari.

Kesimpulan

Dari pembahasan singkat rkonline.id di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa KUR BRI bisa diajukan hanya perorangan (individu) yang memang memiliki usaha aktif. Di lain sisi, syarat untuk mengajukan KUR BRI pun sangat mudah untuk dilengkapi.

Seperti itulah kiranya penjelasan singkat terkait syarat, suku bunga, tenor, plafon, cara pengajuan KUR BRI serta tabel angsuran KUR BRI 2021 yang bisa kalian jadikan sebagai referensi. Semoga bisa membantu.

5/5 - (1 vote)

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *