Tabel Angsuran KUR BNI 2021 Pinjaman 10 Sampai 500 Juta

Tabel Angsuran KUR BNI 2021 – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah masih menjadi fokus utama bagi pemerintah dalam penyaluran subsidi kredit angsuran pinjaman modal melalui program KUR. Hampir semua bank pelat merah ditunjuk untuk menjadi penyalur, tidak terkecuali bank BNI.

Ditunjuknya PT Bank Negara Indonesia (BNI) menjadi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tentu saja membuat para pelaku bisnis UMKM semakin mudah dalam memperoleh kredit angsuran untuk kebutuhan modal usaha. Bahkan untuk bisa menarik masyarakat, BNI juga menawarkan berbagai macam produk serta promo.

Salah satunya dengan memberikan keringanan suku bunga. Yang dimana penetapan besaran suku bunga hampir sama seperti KUR MANDIRI maupun BRI yaitu sebesar 6% per tahun. Dengan suku bunga tersebut, para kreditur bahkan dapat menyesuaikan besaran tenor sesuai kebutuhan hingga maksimal 500 juta rupiah.

Bahkan guna memudahkan pemohon, BNI juga menawarkan tabel angsuran sebagai simulasi agar setiap pemohon dapat melakukan simulasi angsuran. Nah bicara mengenai tabel angsuran, dibawah ini sudah rkonline siapkan beberapa daftar brosur tabel angsuran KUR BNI 2021 yang dapat kalian jadikan sebagai gambaran.

Produk KUR BNI

Produk KUR BNI

Menjadi penyalur KUR bagi para pelaku bisnis UMKM, setidaknya BNI menawarkan beberapa jenis produk KUR yang dibedakan berdasarkan tenor cicilan serta besaran maksimal plafon pinjaman. Buat kalian yang tertarik, berikut adalah beberapa produk KUR BNI tersebut.

1. KUR BNI Mikro

KUR Mikro BNI adalah jenis produk pinjaman yang ditawarkan untuk pelaku UMKM dengan maksimal angsuran kredit sampai Rp 25 juta. Setiap masyarakat dapat memperoleh KUR BNI 2021 tanpa jaminan. Bahkan dengan angsuran ringan serta tenor mulai dari 3 tahun (KMK) serta 5 tahun (KI).

2. KUR BNI Kecil

Selain KUR Mikro, BNI juga mempunyai jenis produk angsuran KUR BNI Kecil. Memanfaatkan fasilitas pinjaman ini setidaknya para pelaku bisnis UMKM dapat memperoleh pinjaman mulai dari Rp 25 – 500 juta. Suku bunga flat serta angsuran ringan dengan tempo 3 – 5 tahun dan syarat pengajuan menjadi keunggulannya.

3. KUR BNI Tani

Untuk dapat meningkatkan kapasitas usaha masyarakat tani serta mutu serta kualitas hasil tani. Pemerintah lewat BNI juga memberikan penyaluran bantuan berupa modal usaha melalui program KUR Tani BNI. Namun berbeda dengan KUR BRI yang diberikan untuk para petani.

BNI menawarkan pinjaman kredit ini dengan maksimal angsuran hanya 5 bulan atau sesuai dengan musim tanam dalam satu kali panen. Selain itu, pinjaman ini juga dibedakan sesuai dengan jenis tanaman serta luasnya lahan tanam. Untuk detailnya seperti berikut ini.:

  • Pinjaman modal usaha tani untuk tanaman jagung maksimal sebesar Rp 15 juta.
  • Pinjaman modal usaha tani untuk tanaman padi maksimal sebesar Rp 22 juta rupiah.
  • Sementara luas lahan 2 hektar akan memperoleh suku bunga 6% per tahun.

4. KUR BNI TKI

Sementara jenis kredit angsuran KUR BNI yang terakhir adalah KUR BNI TKI. Sesuai namanya, KUR Ini lebih diperuntukkan bagi masyarakat yang merupakan TKI dan akan bekerja di luar negeri. Untuk maksimal tenor pinjaman sebesar Rp 25 juta denga tenor maksimal sebesar 3 tahun / sesuai dengan masa kontrak kerja.

5. KUR Super Mikro BNI

BNI juga memberikan modal pinjaman dengan maksimal angsuran Rp 10 juta lewat program KUR Super Mikro. Target utama program ini adalah para pekerja yang terdampak PHK serta ibu rumah tangga dengan kesibukan menjalankan usaha produktif. Di tahun 2021 penetapan suku bunga sudah 6% flat per tahun.

6. KUR Prakerja (Alumni)

Jenis produk KUR BNI 2021 terakhir adalah KUR Prakerja. Subsidi langsung dari pemerintah yang diberikan bagi para alumni Prakerja ini punya plafon maksimal Rp 10 juta rupiah. Dari informasi yang rkonline dapat, program ini hanya berlangsung sampai Desember 2021.

Jadi buat kalian yang merupakan alumni Prakerja bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah melalui KUR BNI khusus prakerja. Keuntungan lain dari fasilitas ini yaitu suku bunga yang hanya 3% saja.

Bunga KUR BNI

Diberikannya subsidi bunga langsung dari pemerintah. Membuat semua bank penyalur KUR yang ditunjuk pemerintah memiliki besaran suku bunga yang sama untuk setiap jenis produknya. Tidak terkecuali KUR BNI 2021.

Yang mana, seperti di atas kami sampaikan. KUR BNI di tahun 2021 ini hanya punya bunga sebesar 6 persen per tahun atau sebanding dengan 0.5 persen per bulan dengan perhitungan efektif dan flat.

Plafon KUR BNI

Bicara mengenai plafon KUR BNI, jika kita perhatikan pada tabel angsuran KUR BNI terbaru serta seperti apa yang sudah kami singgung di awal. Besaran plafon akan dibedakan sesuai dengan jenis produk KUR BNI yang masing-masing pilih. Namun plafond maksimal bisa kalian dapat antara Rp 10 – Rp 500 juta rupiah.

Untuk detail plafon tiap produknya, di bawah ini sudah rkonline buatkan tabel besaran plafon KUR BNI terbaru.

Jenis Produk KUR BNIPlafon Maksimal
KUR BNI MikroRp 25 juta
KUR BNI KecilRp 50 – Rp 500 juta
KUR BNI TaniRp 25 juta
KUR BNI TKIRp 25 juta
KUR Super Mikro BNIRp 10 juta
KUR Prakerja (Alumni)Rp 10 juta

Tabel plafon KUR BNI di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan bank BNI.

Tenor KUR BNI

Diberikannya kemudahan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) oleh pemerintah lewat bank BNI serta bank pelat merah lainnya. Tentu bertujuan untuk membuat para pelaku usaha dapat mengembangkan usaha yang sedang mereka bangun.

Di sisi lain, KUR BNI juga di harapkan akan bisa membuat perekonomian di Indonesia kembali normal. Apabila bicara mengenai tenor angsuran, seperti apa yang sudah kami singgung di atas, BNI memberikan pilihan tenor cukup panjang di hampir semua produk KUR mereka, untuk tabel detail tenor angsuran KUR BNI berikut rinciannya.

Jenis Produk KUR BNITenor Angsuran
KUR BNI MikroKredit Modal Kerja (KMK) 36 bulan
Kredit Investasi (KI) 60 bulan
KUR BNI KecilKredit Modal Kerja (KMK) 36 bulan
Kredit Investasi (KI) 60 bulan
KUR BNI Tani5 bulan / sesuai masa panen tiap musim
KUR BNI TKI36 bulan
KUR Super Mikro BNIKredit Modal Kerja (KMK) 36 bulan
Kredit Investasi (KI) 60 bulan
KUR Prakerja (Alumni) 36 bulan

Syarat KUR BNI

Setelah mengetahui beberapa tabel rincian terkait tenor angsuran dan juga tabel plafon kredit pinjaman yang bisa kalian dapatkan. Buat kalian yang memang tertarik melakukan pengajuan KUR BNI guna memenuhi keperluan modal usaha atau investasi. Berikut adalah beberapa syarat yang harus kalian lengkapi.

1. Syarat Umum KUR BNI

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Minimal sudah berusia 21 tahun / sudah menikah.
  • Calon kreditur telah menjalankan usaha minimal selama 6 bulan.
  • Nasabah tidak sedang memiliki kredit di bank lain kecuali angsuran kartu kredit & KPR.

2. Syarat Dokumen KUR BNI Perorangan

  • Fotokopi E-KTP aktif.
  • Fotokopi (KK) Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Surat Nikah bagi yang sudah menikah.
  • Fotokopi SKU / Surat Ijin Usaha / Surat Keterangan Usaha Dari Kelurahan.
  • Fotokopi jaminan untuk kredit KUR di atas Rp 50 juta.
  • NPWP untuk kredit KUR di atas Rp 50 juta.

3. Syarat Dokumen KUR BNI Badan Usaha

  • Fotokopi E-KTP aktif.
  • Fotokopi (KK) Kartu Keluarga.
  • Fotokopi SKU / Surat Ijin Usaha / Surat Keterangan Usaha sah dari Pemerintah Daerah dan / Surat keterangan usaha dari Kelurahan.
  • Fotokopi jaminan untuk kredit KUR di atas Rp 50 juta.
  • NPWP untuk kredit KUR di atas Rp 50 juta.
  • Terdapat biaya admin sebesar Rp 150 ribu.
  • Denda keterlambatan angsuran sebesar 5% per tahun dari saldo tertunggak.

Tabel Angsuran KUR BNI 2021

Silahkan siapkan semua berkas persyaratan di atas apabila tertarik melakukan pengajuan angsuran kredit KUR BNI untuk kebutuhan modal usaha & investasi. Dan berikut adalah rincian tabel angsuran KUR BNI 2021 untuk semua jenis produk KUR BNI yang bisa dijadikan sebagai simulasi.

1. Tabel KUR BNI Mikro

2. Tabel KUR BNI Kecil

Tabel Cicilan KUR BNI Kecil
Brosur Angsuran Kredit Usaha Rakyat BNI Kecil
Brosur KUR BNI Kecil
Tabel Angsuran KUR Bank BNI Kecil
Tabel Cicilan KUR BNI Kecil

3. Tabel KUR BNI Tani

4. Tabel KUR BNI TKI

5. Tabel KUR Super Mikro BNI

Tabel Cicilan KUR Super Mikro BNI
Tabel Angsuran KUR Super Mikro BNI

Cara Mengajukan KUR BNI

Guna meningkatkan kemudahan bagi calon kreditur dalam melakukan pengajuan pinjaman. PT Bank Negara Indonesia menyediakan dua fasilitas pengajuan KUR BNI 2021. Kedua fasilitas tersebut yakni online melalui e-form BNI dan offline melalui kantor cabang bank BNI terdekat.

Dan berikut ini adalah panduan cara mengajukan KUR BNI bisa kalian ikuti.

1. KUR BNI Offline

  1. Siapkan semua berkas persyaratan sesuai jenis produk dan tabel angsuran KUR BNI di atas.
  2. Kemudian datangi kantor bank BNI terdekat dengan membawa semua berkas persyaratan.
  3. Ambil nomor antrian bertemu customer service dan tunggu sampai di panggil.
  4. Saat nomor antrian di panggil, silahkan temui petugas dan katakan ingin melakukan pengajuan kredit angsuran KUR.
  5. Petugas biasanya akan menjelaskan secara rinci tentang jenis KUR, tenor, angsuran, syarat, bunga, biaya dan denda.
  6. Tentukan jenis KUR dan angsuran kemudian isi formulir pengajuan.
  7. Serahkan formulir beserta semua berkas persyaratan kepada customer service BNI.
  8. Petugas akan memeriksa kelengkapan dan menyerahkan kepada pihak analis.
  9. Sampai disini kalian sudah bisa diperbolehkan pulang.
  10. Nantinya ketika pengajuan di terima kalian akan diharap untuk mendatangi kantor untuk penandatanganan pencairan dan persetujuan.

2. KUR BNI Online

  1. Buka situs https://eform.bni.co.id/ lewat HP maupun Desktop kemudian pilih jenis nasabah dan tap lanjut.
    1 Buka eForm BNI
  2. Tampilan syarat dan ketentuan pun akan terlihat, silahkan kalian sesuaikan sesuai jenis produk pinjaman KUR. Bila sudah centang syarat & ketentuan dan klik lanjut.
    2 Setujui Syarat & Ketentuan
  3. Lengkapi data diri dan informasi usaha dengan jelas dan benar.
    3 Lengkapi Data Diri & Usaha
  4. Selanjutnya silahkan lengkapi informasi permohonan pinjaman sesuai formulir tertera dan klik lanjutkan.
    4 Lengkapi Infomrasi Permohonan
  5. Isi formulir bidang usaha sedang dijalani dengan lengkap dan tap lanjutkan.
    5 Lengkapi Informasi Bidang Usaha
  6. Formulir pengisian keuangan juga harus kalian isi secara lengkap dan klik lanjutkan.
    6 Isi Bagian Keuangan
  7. Terakhir silahkan centang syarat ketentuan lagi dan klik submit untuk mengajukan pinjaman serta untuk mendapatkan kode aplikasi.
    7 PEngajuan KUR BNI Online Berhasil
  8. Sampai disini kalian hanya perlu menunggu pihak bank BNI menghubungi lewat email / nomor telepon terdaftar untuk proses lanjutannya.

Call Center

Bagaimana apakah sudah jelas dan paham apa saja hal dibutuhkan ketika ingin melakukan pengajuan KUR BNI 2021 seperti di atas rkonline.id sampaikan? Apabila masih ada pertanyaan terkait tabel angsuran, bunga, syarat dan juga cara pengajuan kami sarankan untuk segera hubungi call center BNI di layanan berikut ini:

  • Telepon : 1500046 
  • Mobile Phone : +62-21-30500046
  • Email : bnicall@bni.co.id
  • Fax : +62-21-25541203
  • Facebook : @BNI
  • Instagram : @bni46
  • Twitter : @BNI

Pertanyaan Seputar KUR BNI

Ada banyak sekali pertanyaan terkait KUR BNI 2021 yang di ajukan masyarakat ketika ingin mengetahui atau bahkan ingin melakukan pengajuan KUR BNI. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin saja kalian juga ingin ketahui jawabannya.

Berapa bunga pinjaman KUR BNI 2021

Bunga efektif sebesar 6 persen per tahun.

Kredit Investasi BNI itu apa?

Kredit Investasi BNI adalah Kredit jangka menengah atau jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan investasi usaha melalui program KUR BNI.

Berapa lama proses survey KUR BI?

Proses survey dilakukan maksimal 3-5 hari kerja setelah data kreditur masuk ke analis BNI. Sementara proses persetujuan kredit membutuhkan waktu 3 – 7 hari jika disetujui.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat terkait KUR BNI 2021 seperti di atas kami sampaikan, setidaknya bisa kita tarik kesimpulan bahwa KUR BNI dapat diajukan dengan cara mudah baik online maupun offline. Syarat pengajuan mudah, serta bunga angsuran yang ringan, efektif dan flat sampai angsuran selesai.

Kami rasa cukup sekian informasi dapat rkonline.id sampaikan terkait tabel angsuran KUR BNI 2021. Semoga rincian dan penjelasan materi di atas bisa menjadi gambaran serta simulasi bagi kalian ketika tertarik untuk mendapatkan modal usaha dari PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *