2 Pinjaman BRI Tanpa Agunan 2021 Limit Hingga Rp 100 Juta Syarat Mudah

Pinjaman BRI Tanpa Agunan 2021 – Bank BRI dikenal sebagai salah satu bank BUMN yang menyediakan berbagai macam jenis pinjaman, salah satunya yang paling banyak diminati adalah pinjaman tanpa agunan. Seperti kita tahu bahwa setiap jenis pinjaman memang diperlukan agunan/jaminan. Namun tidak dengan bank BRI, dimana salah satu jenis pinjamannya ada yang tidak memerlukan agunan. Untuk jenis pinjaman BRI tanpa agunan ini diantaranya adalah KUR BRI dan juga BRIguna Karya atau biasa dikenal dengan Kredit Tanpa Agunan BRI.

Nah mengenai kedua jenis pinjaman tersebut, penting diketahui bahwa ada beberapa informasi penting yang bisa kalian dapatkan di pertemuan kali ini. Selain membahas terkait pembahasan utama mengenai pinjaman BRI tanpa agunan 2021, rkonline.id juga akan memberikan informasi lainnya seperti limit pinjaman, syarat pengajuan, cara pengajuan dan juga informasi tabel angsuran kedua pinjaman tersebut. Maka dari itu kalian bisa terus simak pembahasan kali ini sampai akhir nanti agar wawasan mengenai pinjaman menjadi luas.

Membahas mengenai pinjaman BRI tanpa agunan, di tahun 2021 ini bank BRI menyediakan BRIguna Karya dan juga KUR BRI yang bisa kalian jadikan opsi utama untuk mendapatkan dana tunai hingga Rp 100 juta. Bagi kalian yang mungkin memiliki usaha atau pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), mungkin KUR BRI bisa kalian ajukan dengan syarat mudah tanpa harus melampirkan jaminan seperti BPKB maupun SHM. Sedangkan bagi kalian yang berprofesi sebagai karyawan atau pegawai, BRIguna Karya adalah jenis pinjaman paling rekomendasi.

Sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman BRI tanpa jaminan 2021, kami juga akan memberikan informasi lainnya terkait tabel angsuran, mulai dari tabel angsuran KUR BRI dan juga tabel angsuran BRIguna Karya. Baiklah daripada penasaran terkait pembahasan tersebut, di bawah ini dapat langsung kalian simak informasi lengkap pinjaman BRI tanpa agunan 2021 yang telah rkonline.id siapkan berikut.

Pinjaman BRI Tanpa Agunan

Jenis Pinjaman BRI Tanpa Agunan 2021

Seperti sudah kami singgung diatas bahwasanya Bank BRI memiliki 2 jenis pinjaman tanpa agunan, yaitu BRIguna Karya dan KUR BRI. Adapun penjelasan lengkap terkait 2 jenis pinjaman tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

1. KUR BRI

KUR BRI adalah adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. KUR sendiri menjadi salah satu fasilitas pinjaman dari pemerintah yang disalurkan kepada beberapa pelaku UMKM melalui bank-bank BUMN seperti BRI, Mandiri, BNI, BTN dan juga lainnya. Setiap suku bunga dibebankan juga sama, dimana untuk tahun 2021 KUR BRI hanya memberikan bunga sebesar 3% saja.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa 3% bunga tersebut sisanya merupakan subsidi dari pemerintah, jadi para nasabah nantinya tidak wajib melakukan pembayaran bunga hingga 6%. Bunga KUR tersebut juga merupakan bagian dari bantuan pemerintah untuk para pelaku usaha di masa pandemi Coivd-19.

2. BRIguna Karya

Jenis pinjaman BRI tanpa jaminan berikutnya adalah BRIguna Karya. BRIguna Karya sendiri adalah salah satu fasilitas Kredit Tanpa Agunan atau KTA dari Bank BRI yang diberikan kepada calon debitur/ debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). Briguna Karya juga dapat digunakan untuk pembiayaan berbagai keperluan nasabah, mulai dari keperluan produktif hingga non produktif seperti pembelian barang bergerak/tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah/ sekolah, pengobatan, pernikahan, dan lain-lain.

Untuk soal suku bunga, BRIguna Karya memberikan fasilitas kredit dengan suku bunga yang berbeda sesuai dengan jangka waktu kredit yang diambil. Untuk jangka waktu 12-24 bulan, suku bunganya sebesar 13 persen per tahun atau 1,08 persen per bulan.

Limit Pinjaman BRI Tanpa Jaminan

Informasi selanjutnya terkait pembahasan pinjaman BRI tanpa jaminan adalah limit pinjaman. Setiap jenis pinjaman bank BRI tentunya memiliki limit yang berbeda-beda. Nah untuk limit dari kedua pinjaman tersebut bisa kalian simak penjelasan berikut ini.

1. Limit Pinjaman KUR BRI

KUR BRI memiliki limit pinjaman mulai dari Rp 10 juta hingga maksimal Rp 500 juta. Sebelumnya ketahui dulu bahwa KUR BRI memiliki beberapa jenis, nah di setiap jenisnya memiliki maksimal limit berbeda-beda.

Jenis KUR BRILimit Pinjaman
KUR Super MikroRp 10.000.000
KUR MikorRp 25.000.000 – Rp 50.000.000
KUR Retail/KecilRp 25.000.000 – Rp 500.000.000
KUR TaniRp 25.000.000

2. Limit Pinjaman BRIguna Karya

Kemudian untuk limit pinjaman BRIguna Karya, melalui website resmi bank BRI, pinjaman ini kabarnya memiliki limit pinjaman yang tidak terbatas sesuai dengan kemampuan calon debitur. Namun, menurut informasi lainnya limit pinjaman ini akan disesuaikan dengan jenis jabatan calon debitur, atau disini bisa kita asumsikan secara umum untuk limit pinjaman mulai dari Rp 25.000.000 sampai maksimal Rp 1 milyar.

Syarat Pengajuan Pinjaman BRI Tanpa Agunan 2021

Kemudian untuk soal syarat pengajuan, informasi ini mungkin menjadi salah satu yang paling penting. Setiap jenis pinjaman biasanya memiliki syarat pengajuan berbeda-beda, lebih jelasnya simak syarat pengajuan KUR BRI dan BRIguna Karya berikut ini.

1. Syarat Pengajuan KUR BRI

KUR Mikro BANK BRI

  • Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha

KUR Kecil BANK BRI

  • Mempunyai usaha produktif dan layak
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan

KUR TKI BANK BRI

  • Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  • Identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga
  • Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
  • Perjanjian penempatan
  • Passpor
  • Visa
  • Persyaratan lainnya sesuai ketentuan

2. Syarat Pengajuan BRIguna

  • KTP
  • NPWP
  • Kartu Keluarga
  • Asli SK Pengangkatan Pertama dan SK Terakhir
  • Slip Gaji
  • Fotocopy Buku Tabungan BRI
  • Pas Photo Suami / Istri (bagi yang sudah menikah)
  • Surat Rekomendasi dari atasan debitur
  • Form Permohonan Pengajuan Pinjaman

Cara Pengajuan Pinjaman BRI Tanpa Jaminan

Kemudian untuk cara pengajuan, disini kami lebih menyarankan untuk melakukan pengajuan pinjaman BRI tanpa agunan secara offline atau mendatangi langsung kantor cabang BRI setempat. Adapun langkah-langkahnya, kalian bisa simak di bawah ini.

  • Siapkan semua berkas persyaratan dibutuhkan sesuai dengan apa yang telah kami sampaikan di atas.
  • Kunjungi kantor bank BRI terdekat dengan membawa semua berkas persyaratan.
  • Ambil nomor antrean untuk bertemu Customer Service dan tunggu hingga dipanggil.
  • Saat nomor antrean dipanggil, temui CS Bank BRI lalu katakan bahwa kalian ingin mengajukan pinjaman KUR.
  • Berikan semua berkas persyaratan ke petugas untuk diperiksa.
  • Tentukan jenis KUR BRI dan tenor angsuran sesuai kemampuan.
  • Isi formulir pengajuan KUR sesuai arahan petugas, dan pastikan data sesuai dan benar.
  • Jika semua data sudah diterima pihak bank, kalian boleh pulang dan akan diberi kabar oleh pihak bank terkait survei serta analisa data pengajuan.
  • Jika pengajuan diterima, maka datangi kantor sesuai perjanjian untuk proses penandatanganan perjanjian pinjaman dan pencairan.

Tabel Angsuran Pinjaman BRI Tanpa Agunan 2021

Sebagai informasi tambahan, di bawah ini kami juga menyiapkan informasi tabel angsuran pinjaman BRI tanpa agunan 2021 yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman tersebut.

1. Tabel KUR BRI

Tabel KUR BRI Rp 50 Juta
Tabel KUR BRI Rp 500 juta

2. Tabel BRIguna

Tabel Angsuran BRIguna
Tabel Angsuran BRIguna Purna

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai pinjaman BRI tanpa agunan, disini bisa disimpulkan bahwa BRI memiliki 2 jenis pinjaman tersebut, yakni KUR BRI dan juga BRIguna. Kedua jenis pinjaman tersebut bisa diajukan dengan syarat mudah tanpa harus melampirkan agunan. Limit yang didapat juga bisa dikatakan lumayan besar, bahkan hingga mencapai Rp 1 milyar.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai pinjaman BRI tanpa agunan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat rkonline.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *