4 Daftar Pinjaman KUR BRI 2022 (Bunga, Limit dan Tenor)

Daftar Pinjaman KUR BRI 2022 – KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program pinjaman Pemerintah yang diperuntukkan bagi para pelaku UMKM dan juga TKI. Bank BRI menjadi salah satu yang mendapatkan kepercayaan Pemerintah untuk menyalurkan program pinjaman KUR tersebut. Seperti kita ketahui bahwa mayoritas mata pencaharian masyarakat Indonesia adalah UMKM, maka dari itu pihak Pemerintah berharap dengan adanya program ini para pelaku UMKM bisa terus mengembangkan usahanya agar mampu bersaing. Menariknya dari pinjaman KUR BRI, calon debitur tidak diharuskan untuk melampirkan jaminan/agunan.

Selain sebagai pinjaman bank BRI terbaik, KUR juga menjadi pinjaman BRI tanpa agunan yang bisa kalian pilih untuk mendapatkan dana tunai dengan limit hingga Rp 500 juta. Membahas mengenai kur BRI di pertemuan ini kami akan memberikan informasi terkait daftar pinjaman kur BRI 2022. penting diketahui juga bahwa BRI ini memiliki 4 daftar pinjaman kur BRI, diantaranya adalah KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil dan KUR TKI. Keempat jenis KUR tersebut juga memiliki syarat serta limit pinjaman yang berbeda-beda. Kemudian untuk soal persyaratan juga sebenarnya ada beberapa perbedaan, khususnya untuk soal dokumen tambahan.

Membahas terkait daftar pinjaman KUR BRI 2022, penting diketahui juga bahwa setiap Bank HIMBARA yang dipercaya untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat ini memiliki daftar KUR berbeda. Ada yang hanya menyediakan KUR Mikro, Kecil dan TKI saja, ada juga yang menyediakan KUR sama persis dengan KUR BRI. Kemudian untuk soal syarat jaminan, kami rasa hanya KUR Bank BRI yang memiliki keunggulan dimana calon debitur tidak diwajibkan melampirkan jaminan ketika mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat satu ini. Maka dari itu tak heran jika Bank BRI kerap menjadi pilihan utama para pelaku UMKM yang membutuhkan dana pinjaman untuk mengembangkan usaha mereka.

Ada banyak informasi lengkap mengenai daftar pinjaman KUR BRI 2022 yang akan kami bahas di pertemuan kali ini. Maka dari itu kalian dapat terus simak pembahasan ini sampai akhir nanti agar mendapatkan informasi detail semua jenis KUR BRI. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai daftar pinjaman KUR BRI 2022 mulai dari penjelasan, limit pinjaman, bunga, tenor dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak informasinya berikut ini.

Daftar Pinjaman KUR BRI 2021

Apa Itu KUR Bank BRI?

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan lainnya disini kami akan menyampaikan lebih dulu mengenai Apa yang dimaksud dengan KUR bank BRI. Program KUR atau kredit usaha rakyat adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah atau UMKM yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Program ini juga ditujukan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Lalu penting diketahui juga bahwa hanya dari pinjaman kur yang disediakan ini berupa dana keperluan modal kerja serta investasi, yang mana keduanya disalurkan kepada para pelaku UMKM baik individu maupun badan usaha Atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak akan tetapi belum memiliki agunan tambahan/feasible namun belum bankable.

Daftar Pinjaman KUR BRI 2022 Terlengkap

Masuk ke dalam pembahasan inti terkait daftar pinjaman kur BRI 2022, mengenai daftar pinjaman KUR BRI sudah kami siapkan beberapa daftar berikut penjelasan lengkapnya yang dapat kalian simak di bawah ini.

1. KUR Super Mikro

Pertama ada KUR BRI Super Mikro. Seperti kita ketahui bahwa saat ini di tengah pandemi Covid-19, ada banyak sekali perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK yang menyebabkan perekonomian setiap warga menjadi di sangat menurun. dengan adanya hal tersebut pemerintah akhirnya mengeluarkan program baru yang dikenal dengan KUR Super Mikro. Lalu apa yang dimaksud dengan KUR Super Mikro? KUR Super Mikro atau Kredit Usaha Rakyat Super Mikro adalah bantuan modal dari Bank BRI kepada UMKM yang masih kecil atau Super Mikro dengan nilai pinjaman yang disalurkan maksimal adalah Rp 10 juta.

2. KUR Mikro

Kemudian untuk daftar pinjaman KUR BRI berikutnya adalah KUR Mikro. Kur Mikro sendiri adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada pelaku usaha mikro yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Untuk program KUR ini juga tidak berbeda dengan jenis KUR lainnya yang dimiliki oleh bank BRI. Adapun untuk besaran limit yang diberikan juga tentunya lebih besar dibandingkan dengan KUR Super Mikro diatas, yakni maksimal Rp 50.000.000.

3. KUR Kecil/Ritel

Selanjutnya ada KUR Ritel. KUR Ritel sendiri merupakan kredit investasi ataupun kredit modal kerja yang diberikan kepada Debitur dengan usaha produktif. Untuk minimal pinjaman atau plafon yang diberikan mulai dari Rp 50 juta hingga Maksimal Rp 500 juta per debitur. Bisa dikatakan bahwa jenis kur BRI dengan plafon paling tinggi diantara lainnya.

4. KUR TKI

Selain memberikan pinjaman kepada para pelaku UMKM Bank, BRI juga menyediakan KUR yang diperuntukkan kepada para tenaga kerja asal Indonesia Atau dikenal juga dengan KUR TKI. besaran plafon yang diberikan maksimal Rp 25 juta atau berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Informasi Persyaratan Pengajuan KUR BRI 2022

Setelah mengetahui informasi diatas terkait daftar pinjaman KUR BRI, berikutnya kami akan memberikan informasi terkait syarat apa saja yang diperlukan untuk pengajuan masing-masing daftar KUR BRI diatas. Untuk lebih jelasnya simak informasinya di bawah ini.

1. Syarat KUR Super Mikro BRI

  • Individu (perorangan)
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  • Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

2. Syarat KUR Mikro BRI

  • Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usah

3. Syarat KUR Kecil/Ritel BRI

  • Mempunyai usaha produktif dan layak
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan

4. Syarat KUR TKI BRI

  • Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  • Identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga
  • Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
  • Perjanjian penempatan
  • Paspor
  • Visa
  • Persyaratan lainnya sesuai ketentuan

Bunga, Tenor & Limit Pinjaman KUR BRI

Berlanjut ke pembahasan berikutnya adalah mengenai informasi suku bunga tenor dan juga limit pinjaman kur BRI. Penting diketahui disini bahwasannya untuk suku bunga, KUR BRI ini memiliki tingkat suku bunga yang bisa dikatakan lebih rendah jika dibandingkan dengan beberapa jenis pinjaman lainnya. Dimana untuk bunganya sendiri adalah sebesar 6% pertahun. Kemudian besaran suku bunga tersebut juga berlaku untuk semua jenis KUR BRI baik KUR Super Mikro, Mikro, Ritel maupun KUR TKI. Lalu untuk soal tenor, tenor yang diberikan tergantung dari jenis pinjaman KUR tersebut, jika calon debitur mengajukan pinjaman untuk investasi maka tenor yang diberikan maksimal 5 tahun. Sedangkan untuk kredit modal kerja, tenor yang diberikan maksimal 3 sampai 4 tahun.

Adapun untuk informasi limit pinjaman, seperti sudah kami singgung di atas bahwasanya setiap jenis pinjaman KUR BRI ini memiliki besaran limit atau plafon yang berbeda-beda. untuk KUR Super Mikro sendiri plafon yang diberikan maksimal Rp 10 juta, Kemudian untuk kur mikro maksimal Rp 50 juta, KUR TKI maksimal Rp 25 juta dan Kur kecil maksimal Rp 500 juta

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai daftar pinjaman KUR BRI 2022, Di sini bisa kami tarik kesimpulan bahwa kur ini memiliki beberapa Apa jenis. Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa ada 4 jenis KUR yang bisa diajukan mulai dari Super Mikro, KUR Mikro, Ritel dan juga KUR TKI. Adapun untuk soal pengajuan, pengajuan KUR ini hanya bisa diajukan melalui kantor cabang setempat. Untuk syarat yang diperlukan juga kami rasa cukup mudah terlebih lagi kalian tidak memerlukan jaminan ataupun agunan.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kami sampaikan terkait daftar pinjaman KUR BRI. Baiklah mungkin hanya ini saja yang bisa rkonline.id sampaikan semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.