14 Contoh Surat Keterangan Penghasilan PDF & Word

Contoh Surat Keterangan Penghasilan – Pada sistem administrasi memang dibutuhkan data maupun dokumen sehingga dapat dengan jelas informasinya. Dalam hal tertentu beberapa dokumen wajib diserahkan supaya proses memasukkan informasi dapat dilakukan dengan baik. Salah satunya adalah surat keterangan penghasilan dimana memiliki sifat resmi dimana menjelaskan mengenai informasi jumlah gaji dengan detail.

Sebelumnya kami juga sudah pernah membahas mengenai contoh surat perjanjian renovasi rumah dimana termasuk surat resmi. Demikian pula dengan keterangan penghasilan dimana mampu menjelaskan gaji yang diperoleh untuk memenuhi syarat tertentu misalnya pengajuan pinjaman, kenaikan pangkat, pengajuan beasiswa dan lain sebagainya.

Citayam

Pada dasarnya kita memang dapat melihat contoh surat sebelum membuatnya supaya paham format serta susunannya. Memang contoh surat bisa jadi acuan ketika memerlukan syarat untuk beberapa aktivitas. Secara resmi nantinya surat juga disahkan oleh perusahaan/lembaga lewat bagian keuangan dimana memiliki kekuatan hukum yang sah.

Dalam contoh surat penghasilan memang tidak memiliki aturan yang baru, jadi dapat dibuat sesuai dengan tujuan sendiri. Kemudian format yang digunakan memakai surat resmi namun menjelaskan informasi penghasilan dengan rinci. Untuk dapat menyusunnya kalian dapat simak contoh surat keterangan penghasilan yang sudah dirangkum rkonline.id dibawah ini.

Apa itu Surat Keterangan Penghasilan?

Surat keterangan penghasilan adalah surat resmi yang memiliki isi jumlah gaji karyawan/pegawai dengan rinci. Secara langsung surat keterangan penghasilan digunakan untuk beberapa kebutuhan administrasi contoh nya pengajuan beasiswa anak, pinjaman ke bank, melamar kerja bahkan sampai pembuatan visa luar negeri.

Termasuk kedalam dokumen resmi sehingga untuk pembuatannya memang berasal dari perusahaan, lembaga ataupun badan hukum. Pada umumnya dokumennya dibuat oleh bagian keuangan ataupun bisa oleh bagian HRD dimana memiliki informasi resmi. Dokumen ini juga memiliki dasar hukum yang kuat sehingga tidak dapat dipalsukan.

Fungsi Keterangan Penghasilan

Dalam prosesnya untuk mendapatkan keterangan pendapatan kalian wajib melakukan permohonan ke perusahaan/lembaga berkaitan. Dalam pengajuannya juga wajib menyertakan tujuan pembuatan yang jelas agar tidak disalahgunakan. Kemudian beberapa fungsi keterangan penghasilan adalah sebagai berikut.

  • Sebagai syarat untuk mengajukan berbagai jenis pinjaman ke pihak Bank. Hal tersebut mencakup KPR, KTA, modal usaha, pembiayaan kendaraan bermotor, haji, umrah serta bentuk lainnya. Pihak Bank akan meminta surat keterangan penghasilan sebagai bukti bahwa debitur memiliki pendapatan tetap.
  • Untuk syarat membuat visa terutama ketika ada perjalanan dinas keluar negeri. Keterangan penghasilan wajib disertakan untuk membuktikan karyawan memang mempunyai situasi keuangan yang baik.
  • Mengklaim JHT/Jaminan Hari Tua dimana menjadi salah satu syarat untuk membuktikan pekerjaan dan lokasi dimana bekerja. Jadi dengan surat keterangan penghasilan maka dana JHT bisa dicairkan.
  • Mengajukan beasiswa dimana menggunakan surat keterangan pendapatan orang tua. Universitas atau sekolah menjadikannya sebagai bahan pertimbangan apakah anak layak mendapatkan beasiswa atau tidak.
  • Dipakai untuk lamaran kerja, dengan memberikan gambaran penghasilan maka perusahaan dapat menentukan gaji yang sesuai. Pada umumnya keterangan pendapatan memang jarang digunakan, namun tidak menutup kemungkinan ada perusahaan yang mewajibkannya.

Bagian Surat Keterangan Penghasilan

Ketika membuat surat dapat melihat contoh sehingga formatnya akan diketahui. Pada dasarnya terdapat beberapa jenis bagian yang harus ada pada surat keterangan pendapatan. Masing masing bagian memiliki fungsi memperjelas gaji/pendapatan yang diterima kartawan secara resmi.

  • Kop surat dari perusahaan/lembaga/instansi sehingga resmi.
  • Mencantumkan nama serta nomor dari surat.
  • Mencantumkan data diri pegawai secara jelas.
  • Mencantumkan rincian gaji seperti gaji pokok, bonus, insentif, transport, uang makan bahkan pajak.
  • Memberikan informasi tujuan surat keterangan penghasilan.
  • Menyertakan tanggal surat dibuat.
  • Memiliki nama serta tanda tangan perusahaan/lembaga/instansi.

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Memang surat keterangan penghasilan/SKP masuk dalam dokumen resmi dimana dikeluarkan oleh lembaga tertentu. Dokumennya juga menjadi alat validasi apakah benar nama yang tercantum memiliki penghasilan tetap. Bagi penyedia kredit, hal tersebut bisa jadi bukti bahwa debitur memiliki kemampuan untuk membayar cicilan.

Sedangkan untuk pengajuan beasiswa akan membuktikan pekerjaan dan juga pendapatan orang tua. Demikian pula ketika membutuhkannya sebagai syarat visa dimana menjelaskan pendapatan sehingga dipercaya untuk melakukan perjalanan kerja. Lebih jelasnya untuk contoh surat keterangan penghasilan silahkan simak seperti dibawah ini.

1. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Wiraswasta

Pertama adalah contoh surat keterangan penghasilan wiraswasta dimana menerangkan penghasilan yang didapatkan sebagai pengusaha ataupun pekerja mandiri. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan seperti pengajuan pinjaman, beasiswa syarat mendaftar kuliah dan lain sebagainya. Kemudian untuk contoh format surat keterangan penghasilan wiraswasta seperti dibawah ini.

Surat Keterangan Penghasilan

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama :
Tempat, Tgl Lahir :
Alamat :
Pekerjaan : Wiraswasta
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama :
No KTP :
No KK :

Menyatakan jika yang bersangkutan memiliki penghasilan sebesar Rp. 6.000.000 (enam juta rupiah) setiap bulan. Surat ini dibuat dengan tujuan sebagai persyaratan ……… Demikian surat keterangan ini saya buat dengan benar adanya. Untuk selanjutnya mohon dapat dipergunakan sebagaimana mestinya

Medan, …………

Yang Menyatakan

(nama)

2. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Dari Desa

Selanjutnya adalah contoh surat keterangan penghasilan dari desa dimana seringkali dipakai untuk mengajukan pinjaman modal. Namun ada pula yang menggunakannya untuk mendapatkan beasiswa karena memang tidak bersangkutan dengan perusahaan. Pada dasarnya secara resmi tiap desa akan memiliki kop surat, nomor surat, tanda tangan dan cap stempel sebagai bukti resmi.

KOP SURAT DESA/KELURAHAN
SURAT KETERANGAN Nomor ………………
Yang Bertanda Tangan dibawah ini

Nama :
Alamat:

adalah Ketua RT/RW/Kepala Dusun ……… Desa/Kelurahan ….. Kecamatan………. Kabupaten:………… Provinsi…………. Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa:

Nama :
Alamat : (RT/RW/Dusun), Kecamatan….

Bekerja sebagai Pedagang alat-alat bengkel di …….. dengan rata-rata penghasilan setiap bulan adalah Rp…………….., (terbilang: …… …………rupiah). Melalui surat keterangan penghasilan ini ditujukan untuk pengajuan pinjaman modal dari Bank…

Demikian surat keterangan penghasilan ini dibuat dengan sebenarnya

Mengetahui
Kepala Desa

(Nama)

3. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Berikutnya adalah contoh surat keterangan penghasilan orang tua dimana dibutuhkan siswa untuk mengajukan beasiswa. Pada dasarnya tiap pelajar ataupun mahasiswa wajib menyertakan surat keterangan penghasilan orang tua untuk dinilai apakah benar benar layak mendapatkan beasiswa berdasarkan pendapatan perbulannya.

4. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Daftar Kuliah

Berikutnya adalah contoh surat keterangan penghasilan orang tua untuk daftar kuliah, tujuan pembuatannya adalah untuk syarat proses daftar di perguruan tinggi. Dalam hal ini ada juga disertai dengan kesanggupan untuk dapat membayar biaya kuliah sampai selesai. Format yang digunakan adalah sebagai berikut.

SURAT PERNYATAAN PENGHASILAN ORANG TUA

Yang bertanda tangan di bawah ini, kami:

Nama :
Umur :
Pekerjaan :
Alamat :

adalah orang tua dari
Nama Mahasiswa :
Jenis Kelamin :
Tempat Tgl. Lahir :

menyatakan bahwa saat ini, kami selaku orang tua mempunyai penghasilan keluarga rata-rata sebesar Rp………../bulan.

Demikian, surat keterangan penghasilan dibuat dengan sebenarnya. Apabila peryataan ini tidak benar/menyimpang dengan keadaan yang sebenarnya, kami bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan, termasuk pembatalan anak kami sebagai mahasiswa di……..

Yang membuat pernyataan

(nama)

5. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Word

Kemudian kami juga sudah menyediakan contoh surat keterangan penghasilan word dimana dapat diedit dan dirubah sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai jenis kebutuhan termasuk pengajuan pinjaman, KPR maupun lainnya. Tinggal download saja langsung keterangan penghasilan dibawah ini.

6. Surat Keterangan Penghasilan PDF

Lalu ada juga surat keterangan penghasilan pdf dimana dibutuhkan apabila ingin dikirimkan secara online. Pada dasarnya beberapa pihak membutuhkan surat keterangan penghasilan dalam file pdf karena lebih mudah dikirimkan dan juga filenya ringan. Langsung saja download surat keterangan penghasilan sebagai berikut.

7. Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk Pengajuan Kredit

Kemudian ada contoh surat keterangan penghasilan untuk pengajuan kredit dimana akan sangat dibutuhkan. Kebanyakan perusahaan atau lembaga keuangan memang mewajibkan syarat keterangan penghasilan untuk melihat apakah debitur benar benar layak diberikan fasilitas kredit.

Surat Keterangan Penghasilan

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Jabatan :
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:
Nama :
Jabatan :

Merupakan karyawan dari….. semenjak……sampai saat ini. Ada pun perincian gaji…. setiap bulan, khususnya pada…..sebagai berikut:
Gaji Pokok :
Uang makan :
Transport :
Kesehatan :
Lain-lain :

Surat keterangan penghasilan ditujukan untuk syarat pengajuan pinjaman di……….

[Tempat dan Tanggal]

[Nama Karyawan]

8. Keterangan Penghasilan Untuk KPR

Selain pengajuan kredit, syarat KPR juga mewajibkan adanya keterangan penghasilan dimana wajib dipenuhi. Karena nominal pembiayaan yang besar pastinya penyedia KPR ingin debiturnya memiliki kemampuan finansial yang baik.

9. Keterangan Penghasilan Pinjaman KTA

Selanjutnya adalah untuk pengajuan pinjaman KTA/Kredit Tanpa Agunan dimana membutuhkan syarat keterangan penghasilan. Karena pinjamannya tidak memakai jaminan maka penghasilan debitur akan jadi hal utama untuk menentukan apakah lolos ataupun tidak.

10. Keterangan Penghasilan dari Kelurahan

Berikutnya adalah contoh surat keterangan penghasilan dari keluarahan dimana hampir sama seperti desa. Penggunaannya dapat untuk mengajukan kredit ataupun beasiswa untuk pelajar. Secara langsung keterangan ini bersifat resmi sehingga informasinya dapat dipertanggung jawabkan.

11. Keterangan Penghasilan PNS

Kemudian ada juga contoh surat keterangan penghasilan PNS dimana didapatkan dari dinas. Kebanyakan dipakai untuk mengajukan kredit di Bank. Secara resmi surat keterangan penghasilan PNS dikeluarkan oleh bendahara instansi terkait.

12. Keterangan Penghasilan Karyawan

Lalu ada contoh surat keterangan penghasilan karyawan dimana banyak digunakan untuk mengajukan fasilitas kredit ataupun visa. Yang dapat mengeluarkan bukti keterangan penghasilan karyawan hanya pihak keuangan perusahaan ataupun HRD personalia.

13. Keterangan Penghasilan dari Perusahaan

Kemudian keterangan penghasilan yang didapat dari perusahan kebanyakan dipakai untuk syarat membuat visa perjalanan keluar negeri. Kebanyakan yang menandatanginnya adalah manager sehingga memiliki otoritas lebih tinggi.

14. Keterangan Penghasilan Bahasa Inggris

Lalu ada juga contoh surat keterangan penghasilan berbahasa Inggris dimana dikeluarkan oleh perusahaan multinasional. Selain sebagai syarat pengajuan visa, dokumennya juga dapat dipakai untuk mengajukan fasilitas kredit.

Kesimpulan

Kami juga sudah pernah membahas mengenai contoh surat perjanjian gadai mobil dimana memiliki kekuatan hukum yang sama. Dengan menggunakan keterangan penghasilan maka kalian dapat memenuhi semua syarat administrasi yang dibutuhkan. Semoga informasi diatas dapat membantu kalian, terimakasih.

Sumber gambar : google.com, rkonline.id

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Related Articles