7 Cara Menghilangkan BI Checking yang Jelek & Membersihkan 2021

Cara Menghilangkan BI Checking yang Jelek – Kadang tanpa kita sadari salah satu penyebab pengajuan pinjaman kita ditolak adalah karena skor kredit yang rendah atau bahkan mengalami blacklist Bi Checking Lantas bagaimana cara mendapatkan skor kredit?

Kalian bisa melakukan cara mengecek BI Checking secara online ataupun langsung datang ke kantor Otoritas Jasa Keuangan. Ketika diketahui skor kredit berada pada angka 2 sampai dengan 5 maka cara menghilangkan BI Checking yang jelek harus segera dilakukan supaya pinjaman dapat disetujui.

Cara membersihkan BI Checking di OJK online dapat dipilih dengan melaporkan jika kalian menemui kejanggalan ataupun terkena blacklist. Memang BI Checking digunakan untuk pemeriksaan riwayat kredit debitur meliputi data pokok, besaran pinjaman, debet, kualitas kredit, bunga, cicilan, denda maupun penalti.

Jadi ketika ada keterlambatan pembayaran dapat dipastikan bahwa nama kalian akan dimasukkan kedalam skor kredit yang jelek. Oleh karena itu kamu wajib tahu cara menghilangkan BI Checking yang jelek supaya kedepannya tidak mengalami masalah ketika pengajuan pinjaman KTA, KPR, KUR, KKB maupun kartu kredit.

Cara Menghilangkan BI Checking yang Jelek

Penyebab utama BI Checking yang jelek adalah telat bayar tagihan atau cicilan sehingga dianggap sebagai debitur dengan penilaian kredit bermasalah. Jika ternyata nilai kalian 4 ataupun 5 maka dapat dipastikan mengalami penolakan pinjaman.

Pastikan kalian jangan menggunakan jasa menghapus BI Checking karena kebanyakan bersifat penipuan dan juga tidak resmi. BI Checking hanya bisa dihilangkan dengan catatan transaksi ataupun pembayaran yang baik dari debitur sehingga tidak membutuhkan pihak tertentu campur tangan.

Apalagi untuk cara menghapus BI Checking leasing dimana memang mengandalkan perbaikan skor kredit secara langsung. Semua informasi dari debitur memang terekam dalam BI Checking, namun kalian tetap dapat menghilangkan skor kredit yang jelek dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Cara Menghilangkan BI Checking yang Jelek dengan Melunasi Hutang

Memang penyebab utama BI Checking jelek karena adanya tunggakan dari pembayaran cicilan hutang. Jadi cara menghilangkan BI Checking yang jelek paling efektif dengan melunasi semua hutang kamu kepada lembaga penyedia piunjaman.

Dengan membayar hutang lunas maka akan ada perbaikan nama kalian dan menghilangkan dari blacklist. Memang pada kenyataannya setelah melunasi akan ada jeda waktu sampai BI Checking yang jelek hilang karena menunggu laporan dari Bank ataupun lembaga keuangan bersangkutan.

2. Cara Menghilangkan BI Checking dengan Lapor

Ketika sudah melunasi semua tagihan kalian dapat melaporkannya langsung ke lembaga keuangan atau Bank penyedia pinjaman. Pastikan kamu mendapatkan bukti pelunasan yang sah dimana dijadikan sebagai tanda bahwa kewajiban debitur sudah diselesaikan.

Kemudian setelah itu gunakan bukti pelunasan sebagai alat laporan langsung ke OJK supaya nama kalian segera lepas dari blacklist. Pelaporan OJK dapat dilakukan secara online maupun offline sehingga memudahkan debitur menghilangkan daftar hitam.

3. Memantau Skor Kredit

Sesudah hutang lunas silahkan lakukan pengecekan skor kredit untuk mendapatkan status BI Checking terkini. Kalian bisa memanfaatkan fasilitas pengecekan website dari OJK ataupun datang langsung ke kantornya. Apabila belum ada perubahan maka tinggal menunggu dalam beberapa waktu.

Setelah memastikan bahwa hutang telah lunas, kamu perlu memantau skor kredit di OJK. Lakukan pemantauan secara terus menerus dan pastikan skor kredit sedikit demi sedikit berkurang. Jika belum ada perubahan juga, kamu dapat melakukan komplain kepada bank atau lembaga keuangan tempat kamu mengajukan pinjaman.

4. Menghilangkan BI Checking dari Sistem

Cara menghilangkan BI Checking yang jelek berikutnya adalah dengan menunggu sistem menghapus blacklist dalam jangka waktu 24 bulan. Memang cukup lama namun sistem SLIK OJK akan membersihkan riwayat kredit meskipun dalam waktu tersebut kamu akan mengalami penolakan saat mengajukan pinjaman.

Apabila masih ada yang bertanya blacklist bank berapa lama jawabannya mengikui BI Checking jadi bisa saja berbeda untuk tiap debitur. Sekali lagi jangan gunakan jasa membersihkan BI Checking karena dianggal ilegal dan tidak sah dimata hukum.

5. Cara Menghilangkan BI Checking yang Jelek Melalui Pemakaian Kartu Kredit

Cara menghilangkan BI Checking yang jelek juga dapat dilakukan khusus pengguna kartu kredit adalah dengan membatasi penggunaan setiap bulannya. Usahakan jangan dulu membeli barang ataupun membayar dengan kartu kredit selama skor kredit buruk.

Dengan adanya cicilan tambahan maka akan menambah skor BI Checking semakin jelek karena penambahan tanggungan. Apabila terpaksa menggunakan kartu kredit maka pilih pembayaran akhir bulan atau tenor 1 bulan saja.

6. Menghindari Pinjaman Online Nominal Besar Untuk Menghilangkan BI Checking yang Jelek

Ketika kamu memiliki skor yang jelek maka jangan meminjam pada layanan pinjaman online dengan nominal yang besar. Dengan adanya pinjaman online yang sudah terintegrasi dengan OJK maka nama kalian akan langsung tercatat apabila meminjam uang.

Adanya pinjaman online juga menjadi penilaian yang jelek ketika kalian akan mengajukan kredit ke pihak Bank. Kerugian lainnya adalah bunga dan denda yang lebih besar sehingga menyebabkan hutang kalian akan menumpuk.

7. Membayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Cara menghilangkan BI Checking yang jelek terakhir adalah membayar cicilan sebelum tanggal jatum tempo. Hal ini akan meningkatkan penilai kredit kalian karena dianggap sebagai debitur yang patuh dan juga benefit sehingga tetap mendapatkan peluang pinjaman diterima.

Cara Kerja BI Checking

Bi Checking saat ini juga sudah digunakan oleh banyak lembaga keuangan sebagai persyaratan yang wajib dipenuhi. Apabila tidak lolos BI Checking atau masuk kedalam daftar hitam maka secara otomatis lembaga keuangan akan menolak langsung pengajuan kalian.

Cara kerja BI Checking adalah mencatat semua infrormasi transaksi dan riwayat kredit dari debitur kedalam satu buah sistem yang dapat digunakan sebagai penilaian skor kredit. Secara langsung BI Checking memiliki semua data debitur mulai dari data pokok, pinjaman, agunan sampai besaran bunga maupun denda.

Memakai data dari BI Checking lembaga keuangan ataupun non bank dapat menjadikannya sebagai referensi untuk pengambilkan keputusan dari pinjaman yang diajukan debitur. Siapa saja dapat mengakses BI Checking lewat website resmi OJK sesuai dengan antrian berlaku.

FAQ

BI Checking kol 5 artinya

Artinya kolektibilitas 5 yaitu kredit macet ketika debitur menunggak cicilan pokok atau bunga melebihi180 hari

Berapa lama BI Checking bersih setelah pelunasan?

Bervariasi untuk tiap debitur maksimal waktu 24 bulan

Blacklist bank berapa lama?

Mengikuti data dari BI Checking

Jadi BI Checking Bank BRI, BNI, BCA dan lembaga keuangan lainnya sangat penting fungsinya pada pengajuan kredit. Ketika nama kamu masuk blacklist maka bisa langsung mencoba cara menghilangkan BI Checking yang jelek diatas supaya kembali normal.

Apabila tidak ingin pusing kamu bisa mengambil pinjaman yang tidak memerlukan BI Checking. Misalnya cara kredit mobil tanpa BI Checking dengan memilih beberapa penyedia pinjaman seperti koperasi, BPR, Bank Syariah ataupun lembaga keuangan lain.

Laksono

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Swasta Ternama di Indonesia. Dan Sekarang Sedang Melanjutkan Kuliah Magister di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Aktif Menjadi Penulis di RKOnline.id, Saya Juga Sering Posting di Beberapa Forum Perbankan Terkenal di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *